Pages

Ads 468x60px

Monday, 23 July 2012

RPP Sistem rem

Nama Sekolah                   :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian         :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     XI/3
Pertemuan ke                     :     1
Alokasi Waktu                   :     3 x 45
Standar Kompetensi           :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar             :     Memelihara sistem rem dan komponennya
Indikator                            :     1.   Pringsip kerja system rem dan Menyebutkan fungsi rem.
                                                2.   Menjelaskan persyaratan yang harus dimiliki system rem.
                                                3.   Menjelaskan dan menyebutkan penggolongan sistem rem.
                                                4.   Menjelaskan mekanisme kerja system rem

I.               Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik memiliki awal pengetahuan system rem.
2.         Peserta didik dapat menjelaskan pringsip kerja dan fungsi system rem.
3.         Peserta didik dapat menyebutkan dan menentukan persyaratan system rem.
4.         Peserta didik dapat menyebutkan penggolongan system rem.
5.         Peserta didik dapat menjelaskan cara kerja master silinder.

II.             Materi Ajar
1.         Rem hidrolik
2.         Disk brake
3.         Drum brake

III.           Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Pemberian tugas
3.    Tanya jawab

IV.           Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang sietem rem pada kendaraan bermotor.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pringsip kerja dan fungsi system rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan syarat-syarat system rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menyebutkan penggolongan system rem.
-      Guru mengarahkan siswa menjelaskan cara kerja master silinder.
                                                                                                                                
Elaborasi
-      Siswa menulis pengertian pringsip kerja dan fungsi system rem.
-      Siswa menulis syarat-syarat yang harus dimiliki system rem.
-      Siswa bekerja keras belajar penerapan hukum pascal pada system rem
-      Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja master silinder dan percaya diri.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pringsip kerja dan fungsi boster rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan cara kerja boster rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan fungsi dan alasan pentingnya katup pengimbang .
-      Guru mengarahkan siswa menjelaskan fungsi anti lock brake.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa menggambar sistem rem  dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru bersama siswa membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.

V.             Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.         Modul/bahan referensi
2.         Buku manual
3.         Modul elektronik
4.         Unit mobil

VI.           Penilaian
1.         Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,        
Kepala SMK Muh. Susukan                                                                              Guru Mata Diklat


Ana Ribowo, S.Pd.                                                                                      Yusup Anis, S.T.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                :     XI/3
Pertemuan ke                   :     2 s/d 4
Alokasi Waktu                 :     6 x 45
Standar Kompetensi         :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar            :     Memelihara sistem rem dan komponennya
Indikator                          :     1.   Menjelaskan fungsi komponen-komponen rem tromol.
                                             2.   Menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem tromol.
                                             3.   Menjelaskan fungsi komponen-komponen rem cakram.
                                             4.   Menjelaskan cara kerja tipe-tipe caliper
                                             5.   Kontruksi rem parkir
I.               Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen rem tromol.
2.         Peserta didik dapat menjelaskan kerja tipe-tipe rem tromol.
3.         Peserta didik dapat Menjelaskan fungsi komponen-komponen rem cakram.
4.         Peserta didik dapat Menjelaskan cara kerja tipe-tipe caliper.
5.         Peserta didik dapat menjelaskan Kontruksi rem parkir.

II.             Materi Ajar
1.         Rem hidrolik
2.         Disk brake
3.         Drum brake

III.           Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Pemberian tugas
3.    Tanya jawab

IV.           Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  fungsi komponen-komponen rem tromol .
-      Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan menjelaskan tipe-tipe rem tromol.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar tipe rem tromol dan komponennya.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem tromol.
                                                                                                                                
Elaborasi
-      Siswa menulis fungsi rem tromol.
-      Siswa menulis tipe-tipe rem tromol.
-      Siswa bekerja keras belajar menggambar rem tromol.
-      Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem tromol.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa menggambar tipe rem tromol dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru bersama siswa membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.

Pertemuan 3
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  fungsi komponen-komponen rem cakram .
-      Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan menjelaskan tipe-tipe kaliper.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar tipe caliper  dan komponennya.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe kaliper.
                                                                                                                                
Elaborasi
-      Siswa menulis fungsi tipe caliper.
-      Siswa menulis tipe-tipe kaliper.
-      Siswa bekerja keras belajar menggambar tipe kaliper.
-      Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe kaliper.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa menggambar tipe kaliper dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru bersama siswa membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.

Pertemuan 4
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  fungsi komponen-komponen rem parkir.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan menjelaskan tipe-tipe rem parkir.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar rem parkir dan komponennya.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem parkir.
                                                                                                                                
Elaborasi
-      Siswa menulis fungsi tipe rem parkir.
-      Siswa bekerja keras belajar menggambar tipe rem parkir.
-      Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem parkir.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa menggambar tipe rem parkir dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru bersama siswa membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.

V.             Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.         Modul/bahan referensi
2.         Buku manual
3.         Modul elektronik
4.         Unit mobil

VI.           Penilaian
1.         Test teori

Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,        
Kepala SMK Muh. Susukan                                                                               Guru Mata Diklat


Ana Ribowo, S.Pd.                                                                                     Yusup Anis, S.T.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                 :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                :     XI/3
Pertemuan ke                   :     5
Alokasi Waktu                 :     3 x 45
Standar Kompetensi         :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar            :     Memperbaiki sistem rem dan komponennya
Indikator                          :     1.   Menyetel tinggi pedal rem sesuai dengan SOP.
                                             2.   Menyetel sepatu rem dengan tomol

I.               Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat melakukan pemeriksaan tinggi pedal rem.
2.         Peserta didik dapat melakukan penyetelan tinggi pedal rem.
3.         Peserta didik dapat melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol.
4.         Peserta didik dapat menulis laporan langkah-langkah pemeriksaan and penyetelan tinggi pedal rem dan penyetelan sepatu rem dengan tromol.

II.             Materi Ajar
1.         Rem hidrolik
2.         Prosedur memeriksa dan menyetel tinggi pedal rem
3.         Prosedur penyetelan sepatu rem dengan tromol

III.           Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    demostrasi
3.    Praktek di laboratorium

IV.           Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 5
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru melakukan demonstrasi melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem untuk menumbuhkan rasa ingin bisa peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  prosedur pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem.
-      Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan dalam melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem sesuai dengan SOP.
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  prosedur penyetelan sepatu rem dengan tromol.
-      Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan dalam melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol sesuai dengan SOP
                                                                                                                                
Elaborasi
-      Siswa menulis prosedur pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem.
-      Siswa dengan cermat dan tepat melakukan identifikasi komponen pedal rem.
-      Siswa bekerja keras, cermat dan tepat melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem sesuai dengan SOP. Siswa menulis prosedur penyetelan sepatu rem dengan tromol.
-      Siswa bekerja keras, cermat dan tepat melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol sesuai dengan SOP.
-      Siswa menulis langkah-langkah dan hasil pekerjaan.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa melakukan praktek dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil melakukan penyetelan dengan tepat.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan hasil praktek.
-      Menginformasikan pada siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
-      Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.

V.             Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.    Modul/bahan referensi
2.    Buku manual
3.    Modul elektronik
4.    Unit mobil

VI.           Penilaian
1.         Test praktek
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,        
Kepala SMK Muh. Susukan                                                                            Guru Mata Diklat


Ana Ribowo, S.Pd.                                                                                  Yusup Anis, S.T.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                     :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     XI/3
Pertemuan ke                     :     6
Alokasi Waktu                      :     3 x 45
Standar Kompetensi         :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar             :     Memperbaiki sistem rem dan komponennya
Indikator                                :     1.   Diagnosis gangguan system rem.
                                         2.   Memeriksa komponen system rem tromol dan cakram

I.               Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat melakukan diagnosis gangguan system rem.
2.         Peserta didik dapat melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.
3.         Peserta didik dapat menulis laporan langkah-langkah pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.

II.             Materi Ajar
1.         Rem hidrolik
2.         Diagnosis gangguan pada system rem
3.         Prosedur memeriksa komponen system rem tromol dan cakram

III.           Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Demostrasi
3.    Kerja kelompok
4.    Praktek di laboratorium

IV.           Kegiatan Pembelajaran
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru melakukan menerangkan gangguan-gangguan pada system rem.
-      Guru melakukan demostrasi pemeriksaan system rem tromol dan cakram.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan  dan menyebutkan gangguan-gangguan pada system rem.
-      Guru mengarahkan siswa untuk dapat memperbaiki gangguan pada system rem.
-      Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.
   
Elaborasi
-      Siswa menulis gangguan-gangguan pada system rem tromol daan rem cakram.
-      Siswa dengan cermat dan tepat melakukan diagnosis gangguan system rem.
-      Siswa bekerja keras, cermat dan tepat melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram sesuai dengan SOP.
-      Siswa dapat memeriksa ketebalan kanvas rem dengan tepat
-      Siswa dapat mengukur diameter tromol dengan percaya diri
-      Siswa dapat mengukur run-out disk brake.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa melakukan praktek dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan hasil praktek.
-      Menginformasikan pada siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
-      Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.



V.             Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.         Buku manual system rem
2.         Job sheet system rem
3.         Modul elektronik
4.         Unit mobil
5.         Traine rem hidrolik

VI.           Penilaian
1.         Test praktek

Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,        
Kepala SMK Muh. Susukan                                                                             Guru Mata Diklat


Ana Ribowo, S.Pd.                                                                                 Yusup Anis, S.T.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                     :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     XI/3
Pertemuan ke                     :     7
Alokasi Waktu                      :     3 x 45
Standar Kompetensi         :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar             :     Overhauil sistem rem dan komponennya
Indikator                                :     1.   Overhault system rem dan komponennya.
                                         2.   Bleding system rem.

I.               Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat melakukan Overhault system rem dan komponennya.
2.         Peserta didik dapat Bleding system rem.
3.         Peserta didik dapat menulis laporan langkah-langkah Overhault system rem dan komponennya.

II.             Materi Ajar
1.         Rem hidrolik
2.         Overhault system rem dan komponnnya.
3.         Prosedur bleding system rem

III.           Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Demostrasi
3.    Kerja kelompok
4.    Praktek di laboratorium

IV.           Kegiatan Pembelajaran
A.        Kegiatan Awal
-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru melakukan menerangkan prosedur overhault system rem.
-      Guru melakukan demostrasi melakuakan overhault system rem.
-      Guru melakukan demostrasi melakuakan bleding system rem.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.

B.        Kegiatan Inti
Eksplorasi
-      Guru mengarahkan siswa untuk melakukan overhault  master silinder.
-      Guru mengarahkan siswa untuk dapat melakukan overhault rem tromol dan komponennya.
-      Guru mengarahkan siswa untuk dapat melakukan overhault rem cakram dan komponennya.
-      Guru mengarahkan siswa untuk melakukan pekerjaan bleding system rem.
   
Elaborasi
-      Siswa dengan cermat dan tepat melakukan overhault master silinder.
-      Siswa bekerja keras, cermat dan tepat melakukan overhault rem tromol dan cakram sesuai dengan SOP.
-      Siswa dapat memeriksa piringan rotor dengan tepat
-      Siswa dapat memeriksa ketebalan kanvas rem dengan tepat
-      Siswa dapat mengukur diameter tromol dengan percaya diri
-      Siswa dapat mengukur run-out disk brake.
-      Siswa dapat melakukan bleding system rem.

Konfirmasi
-      Guru mengecek pekerjaan siswa.
-      Siswa melakukan praktek dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.

C.        Kegiatan Akhir
-      Guru membantu menyimpulkan hasil praktek.
-      Menginformasikan pada siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
-      Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.


V.             Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.         Job sheet system rem
2.         Buku manual system rem
3.         Modul elektronik
4.         Unit mobil
5.         Traine rem hidrolik

VI.           Penilaian
1.         Test praktek

Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,        
Kepala SMK Muh. Susukan                                                                                Guru Mata Diklat


 Ana Ribowo, S.Pd.                                                                                              Yusup Anis, S.T.

No comments:

Post a Comment