SILABUS
MATA PELAJARAN : DASAR-DASAR MESIN
KELAS/SEMESTER : XI/2
STANDAR KOMPETENSI : MEMAHAMI
DASAR-DASAR MESIN
KODE KOMPETENSI :
OTO.DKK.1
ALOKASI
WAKTU : 19 X 45 MENIT
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1. Menjelaskan
dasar ilmu statika dan tegangan
|
§ Dasar-dasar
statistika dan tengangan
|
§ Statistika dan tegangan
|
§ Memahami ilmu statistika
§ Memahami tengan
§ Penerapan ilimu statistika dan
tegangan pada benda kerja
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
19
|
||||
2. Menerangkan komponen/elemen mesin
|
§ Mengenal komponen sambungan.
§ Mengenal komponen poros dan
aksesorisnya
§ . Mengenal
komponen penerus daya fleksibel
|
§ Fungsi
dan perhitungan elemen mesin.
§ Fungsi dan prinsip kerja komponen
sambungan.
§ Komponen sambungan baut.
§ Komponen sambungan keling.
§ Komponen sambungan las
§ Fungsi dan prinsip kerja poros dan
aksesorisnya.
§ Jenis-jenis poros.
§ Beban utama pada poros.
§ Jenis-jenis bantalan.
§ Jenis-jenis penyambungan poros dengan
komponen
|
§ Memaham
perhitungan dan kekuatan komponen mesin
§ Paham terhadap masing-masing komponen
sambungan
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja
komponen sambungan.
§ Keuntungan dan kerugian masing-masing
sambung-an
§ Menerapkan pemahaman terhadap fungsi
dan prinsip kerja komponen sambungan dalam bekerja.
§ Paham terhadap komponen poros dan
aksesorisnya.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja
poros.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja
berbagai aksesoris poros.
§ Menerapkan pemahaman fungsi dan
prinsip kerja poros serta aksesorisnya dalam bekerja.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
·
|
||||
3. Menerangkan
material dan kemampuan proses.
|
§ Mengenal material logam dan kemampuan
proses-nya
§ Mengenal material bukan logam dan
kemampuan prosesnya.
|
§ Sifat teknis material logam.
§ Sifat yang diperlukan se-lama proses
pembentukan
§ Sifat yang
penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.
§ Sifat teknis material bukan logam.
§ Sifat yang diperlukan selama proses
pembentukan
§ Sifat yang
penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.
|
§ Mengetahui sifat-sifat berbagai
material logam.
§ Menghubungkan sifat material tersebut
dengan kemampuan proses material.
§ Cermat dalam menen-tukan proses yang
sesuai dengan sifat material.
§ Pengertian sifat-sifat material
terutama material yang dipakai di industri.
§ Pengertian proses suatu material.
§ Menerapkan sifat-sifat materialbukan
logam agar dapat dilakukan pemrosesan terhadap material tersebut.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
·
|
NAMA SEKOLAH : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN : PROSES-PROSES
DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KELAS/SEMESTER : XI/2
STANDAR KOMPETENSI :
MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KODE KOMPETENSI : OTO. DKK.2
ALOKASI
WAKTU : 19 X 45 MENIT
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.
Menjelaskan proses pengecoran
|
§ Identipikasi sisfat-sifat logam ferro dan logam non
ferro.
|
§ Pengelompokan bahan logam
dan non
logam serta sifatrnya
|
§ Memahami prinsip
logam ferro dan sifatnya.
§ Memahami sifat logam nonferro dan
siftanya.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
19
|
||||
2.
Menjelaskan proses pembentukan
|
§ Membedakan proses
pengolahan logam ferro dan logam non ferro.
§ Pengolahan logam ferro
dan logam nonferro dilakukan sesuai dengan sifat dankebutuhan.
|
§ Pengolahan loga non
ferro.
§ Pengolahan logam ferro.
§ Perlakuan panas pada baja
karbon
§ Kekerasan bahan
|
§ Memahami cara pengolahan logam ferro
tanpa merubah sifat logam.
§ Memahami cara pengolah logam non
ferro tanpa merubah sifatnya.
§ Pemahaman
perlakuan panas pada baja karbon.
§ Melakukan penentuan kekerasan bahan.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
3. Menjelaskan
proses pemesinan
|
§ Membor
benda kerja sesuai dengan SOP.
§ Mengetap dan mengulir
bernda kerja sesuai dengan SOP dan Keselamatan kerja
|
§ Penguliran tap snai
§ Bor
|
§ Memahami cara penguliran/tap
§ Melakukan pegeboran
§ Melakukan pengetapan
dan pembuatan ulir.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
NAMA SEKOLAH : SMK MUHAMMADIYAH
SUSUKAN
MATA PELAJARAN : PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI
KELAS/SEMESTER : XI/2
STANDAR KOMPETENSI : MENJELASKAN
KODE KOMPETENSI : OTO.DKK.3
ALOKASI
WAKTU : 19 X 45 MENIT
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1. Menjelaskan
konsep motor bakar
|
§ Konstruksi dan mekanisme torak
engkol.
· siklus motor 2 dan 4 langkah
§ Konstruksi dan instalasi.
§ Efisiesnsi.
|
§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah pada motor bakar
torak.
§ Fungsi setiap bagiannya.
§ Siklus udara ideal motor Otto dan
Diesel 2 dan 4 langkah serta perbandingannya dengan siklus sebenarnya.
|
§ Teliti dalam memahami cara kerja dan
konstruksi motor bakar.
§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah motor bakar torak.
§ Mengenali langkah pada setiap posisi
engkol.
§
§ Teliti membedakan siklus ideal dengan
siklus sesungguhnya.
§ Siklus ideal dan sebenar-nya motor 2
dan 4 langkah.
§ Membedakan siklus pada jenis motor
bakar torak
|
Tes tertulis
Non
tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
2. Menjelaskan
konsep motor listrik
|
§ Definisi motor listrik, jenis dan cara kerja motor listrik
§ Identifikasi
jenis motor listrik
.
|
§ Motor listrik
§ .komponen motor listrik dan fungsi
motor listrik.
§ Jenis motor
listrik.
§ Cara kerja
motor listrik.
|
§ Cermat dalam memahami cara kerja motor listrik.
§ Definisi motor listrik dan perbedaannya.
§ Teliti dalam menghitung putran motor
listrik
§ Memahami prinsip
kkerja motor listrik.
|
Tes tertulis
Non
tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
3. Menjelaskan
konsep generator listrik
|
§ Definisi generator listrik listrik,
§ jenis dan cara kerja generator listrik.
§ Identifilasi generator listrik.
|
§ Generator
listrik
§ .komponen generator listrik dan
fungsi generator listrik.
§ Cara kerja
generator listrik.
§ Rangkaian
motor listrik
|
§ Cermat dalam memahami cara kerja generator
listrik
§ Memahami
rangkaian motorlistrik.
§ Teliti dalam menghitung arus yang
dikeluarkan generator listrik.
§ Memahami
prinsip generator listrik.
|
Tes tertulis
Non
tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
4. Menjelaskan
konsep pompa fluida
|
§ Definisi fluida dan jenis-jenisnya.
§ Sifata-sifat
fluida
|
§ Fluida dan
jenisnya
§ Fungsi fluida
|
§ Membedakan
jenis fluida an fungsinya.
§ Memahami
sisfat-sifat fluida.
§ Melakukan
penggantian fluida dengan mengikuti SOP.
|
Tes tertulis
Non
tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
5. Menjelaskan
konsep kompresor
|
§ Definisi Kompresor, jenis dan cara kerja
kompresor diperkenalkan.
§ Efisiensi dan performansi kompresor
diperkenalkan.
|
§ Definisi kompresor dan perbedaannya
dengan pompa.
§ Klasifikasi kompresor.
§ Cara kerja kompresor.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.
|
§ Cermat dalam memaha-mi cara kerja
pompa.
§ Definisi kompresor dan perbedaannya
dengan kompresor.
§ Klasifikasi pompa.
§ Cara kerja pompa.
§ Membedakan jenis pompa berdasarkan
cara kerjanya.
§ Teliti dalam menghitung efisiensi.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.
§ Menyelesaikan persoalan yang
berhubungan dengan performansi kompresor.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan
|
|||||
6. Menjelaskan
konsep refrigerasi
|
§ Diperkenalkan konsep mesin
refrijerasi sebagai mesin pemindah kalor.
§ Diperkenalkan siklus kompresi uap.
|
§ Mesin refrijerasi.
§ Jenis mesin refrijerasi
§ Siklus pendingin kompresi,
kondensasi, ekspansi dan evaporasi beserta komponen utama mesin pendingin.
|
§ Cermat dalam memaha-mi konsep mesin
refrijerasi
§ Konsep mesin refrijerasai
§ Jenis mesin refrijerasi.
§ Mengetahui jenis mesin refrijerasi
berdasarkan cara kerjanya.
§ Teliti dalam memahami siklus kompresi
yang terjadi.
§ Siklus mesin pendingin kompresi uap.
§ Komponen utama mesin pendingin.
§ Mengenali komponen utama mesin
pendingin kompresi uap.
|
Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes
lisan
|
NAMA SEKOLAH : SMK
MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN : GAMBAR TEKNIK
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI :
MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK
KODE KOMPETENSI : OTO.DKK.4
ALOKASI
WAKTU : 19 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.
Menjelaskan standar menggambar teknik
|
§ Mengenal fungsi dan standarisasi
gambar teknik
§ Mengenal alat-alat gambar teknik
§ Mengenal standar huruf dan angka
gambar teknik
§ Mengenal macam-macam standar garis
gambar teknik
§ Mengenal standar kertas gambar
|
§ Fungsi dan standarisasi gambar teknik
§ Peralatan gambar teknik
§ Cara penggunaan peralatan gambar
teknik
§ Standar huruf dan angka gambar teknik
§ Standar kertas gambar teknik
§ Penggunaan kertas gambar teknik
|
§ Memahami
standarisasi gambar teknik
§ Memahami
informasi gambaaar teknik dengan cara kerja kelompok
§ Memahami
penggunaan alat-alat menggambar dengan cara menggali informasi dari modul
§ Menggunakan
alat-alat gambar sesuai standar industri ganbar teknik
§ Memahami
penggunaan huruf dan angka pada gambar teknik
§ Memahami cara
penempatan huruf dan angka
§ Memahami
macam-macam perbandingan garis gambar melalui modul
§
Menggunakan penempatan garis pada
gambar melalui modul
|
§
|
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas
|
4(8)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
|
||
2.
Menggamabar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan
|
§ Mengenal gambar perspektif pada
gambar teknik
§ Mengenal 4 macam gambar piktorial
§ Mengenal bentuk proyeksi kwadran I (
proyeksi eropah)
§ Mengenal bentuk proyeksi Kwadran III
( proyeksi amerika )
§ Melakukan pembuatan gambar teknik
|
§ Fungsi gambar perspektif pada gambar
teknik
§ Memahami gambar perspektif
§ Fungsi gambar piktorial
§ Pemahaman gambar piktorial
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran I
(eropah)
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran III
(amerika)
§ Pembacaan gambar proyeksi kwadran I
dan III
|
§ Memahami gambar
perspektif melalui modul
§ Membaca gambar
perspektif
§ Memahami gambar
piktorial
§ Menggambarkan
gambar piktorial, menggali informasi melalui modul
§ Memahami
konstruksi gambar proyeksi kwadran I malalui modul
§ Menggambarkan
proyeksi kwadran I
§ Memahami
konstruksi, proyeksi kwadran III
§ Menggambarkan
kwadran III
|
§
|
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas
|
8 (16)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
|
||
3.
Menjelaskan simbol-simbol
kelistrikan
|
§ Mengenal simbol kelistrikan otomotif
§ Mengenal simbol elektronika gambar
teknik
|
§ Fungsi simbol kelistrikan
§ Penggunaan tanda simbol elektronika
§ Cara membaca simbol komponen
kelistrikan dan elektronika
|
§ Memahami simbol
komponen kelistrikan
§ Menggunakan
simbol pada komponen kelistrikan
§ Memahami simbol
komponen elektronika
§ Menggunakan
simbol komponen kelistrikan dan elektronik.
|
§
|
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas
|
4 (8)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||
4.
Membaca wiring diagram
|
Mengenal rangkaian lampu besar dan lampu dim
§ Mengenal rangkaian lampu sein
§ Mengenal rangkaian lampu rem
§ Mengenal rangkain lampu kota, dan lampu
plat
§ Mengenal rangkaian klakson
|
Fungsi lampu sein
§ Pembacaan rangkaian pada lampu sein
§ Fungsi lampu kota, lampu plat
§ Pembacaan rangkaian lampu kota dan
lampu plat
§ Fungsi klakson
|
Mempelajari rangkaian lampu sein
§ Menggambar
rangkaian lampu sein
§ Mempelajari
rangkaian lampu kota dan lampu plat melalui modul
§ Menggambar
rangkaian lampu kota dan lampu plat
§ Mempelajari
rangkaian klakson melalui informasi dari modul
§ Menggambar
rangkaian klakson secara berkelompok.
|
4 (8)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
5.
menginterprestasikan ganbar teknik
dan rankaian
|
§ Mengenal simbol-simbol, kode-kode dan
menampilkan diagram gambar dengan benar
§ Informasi yang diberikan dimengerti
dengan cepat dan tepat
|
§ Membaca diagram gambar
§ Memahami prosedur pembuatan gambar diagram
§ Pemahaman informasi gambar
§ Pemahaman prosedur dan kebijakan
pembacaan gambar
|
§ Memahami
prosedur pembuatan
§ Mempelajari
diagram/gambar
|
4 (8)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
NAMA SEKOLAH : SMK MUHAMMADIYAH
SUSUKAN
MATA PELAJARAN : Peralatan dan
Perlengkapan
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Menggunakan
Peralatan dan Perlengkapan di tempat kerja
KODE KOMPETENSI : OTO.DKK.5
ALOKASI
WAKTU : 19 X 45 Menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.
Merawat peralatan dan perlengkapan
perbaikan di tempat kerja
|
§ Peralatan dan
perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an
pekerjaan.
§ Peralatan dan
perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan
hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan
perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri
sendiri, orang lain dan kerusakan
hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan
pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan
Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.
|
§ Prosedur penggunaan per-alatan dan perlengkapan
Bengkel Otomotip
§ Pengunaan
peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur
pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur Pemeliharaan peralatan dan perlengkapan perlengkapan
Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian
peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai manual
·
Prosedur K3.
|
§ MengKlasifikasikan peralatan servis
bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan
sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan
bertenaga sesuai fungsi dan
penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan
khusus sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan
bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif
sesuai jenis pekerjaan dengan
memperhatikan prosedur K3
§ Mengunakan perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis
pekerjaan dengan memperhatikan
Prosedur K3.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan
lisan
|
2(2)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
|||
2.
Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan.
|
§ Peralatan dan
perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an
pekerjaan.
§ Peralatan dan
perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan
hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan
perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri
sendiri, orang lain dan kerusakan
hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan
pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan
Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.
|
§ Prosedur penggunaan per-alatan dan perlengkapan
Bengkel Otomotip
§ Pengunaan
peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur
pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur Pemeliharaan peralatan dan perlengkapan perlengkapan
Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian
peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai manual
·
Prosedur K3.
|
§ MengKlasifikasikan peralatan servis
bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan
sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan
bertenaga sesuai fungsi dan
penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan
bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif
sesuai jenis pekerjaan dengan
memperhatikan prosedur K3
§ Mengunakan perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis
pekerjaan dengan memperhatikan
Prosedur K3.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan
lisan
|
2(2)
|
6(12)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||
3.
Menggunakan fastener
|
§ Peralatan dan
perlengkapan yang digunakan menggunakan alat-alat khusus/spesial tool
pekerjaan.
§ Peralatan dan
perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan
hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan
perlengkapan yang menggunakan alat khusus untuk mencegah kerusakan pekerjaan.
§ Seluruh kegiatan
pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan
Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.
|
§ Prosedur penggunaan per-alatan dan perlengkapan khusus pada Bengkel Otomotip
§ Pengunaan
peralatan dan perlengkapan khusus bengkel Otomotip
§ Prosedur
pemeliharaan peralatan danperlengkapan khususs Bengkel otomotip.
§ Prosedur Pemeliharaan peralatan dan perlengkapan perlengkapan
Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian
peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai manual
·
Prosedur K3.
|
§ MengKlasifikasikan peralatan servis
bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan
sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan
khusus sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif
sesuai jenis pekerjaan dengan
memperhatikan prosedur K3
§ Mengunakan perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis
pekerjaan dengan memperhatikan Prosedur
K3.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan
lisan
|
6(12)
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
NAMA SEKOLAH : SMK
MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN : ALAT-ALAT UKUR
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : MENGGUNAKAN
ALAT-ALAT UKUR (MEASURING TOOLS)
KODE KOMPETENSI : OTO.DKK.6
ALOKASI
WAKTU : 19 x 45 Menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.
Mengindentifikasi alat-alat ukur
|
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan
teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan
pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
|
·
Jenis-jenis dan fungsi alat-alat ukur
·
Penggunaan alat-alat ukur
|
§ Memahami satuan metrik dan british
dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat ukur
melalui diskusi kelompok.
§ Memahami prosedur pengunaan alat ukur
§ Pengukuran
dilaksanakansesuai SOP.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
5
|
14
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||
2. menggunakan alat-alat ukur mekanik
|
§ Pengukuran dimensi dan variabel
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen
lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan
teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan
pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
|
§ Jenis , dan fungsi
alat ukur mekanik.
§ Pengukuran
berbagai jenis dimensi dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur
pengukuran dengan K3..
|
§ Memahami satuan metrik dan british
dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat mekanik
melalui diskusi kelompok.
§ Memahami prosedur pengunaan alat ukur mekanik dengan
mengali impormasi pada modul.
§ Mengukur permukaan bidang datar dengan membandingkan
shop manual
§ Mengukur
diameterdalam benda krja dengan
membandingkan dengan shop manual
§ Mengukur
kedalaman lubang benda kerja dengan
membandingkan shop manual.
§ Mengukur
kelurusan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran
keolengan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran
dilaksanakansesuai SOP.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
3. Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
|
§ Pengukuran dimensi dan variabel
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen
lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik
pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan
pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
|
§ Jenis , dan
fungsi alat ukur pneumatik
§ Pengukuran
berbagai jenis dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur
pengukuran dengan K3..
|
§ Memahami jenis jenis alat ukur
pneumatik melalui diskusi kelompok.
§ Memahami prosedur pengunaan alat ukur pneumatik
dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran
dilaksanakansesuai SOP.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
4. Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik
|
§ Pengukuran dilaksanakan tanpa
menyebabkan kerusakan terhadap alat atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan
teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Mengetahui
karakteristik alat ukur elektrik yang dipakai
§ Seluruh kegiatan
pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan
|
§ Jenis , dan
fungsi alat ukur elektrik/elektronik
§ Berbagai jenis
pengukuran dengan alat ukur elektrik/elektronik
§ Prosedur
pengukuran dengan K3..
|
§ Memahami jenis jenis alat ukur
elektrik/elektronik melalui diskusi kelompok.
§ Memahami prosedur pengunaan alat ukur
elektrik/elktronik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran
dilaksanakansesuai SOP.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
5. Merawat alat-alat ukur
|
§ Pemeliharaan
alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan
atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan
alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara
rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum
digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan
dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
|
§ Memahami tujuan perawatan alat ukur
denganmenggali imformasi
§ Memahami prosedur perawatan alat ukur
mekanik dengan cara menggali imformasi.
§ Merawat alat ukur mekanik dengan cara kerja kelompok.
§ Merawat alat ukur sesuai prosedur
K3.
|
§ Pemeliharaan
alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan
atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan
alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara
rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum
digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan
dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
NAMA SEKOLAH : SMK
MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN : KESELAMATAN DAN
KESEHATAN KERJA
KELAS/SEMESTER :
X/1
STANDAR KOMPETENSI :
MENERAPKAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN TEMPAT KERJA
KODE KOMPETENSI : OTO.DKK.7
ALOKASI
WAKTU : 19 x 45 Menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.
Mendeskripsikan keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K 3
|
§ Mengenali tentang keselamatan dan
kesehatan kerja
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
|
§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan
tindakan pengontrolan yang tepat.
|
§ Mempelajari undang undang K3 dengan cara menggali
impormasi dari modul.
|
Test tertulis
Non test
(observasi/cek list) dan lisan
|
18
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
|||
2.
Melaksanakan Prosedur K 3
|
§ keamanan dijalankan undang-undang
yang berlaku
§ Kebijakan/prosedur
§ Seluruh keamanan yang berhubungan
dengan kejadian dicatat pada formulir yang sesuai
§ Seluruh staf disarankan menggunakan
prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam penerapannya
|
§ Penggunaan pakaian pengaman
|
§ selamatan pada tempat kerja dengan
cara diskusi kelompok.
§ Mempelajari
pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.
§ Mempelajari prosedur ke-
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
3.
Mengindentifikasi aspek-aspek keamanan kerja
|
§ Penggunaan metode pangaman yang benar
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
§ Mengikuti prosedur perlindungan
dengan benar
§ Seluruh keamanan yang berhubungan
dengan kejadian dicatat dan dilaporkan.
|
§ Undang-undang K3
§ Prosedur keamanan tempat kerja
|
§ Mempelajari dasar dasar prosedur
keselamatan kerjai undang- undang K3 dan prosedur keamanan tempat kerja
dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Menerapkan
peraturan/ undang-undang K3
dengan cara diskusi kelompok.
§ Melaksanakan
prosedur keaman tempat kerja
dengan cara diskusi kelompok.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
||||
4.
Mengontrol Kontaminasi
|
§ Mengenali bahaya pada area kerja dan melakukan pengontrolan yang tepat
§ Melakukan perawatan dan pembersihan
secara rutin
|
§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan
tindakan pengontrolan yang tepat.
§ Pemeliharaan alat-alat kebersihan,
prosedur dan metode kebersihan
|
§ Mempelajari jenis-jenis bahan yang berbahaya dan cara penanganannya
§ Melaksanakan kebersihan yang aman dan
benar sesuai K3
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
§ Simulator
|
|||||
5.
Mendemonstrasikan pemadaman kebakaran
|
§ Pengindentifikasi pemadaman kebakaran
yang sesuai pada type yang tepat untuk lingkungan tempat kerja
§ Seluruh kegiatan penerapan pemadaman
kebakaran dan prosedur kerja diidentifikasikan berdasrkan SOP
|
§ Jenis-jenis alat pemadaman kebakaran.
§ Penempatan alat pemadam kebakaran.
§ Prosedur pengoperasian alat pemadam
kebakaran
|
§ Memahami prosedur pengunaanPenempatan alat pema-dam
kebakaran yang aman dan strategis dengan cara menggali impormasi dari Modul
§ Mengunakan alat
kebakran sesuai SOP
§ Mempelajari jenis-jenis keba-karan dan penanganannya dengan cara menggali imformasi dari
modul.
§ Mempelajarijenis-jenis alat pemadam
kebakaran dengan cara
menggali imformasi dari modul.
§ Mengunakan alat
§ pemadamkebakaransesuai
SOP
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
1
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
|
|||
6.
Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual
|
§ Penggunaan teknik dan
pengangkatan/pemindahan secara manual yang tepat
|
§ Teknik pengangkatan/ pemindahan
secara manual.
|
§ Mempelajari
prosedur ke-selamatan pada tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.
§ Mempelajari
pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.
§ Mempelajari
Teknik pengangkatan/ pe-mindahan secara manual sesuai SOP.
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
|
||||
7. Menerapkan
pekerjaan sesuai dengan SOP
|
§ Seluruh kegiatan dilakukan
berdasarkan dan menggunakan prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam
penerapannya
|
§ Undang-undang K 3
§ Prosedur keamanan tempat kerja
|
§ Melaksanakan
prosedur perlindungan kerja sesuai SOP
§ Melaksanakan
prosedur penanganan kerja sesuai SOP
|
Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
|
§ Modul
§ Job sheet
§ Alat peraga
§ Wall Chart
|
No comments:
Post a Comment