Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian : TEKNIK MEKANIK
OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 3 x 45
Standar Kompetensi : Memelihara/servis
Sistem AC
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sistem AC dan komponennya
Indikator : 1. Pringsip
kerja dan kontruksi system AC.
2. Menjelaskan
Siklus AC.
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan system AC.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan pringsip kerja system AC.
3.
Peserta didik dapat
menggambar kontruksi system AC.
4.
Peserta didik dapat
menjelaskan siklus system AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Observasi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang sistem AC pada mobil.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pringsip kerja dan fungsi
system AC.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menggambar kontruksi system AC.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menjelaskan siklus system AC.
Elaborasi
- Siswa menulis penjelasan pringsip kerja dan fungsi system AC.
- Siswa bekerja keras siswa menggambar kontruksi
system AC.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan siklus system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa mengambar
kontruksi AC
dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 2
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi
sistem AC dan komponennya
Indikator : Fungsi komponen utama system .
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menyebutkan
komponen-komponen utama system AC.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi komponen-komponen system AC
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan cara kerja komponen-komponen system AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menyebutkan komponen utama sistem AC pada mobil.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan fungsi komponen utama system AC.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
komponen system AC.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
cara kerja komponen-komponen utama
system AC.
Elaborasi
- Siswa menulis komponen-komponen
utama sistem AC pada mobil.
- Siswa bekerja keras siswa menggambar kontruksi
komponen utama system AC.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan fungsi dan cara kerja
komponen utama system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar
komponen AC dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
VII.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Modul elektronik
VIII. Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 3
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi
sistem AC dan komponennya
Indikator : Fungsi komponen tambahan dan kelistrikan
system AC.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menyebutkan komponen-komponen tambahan dan kelistrikan system AC.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi komponen kelistrikan system AC
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan cara kerja komponen-komponen tambahan system AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 3
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menyebutkan komponen tambahan dan komponen kelistrikan system AC.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan fungsi komponen
kelistrikan system AC.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
komponen system AC.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
cara kerja komponen-komponen tambahan
system AC.
Elaborasi
- Siswa menulis komponen-komponen
utama sistem AC pada mobil.
- Siswa bekerja keras siswa menggambar kontruksi
komponen utama system AC.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan fungsi dan cara kerja
komponen utama system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar
komponen AC dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru bersama siswa membahas
hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 4
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Melakukan
servis sistem AC dan Komponennya
Indikator : Alat servis AC dan cara kerjanya.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menyebutkan kontruksi Alat servis AC.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi nepel pada manifold gauge AC
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan cara kerja manifold gauge dan pompa vakum AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
4.
Praktek
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan
menerangkan prosedur menggunakan manifold gauge.
- Guru melakukan demostrasi melakukan pemasangan manifold gauge.
- Guru melakukan demostrasi melakukan pemasangan pompa vakum.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menyebutkan komponen alat servis system Ac.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan cara kerja manifold gauge
dan pompa vakum.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
manifold gauge.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
pemasangan manifold gauge pada system AC.
Elaborasi
- Siswa menulis menyebutkan
komponen alat servis system AC.
- Siswa bekerja keras siswa menggambar menggambar
manifold gauge.
-
Siswa menyelesaikan dan
dapat menjelaskan menjelaskan
cara kerja manifold gauge dan pompa vakum.
-
Siswa menjelaskan pemasangan manifold gauge
pada system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar manifold
gauge dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Siswa melakukan pemasangan
manifold pada system AC dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 5
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Melakukan
servis sistem AC dan Komponennya
Indikator : Mengosongkan system AC.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menjelaskan
proses pengisian sistem AC.
2.
Peserta didik dapat memeriksa
kebocoran sistem AC
3.
Peserta didik dapat mengetahui
tujuan pengisian system AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
4.
Praktek
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 5
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan demostrasi melakukan pengisian system AC.
- Guru melakukan demostrasi memeriksa kebocoran system AC.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk melakukan pengisian system AC .
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa memeriksa
kebocoran system AC.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa dalam
melakukan pekerjaan harus sesuai prosedur pabrik/SOP.
Elaborasi
- Siswa melakukan
pengisian system AC.
- Siswa bekerja keras siswa memeriksa kebocoran
system AC.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan menjelaskan langkah-langkah melakukan pengisian system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa memasang
peralatan servis dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Job sheet
5.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 6
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Melakukan
servis sistem AC dan Komponennya
Indikator : Pengisian gas Freon (R12) pada system AC.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menjelaskan proses pengisian sistem AC.
2.
Peserta didik dapat
melakukan pengisian system AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
4.
Praktek
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 6
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan demostrasi melakukan pengisian system AC.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk melakukan pengisian system AC .
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa dalam
melakukan pekerjaan harus sesuai prosedur pabrik/SOP.
Elaborasi
- Siswa melakukan
pengisian system AC.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan menjelaskan langkah-langkah melakukan pengisian system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa memasang
peralatan servis dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XII/5
Pertemuan
ke : 7
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi
Dasar : Melakukan
servis sistem AC dan Komponennya
Indikator : Keselamatan kerja dalam servis AC.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
mengetahui keselamatan kerja dalam
sistem AC.
2.
Peserta didik dapat
melakukan keselamatan kerja dalam proses
pengisian sistem AC.
II.
Materi Ajar
1.
Sistem AC mobil
2.
Kontruksi system AC
3.
Gas Freon R12
4.
Siklus AC
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
4.
Praktek
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 7
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan memotivasi siswa untuk memakai pelindung mata
dalam melakukan pengisian system AC.
- Guru melakukan demonstrasi pengecekan tekanan refrigerant.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif
dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan
hal-hal dalam penanganan gas refrigerant.
-
Guru me
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa dalam
melakukan pekerjaan harus sesuai prosedur pabrik/SOP.
Elaborasi
- Siswa melakukan prosedur dalam penanganan refrigerant.
- Siswa melakukan pengecekan tekanan refrigerant.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan menjelaskan langkah-langkah melakukan pengisian system AC.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa memasang
peralatan servis dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer system AC
4.
Job sheet
5.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
No comments:
Post a Comment