Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian : TEKNIK MEKANIK
OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan ke : 1 s/d 2
Alokasi Waktu : 8 x 45
Standar Kompetensi : Memelihara
Transmisi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
Transmisi Manual dan Komponennya
Indikator : 1. Pringsip
kerja dan jenis-jenis transmisi manual.
2. Kontruksi
dan cara kerja transmisi manual tipe sichronmesh.
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan transmisi manual.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan pringsip kerja transmisi.
3.
Peserta didik dapat
menggambar kontruksi transmisi.
4.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi komponen-komponen transmisi.
II.
Materi Ajar
1.
Transmisi manual
2.
Kontruksi transmisi
3.
Jenis-jenis transmisi
III.
Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Observasi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang transmisi manual pada mobil.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan pringsip kerja transmisi.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan tentang perbandingan roda
gigi.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menggambar kontruksi transmisi dan menjelaskan
jenis-jenis transmisi.
Elaborasi
- Siswa menulis penjelasan pringsip kerja dan fungsi transmisi.
- Siswa mwnulis jenis-jenis transmisi.
- Siswa bekerja keras menggambar kontruksi transmisi.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan perbandingan roda
gigi.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa mengambar
kontruksi transmisi dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas tentang perbandingan roda gigi.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 2
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang transmisi manual tipe sincronmesh.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan pringsip kerja transmisi
manual tipe sincronmesh.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan
menjelaskan fungsi komponen-komponen system sincronmesh
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
transmisi manual tipe sincronmesh.
Elaborasi
- Siswa menulis penjelasan pringsip kerja dan fungsi transmisi manual
tipe sincronmesh
- Siswa bekerja keras siswa menggambar kontruksi transmisi
manual tipe sincronmesh.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan fungsi
komponen-komponen transmisi manual tipe sincronmesh.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa mengambar
kontruksi transmisi dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas cara kerja transmisi manual tipe sincronmesh.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer transmisi manual
4.
Unit mobil
5.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 3 s/d 4
Alokasi
Waktu : 8 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi
transmisi otomatis dan komponennya
Indikator : 1. Pringsip
kerja dan jenis-jenis transmisi otomatis.
2. Kontruksi,fungsi
komponen dari transmisi otomatis.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan transmisi otomatis.
2.
Peserta didik dapat
menyebutkan keuntungan trasmisi otomatis.
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan pringsip kerja transmisi otomatis.
4.
Peserta didik dapat
menggambar kontruksi transmisi otomatis.
5.
Peserta didik dapat
menjelaskan dan menggambar fungsi komponen transmisi otomatis.
II.
Materi Ajar
1.
Transmisi otomatis
2.
Kontruksi CVT
3.
Jenis-jenis transmisi
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Pemberian tugas
3.
Observasi
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 3
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang transmisi otomatis pada mobil.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan pringsip kerja otomatis.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menggambar kontruksi menjelaskan jenis-jenis transmisi
otomatis.
Elaborasi
- Siswa menulis penjelasan pringsip kerja transmisi otomatis.
- Siswa menulis jenis-jenis transmisi otomatis.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa mengambar
kontruksi transmisi dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
-
Guru memberi motivasi
terhadap siswa.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 4
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan pringsip kerja CVT.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menggambar kontruksi CVT dan komponennya.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa untuk menjelaskan fungsi komponen CVT
Elaborasi
- Siswa menulis penjelasan pringsip kerja transmisi otomatis.
- Siswa menulis fungsi komponen-komponen CVT.
- Siswa bekerja keras menggambar kontruksi CVT dan
komponennya.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa mengambar
kontruksi transmisi dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas tentang cara kerja CVT.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer transmisi manual
4.
Unit mobil
5.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 5
Alokasi
Waktu : 4 x 45
Standar
Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi
Dasar : Memelihara
transmisi manual dan transmisi otomatis
Indikator : 1. Overhault
transmisi manual kijang 5K
2. overhault
transmisi manual mitsubisi L300.
3. Overhault
transmisi otomatis daihatsu
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan transmisi otomatis.
2.
Peserta didik dapat
menyebutkan keuntungan trasmisi otomatis.
3.
Peserta didik dapat
menjelaskan pringsip kerja transmisi otomatis.
4.
Peserta didik dapat
menggambar kontruksi transmisi otomatis.
5.
Peserta didik dapat
menjelaskan dan menggambar fungsi komponen transmisi otomatis.
II.
Materi Ajar
1.
Transmisi otomatis
2.
Kontruksi CVT
3.
Jenis-jenis transmisi
III.
Metode Pembelajaran
1.
TPemberian tugas
2.
Observasi
3.
Praktek
IV.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan prosedur
overhault transmisi.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menerapkan K3 dalam melakukan overhault transmisi.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menggunakan buku manual dalam melakukan overhault transmisi.
- Secara komunikatif guru
mengarahkan siswa menerapkan SOP pabrik.
Elaborasi
- Siswa melakukan
overhault system transmisi.
- Siswa melakukan pengukuran menggunakan alat ukur yang tepat.
- Siswa dapat menerapaka K3 dan SOP dalam memelihara transmisi.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa dalam menggunakan alat.
- Siswa melakukan
overhault dan pengukuran dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru mengecek hasil pengukuran siswa.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum melakukan praktek dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan praktek.
- Menginformasikan pada
siswa untuk memperhatikan tentan K3 dan SOP.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk lebih tekun dalam praktek berikutnya.
- Pemberian tugas laporan
hasil praktek untuk dikerjakan
secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Trainer transmisi manual
4.
Unit mobil
5.
Job sheet
6.
Modul elektronik
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
No comments:
Post a Comment