Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian : TEKNIK MEKANIK
OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 1 s/d 2
Alokasi Waktu : 4 x 45
Standar Kompetensi : Memahami
Dasar-dasar Mesin
Kompetensi Dasar : Menjelaskan dasar
ilmu statika dan tegangan
Indikator : 1. Mempelajari
pringsip dasar statika.
2.
Menentukan besaran pokok dan turunan.
3. Menentukan besaran vector dan scalar.
4. Memjelaskan dan menentukan penerapan hukum
newton.
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan fundamental dasar statika.
2.
Peserta didik dapat
menyebutkan dan menentukan besaran pokok dan besaran turunan.
3.
Peserta didik dapat
menyebutkan dan menentukan besaran vector dan scalar.
4.
Peserta didik dapat
menentukan dan menjelaskan penerapan hukum newton.
II.
Materi Ajar
1.
Besaran Pokok dan Besaran
Turunan
2.
Besaran Vektor dan Skalar
3.
Satuan
4.
Hukum Newton
III.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Pemberian tugas
3. Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang besaran dan satuan serta hukum newton dari internet.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pengertian besaran pokok
dan besaran turunan.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menentukan
nilai besaran vector dan scalar.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa
menentukan satuan.
-
Guru mengarahkan siswa
menyebutkan dan menjelaskan system satuan dinamis dan system satuan statis.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian besaran dan satuan dan percaya diri.
- Siswa menulis cara
menyelesaikan besaran vector dan scalar dalam penerapan sehari-hari.
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
- Siswa menyelesaikan dan dapat memberi satuan dengan tepat dan
percaya diri.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 2
A.
Kegiatan Awal
- Guru mengawali
pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
- Sebagai wujud kepedulian
lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru memberikan
apersepsi.
- Guru memberi motivasi
kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
- Guru memberikan pre test untuk menguji kesiapan siswa.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pengertian hukum newton I,
II dan III
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menentukan
gaya yang bekerja pada suatu benda menurut arah dan gerak benda
tersebut.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menerapkan
hukum newton dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian hukum newton I, II, III
- Siswa menulis cara
menyelesaikan persamaan hukum newton I, II, dan III
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
- Siswa menyelesaikan dan dapat memberi satuan dengan tepat dan
percaya diri.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
- Mengakhiri pelajaran
dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 3 s/d 4
Alokasi
Waktu : 4 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan
dasar ilmu statika dan tegangan
Indikator : 1. Mempelajari
pengertian gaya.
2.
Menentukan besarnya gaya.
3. Menyusun gaya secara grafis dan analitis.
4. Menentukan besarnya momen dan kopel.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan gaya dan momen.
2.
Peserta didik dapat
menentukan besarnya gaya dan momen.
3.
Peserta didik menggambarkan
besarnya gaya.
4.
Peserta didik dapat
menentukan besarnya momen yang bekerja pada suatu pekerjaan.
II.
Materi Ajar
1.
Gaya dan momen kopel
2.
Menggambar arah dan
besarnya gaya
3.
Momen
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Menggambar arah gaya
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 3
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang gaya dari berbagai eferensi.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menerapkan alat
tulis yang tepat untuk menggambar arah dan besar gaya.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menentukan
besar dan arah gaya.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa
menentukan skala yang tepat.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian gaya dan percaya
diri.
- Siswa menulis cara
menyelesaikan besar dan arah gaya dengan tepat.
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menggambar dengan tepat dan
percaya diri.
Konfirmasi
- Guru mengecek pekerjaan
siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 4
A.
Kegiatan Awal
- Guru mengawali
pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
- Sebagai wujud kepedulian
lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru memberikan
apersepsi.
- Guru memberi motivasi
kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
- Guru memberikan pre test untuk menguji kesiapan siswa.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk menyusun gaya
dengan metode polygon.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menyusun
gaya pada dua buah gaya pada satu titik tangkap dan arah berbeda dan membentuk
sudut α.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menerapkan
momen pada pekerjaan di bengkel, dengan menentukan besarnya momen yang bekerja
pada benda tersebut.
Elaborasi
- Siswa menulis menyusun
gaya dengan metode polygon dan percaya diri.
- Siswa menulis menghitung
dan diapresiasikan pada gambar besarnya gaya.
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
- Siswa menyelesaikan besarnya momen atau kopel yang bekerja pada
benda kerja.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
- Mengakhiri pelajaran
dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 5 s/d 7
Alokasi
Waktu : 6 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan
dasar ilmu statika dan tegangan
Indikator : 1. Mempelajari
pengertian kondisi kesetimbangan.
2.
Menentukan usaha beban.
3. Menyusun dan menentukan kesetimbangan pada
benda miring.
4. Menyusun dan menentukan kesetimbangan pada
pembebanan.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan kesetimbangan.
2.
Peserta didik dapat
menentukan besarnya beban usaha.
3.
Peserta didik menggambarkan
dan menetukan kesetimbangan pada benda miring.
4.
Peserta didik Menyusun dan
menentukan kesetimbangan pada pembebanan.
II.
Materi Ajar
1.
Kesetimbangan dan usaha
beban
2.
Menggambar diagram
kesetimbangan
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Driil
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 5
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk
mencari informasi tentang kesetimbangan pada benda.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menerapkan skala
yang tepat untuk menggambar kondisi kesetimbangan suatu benda.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menentukan
besar usaha yang bekerja pada benda kerja.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menyelesaikan
kesetimbangan menggunakan hukum polygon gaya.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian kesetimbangan dan usaha dan percaya diri.
- Siswa menulis cara
menyelesaikan besar usaha pada kesetimbangan suatu benda.
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
Konfirmasi
- Guru mengecek pekerjaan
siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 6
A.
Kegiatan Awal
- Guru mengawali
pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
- Sebagai wujud kepedulian
lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru memberikan
apersepsi.
- Guru memberi motivasi
kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
- Guru memberikan pre test untuk menguji kesiapan siswa.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk menentukan gaya
pada benda miring.
-
Guru mengarahkan siswa menentukan besarnya
dan menggambar diagram kesetimbangan
pembebanan pada batang yang di tumpu kedua ujungnya.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menerapkan
syarat-syarat hukum kesetimbangan.
Elaborasi
- Siswa menulis menentukan
besarnya gaya pada benda miring dan percaya diri.
- Siswa menulis menghitung
dan diapresiasikan pada gambar besarnya gaya yang bekerja pada tumpuan.
- Siswa bekerja keras menerapkan hukum newton pada kesetimbangan
dan usaha benda.
- Siswa menyelesaikan besarnya usaha yang bekerja pada benda
kerja.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
- Mengakhiri pelajaran
dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 7
A.
Kegiatan Awal
- Guru mengawali
pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
- Sebagai wujud kepedulian
lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru memberikan
apersepsi.
- Guru memberi motivasi
kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
- Guru memberikan pre test untuk menguji kesiapan siswa.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk menentukan
reaksi tumpuan dengan beban miring.
-
Guru mengarahkan siswa menggambar diagram
kesetimbangan pada suatu batang dengan beban miring.
-
Guru mengarahkan siswa menggambar diagram
kesetimbangan pada pembebanan kombinasi (merata dan pembebanan titik)
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menerapkan
syarat-syarat hukum kesetimbangan.
Elaborasi
- Siswa menulis menentukan
besarnya reaksi tumpuan dengan beban miring dan percaya diri.
- Siswa menulis menghitung
dan diapresiasikan pada gambar besarnya gaya yang bekerja pada batang.
-
Siswa menulis menghitung dan diapresiasikan
pada gambar besarnya gaya yang bekerja pada pada pembebanan kombinasi (merata
dan pembebanan titik)
-
Siswa dapat membuktikan
bahwa benda tersebut dalam keadaan setimbang.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
- Mengakhiri pelajaran
dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 8
Alokasi
Waktu : 2 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan
dasar ilmu statika dan tegangan
Indikator : 1. Mempelajari
pringsip dasar tegangan.
2.
mempelajari macam-macam tegangan.
3. Menentukan besarnya tegangan yang bekerja
pada benda.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan tegangan pada suatu benda.
2.
Peserta didik dapat
menyebutkan dan menentukan tegangan pada pembebanan yang bekerja pada benda.
II.
Materi Ajar
1.
Gaya dan usaha
2.
Satuan
3.
Tegangan
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Diskusi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 8
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif
dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang tegangan.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menentukan
besarnya tegangan tarik, tegangan tekan, tegangan geser, tegangan
lengkung, tegangan puntir.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa
dapat memberikan contoh pekerjaan di bengkel sesuai dengan jenis tegangan yang
dipelajari.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian tegangan tarik, tegangan tekan, tegangan geser, tegangan
lengkung, tegangan puntir dan percaya
diri.
- Siswa menulis beberapa
contoh penerapan tegangan pada pekerjaan di bengkel.
- Siswa bekerja keras mengerjakan beberapa soal yang
diberikan guru.
- Siswa menyelesaikan dan dapat memberi satuan dengan tepat dan
percaya diri.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 9
Alokasi
Waktu : 2 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menerapkan
komponen/elemen mesin
Indikator : 1. Mempelajari
pengertian sambungan dan macam-macam sambungan.
2.
Mempelajari fungsi dan pringsip kerja
sambungan baut.
3. Mempelajari fungsi dan pringsip kerja
sambungan keling.
4. Mempelajari fungsi dan pringsip kerja
sambungan las.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan sambungan pada komponen mesin.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi dan pringsip kerja sambungan baut.
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi dan pringsip kerja sambungan keling.
4.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi dan pringsip kerja sambungan las.
II.
Materi Ajar
1.
Sambungan baut
2.
Sambungan keling
3.
Sambungan las
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 9
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang sambungan elemen mesin.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
fungsi dan pringsip kerja sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian sambungan dan macam sambungan.
- Siswa menulis beberapa
contoh penerapan sambungan pada elemen mesin.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 10
Alokasi
Waktu : 2 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menerapkan
komponen/elemen mesin
Indikator : 1. Mempelajari
fungsi dari poros dan jenis-jenis poros.
2.
Mempelajari hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam merencana poros.
3. Mempelajari macam-macam beban pada poros.
4. Mempelajari jenis-jenis bantalan.
5.
Menjelaskan jenis penyambungan poros dengan komponennya.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi dan jenis-jenis poros.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah poros.
3.
Peserta didik dapat menyebutkan
macam-macam beban pada poros
4.
Peserta didik dapat
menyebutkan macam-macam bantalan.
5.
Peserta didik dapat jenis
penyambungan poros dengan komponennya.
II.
Materi Ajar
1.
Poros
2.
Bantalan
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 10
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang poros dan bantalan.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah poros.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan
beban-beban yang bekerja pada poros.
-
Guru mengarahkan siswa menyebutkan
macam-macam bantalan
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan jenis
sambungan poros dengan komponennya
Elaborasi
- Siswa menentukan
syarat-syarat merencana poros.
- Siswa menulis beberapa
contoh bantalan berdasarkan arah beban terhadap poros.
- Siswa menulis beberapa contoh penerapan sambungan pasak sesuai
besar kecilnya momen yang bekerja pada poros.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 11 s/d 12
Alokasi
Waktu : 4 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menerapkan
komponen/elemen mesin
Indikator : 1. Mempelajari
fungsi dan pringsip kerja sabuk dan rantai.
2.
Mempelajari jenis-jenis sabuk dan
rantai.
3. Mempelajari kelebihan dan kekurangan penerus
daya sabuk dan rantai.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi dan pringsip kerja sabuk dan rantai.
2.
Peserta didik dapat
menyebutkan jenis-jenis sabuk dan rantai.
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan kelebihan dan kekurangan penerus daya sabuk dan rantai.
II.
Materi Ajar
1.
Penerus daya fleksibel
2.
Rantai
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 11
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang penerus daya fleksibel.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
jenis-jenis penerus daya fleksibel sesuai dengan kebutuhan mesin.
-
Guru mengarahkan siswa kelebihan dan
kekurangan menggunakan penerus daya fleksibel.
Elaborasi
- Siswa menentukan
jenis-jenis penerus daya fleksibel sesuai dengan kebuthan mesin.
- Siswa menulis kelebihan
dan kekurangan penerus daya fleksibel dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 12
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang penerus daya rantai.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
jenis-jenis penerus daya rantai sesuai dengan kebutuhan mesin.
-
Guru mengarahkan siswa kelebihan dan
kekurangan menggunakan penerus daya rantai.
Elaborasi
- Siswa menentukan
jenis-jenis penerus daya rantai daya fleksibel dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 13 s/d 14
Alokasi
Waktu : 4 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menerapkan
komponen/elemen mesin
Indikator : 1. Mempelajari
fungsi dan klasifikasi kopling dan rem.
2.
Mempelajari pringsip kerja kopling dan
rem.
3. Mempelajari istilah dalam roda gigi.
4. Mempelajari fungsi dan pringsip kerja roda
gigi.
5.
Menjelaskan jenis-jenis roda gigi.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi dan klasifikasi kopling dan rem.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi rem.
3.
Peserta didik dapat menjelaskan
pringsip kerja kopling, rem dan roda gigi.
4.
Peserta didik dapat menjelaskan
fungsi roda gigi.
5.
Peserta didik dapat menyebutkan
jenis-jenis roda gigi.
II.
Materi Ajar
1.
Poros
2.
Bantalan
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 13
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi klasifikasi kopling dan rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah rem.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan cara
kerja kopling dan rem.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan fungsi
kopling dan rem.
Elaborasi
- Siswa menentukan
syarat-syarat utama rem.
- Siswa menulis pringsip
kerja dan fungsi kopling dan rem.
- Siswa menulis cara kerja kopling dan rem.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 14
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi klasifikasi roda gigi.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
istilah-istilah pada roda gigi.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan fungsi
dan pringsip kerja roda gigi.
-
Guru mengarahkan siswa menyebutkan
jenis-jenis roda gigi.
Elaborasi
- Siswa menerapkan
istilah-istilah pada roda gigi.
- Siswa menulis pringsip
kerja dan fungsi roda gigi.
- Siswa menulis cara kerja roda gigi.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu menyimpulkan
materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan
ke : 15 s/d 18
Alokasi
Waktu : 8 x 45
Standar
Kompetensi : Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi
Dasar : Menerangkan
material dan kemampuan proses
Indikator : 1. Klasifikasi
logam dan kemampuan proses.
2. Perlakuan panas pada logam.
3. Pengujian logam
4. Pelapisan logam (elektro platting)
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menjelaskan klasifikasi logam dan kemampuan proses.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan dan tujuan perlakuan panas pada logam.
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan cara dan tujuan pengujian logam.
4.
Peserta didik dapat
menjelaskan sifat-sifat dari pelapisan logam.
II.
Materi Ajar
1.
Logam ferro dan non-ferro
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 15
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi klasifikasi logam.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
sifat dan contoh logam ferro dan non-ferro.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan tujuan
dan definisi bahan paduan.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan sifat-sifat
material.
Elaborasi
- Siswa menentukan
jenis bahan yang digunakan pada komponen mesin menurut sifat dan jenis logam.
- Siswa menulis sifat-sifat
logam ferro dan non-ferro.
- Siswa menulis tujuan didapatkan bahan paduan.
- Siswa menulis tujuan didapatkan bahan paduan.
- Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat material.
Konfirmasi
- Guru mengecek pekerjaan
siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 16
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Secara komunikatif
guru mengarahkan siswa tiga pringsip pengerjaan panas yang berhubungan
dengan baja-baja karbon.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan tujuan
dari pengerjaan panas
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan keperluan
dari proses annealing, normalizing dan hardening tempering.
Elaborasi
- Siswa menentukan
tiga pringsip pengerjaan panas yang berhubungan dengan baja-baja karbon.
- Siswa menulis tujuan
dari pengerjaan panas.
- Siswa menulis proses pembentukan baja secara anealing.
- Siswa menulis proses pembentukan baja secara normalising.
- Siswa menulis proses pembentukan baja secara hardening dan tempering.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 17
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Secara komunikatif
guru mengarahkan siswa mencari informasi tentang pengujian logam.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan tujuan
dari pengujian logam.
-
Guru mengarahkan siswa cara pengujian logam.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan diagram
tegangan dan kekuatan hasil uji tarik.
Elaborasi
- Siswa menentukan
tujuan dari pengujian logam.
- Siswa menulis cara
melakukan pengujian logam.
- Siswa menulis dan menjelaskan hasil uji tarik logam.
- Siswa menulis dan menjelaskan beberapa istilah dari hasil uji
tarik.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menuliskan
jawaban soal di papan tulis dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Soal teori
3.
Proyektor
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
No comments:
Post a Comment