Nama Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian : TEKNIK MEKANIK
OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 3 x 45
Standar Kompetensi : Memperbaiki
Sistem Rem
Kompetensi Dasar : Memelihara sistem
rem dan komponennya
Indikator : 1. Pringsip
kerja system rem dan Menyebutkan fungsi rem.
2. Menjelaskan
persyaratan yang harus dimiliki system rem.
3. Menjelaskan dan menyebutkan penggolongan
sistem rem.
4. Menjelaskan mekanisme kerja system rem
1.
Peserta didik memiliki awal
pengetahuan system rem.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan
pringsip kerja dan fungsi system rem.
3.
Peserta didik dapat
menyebutkan dan menentukan persyaratan system rem.
4.
Peserta didik dapat menyebutkan
penggolongan system rem.
5.
Peserta didik dapat
menjelaskan cara kerja master silinder.
II.
Materi Ajar
1.
Rem hidrolik
2.
Disk brake
3.
Drum brake
III.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Pemberian tugas
3. Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk mencari informasi tentang sietem rem pada kendaraan bermotor.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pringsip kerja dan fungsi
system rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
syarat-syarat system rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menyebutkan
penggolongan system rem.
-
Guru mengarahkan siswa menjelaskan
cara kerja master silinder.
Elaborasi
- Siswa menulis
pengertian pringsip kerja dan fungsi system rem.
- Siswa menulis syarat-syarat
yang harus dimiliki system rem.
- Siswa bekerja keras belajar penerapan hukum pascal
pada system rem
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja master
silinder dan percaya diri.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan pringsip kerja dan fungsi
boster rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
cara kerja boster rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menjelaskan
fungsi dan alasan pentingnya katup pengimbang .
-
Guru mengarahkan siswa
menjelaskan fungsi anti lock brake.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar
sistem rem dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Modul elektronik
4.
Unit mobil
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 2 s/d 4
Alokasi
Waktu : 6 x 45
Standar
Kompetensi : Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi
Dasar : Memelihara
sistem rem dan komponennya
Indikator : 1. Menjelaskan
fungsi komponen-komponen rem tromol.
2. Menjelaskan
cara kerja tipe-tipe rem tromol.
3. Menjelaskan fungsi komponen-komponen rem
cakram.
4. Menjelaskan cara kerja tipe-tipe caliper
5. Kontruksi rem parkir
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi komponen-komponen rem tromol.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan kerja tipe-tipe rem tromol.
3.
Peserta didik dapat Menjelaskan
fungsi komponen-komponen rem cakram.
4.
Peserta didik dapat Menjelaskan
cara kerja tipe-tipe caliper.
5.
Peserta didik dapat
menjelaskan Kontruksi rem parkir.
II.
Materi Ajar
1.
Rem hidrolik
2.
Disk brake
3.
Drum brake
III.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Pemberian tugas
3.
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan fungsi
komponen-komponen rem tromol .
-
Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan
menjelaskan tipe-tipe rem tromol.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
tipe rem tromol dan komponennya.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem tromol.
Elaborasi
- Siswa menulis fungsi
rem tromol.
- Siswa menulis
tipe-tipe rem tromol.
- Siswa bekerja keras belajar menggambar rem tromol.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe
rem tromol.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar tipe
rem tromol dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 3
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan fungsi
komponen-komponen rem cakram .
-
Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan
menjelaskan tipe-tipe kaliper.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
tipe caliper dan komponennya.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe kaliper.
Elaborasi
- Siswa menulis fungsi
tipe caliper.
- Siswa menulis
tipe-tipe kaliper.
- Siswa bekerja keras belajar menggambar tipe kaliper.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe kaliper.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar tipe
kaliper dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
Pertemuan 4
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan
rasa ingin tahu peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan fungsi
komponen-komponen rem parkir.
-
Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan dan
menjelaskan tipe-tipe rem parkir.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar
rem parkir dan komponennya.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan cara kerja tipe-tipe rem parkir.
Elaborasi
- Siswa menulis fungsi
tipe rem parkir.
- Siswa bekerja keras belajar menggambar tipe rem
parkir.
- Siswa menyelesaikan dan dapat menjelaskan cara kerja tipe-tipe
rem parkir.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa menggambar tipe
rem parkir dengan bertanggungjawab
dan percaya diri.
- Guru bersama siswa
membahas hasil pekerjaan siswa secara komunikatif.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan materi pelajaran.
- Menginformasikan pada
siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
- Guru mengingatkan
kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
- Pemberian tugas rumah
untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Modul elektronik
4.
Unit mobil
VI.
Penilaian
1.
Test teori
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 5
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi
Dasar : Memperbaiki
sistem rem dan komponennya
Indikator : 1. Menyetel
tinggi pedal rem sesuai dengan SOP.
2. Menyetel sepatu rem dengan tomol
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat melakukan
pemeriksaan tinggi pedal rem.
2.
Peserta didik dapat melakukan
penyetelan tinggi pedal rem.
3.
Peserta didik dapat
melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol.
4.
Peserta didik dapat menulis
laporan langkah-langkah pemeriksaan and penyetelan tinggi pedal rem dan
penyetelan sepatu rem dengan tromol.
II.
Materi Ajar
1.
Rem hidrolik
2.
Prosedur memeriksa dan
menyetel tinggi pedal rem
3.
Prosedur penyetelan sepatu
rem dengan tromol
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
demostrasi
3.
Praktek di laboratorium
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 5
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan
demonstrasi melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem untuk menumbuhkan rasa ingin bisa peserta didik.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif
dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan prosedur pemeriksaan
dan penyetelan tinggi pedal rem.
-
Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan
dalam melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk
melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem sesuai dengan SOP.
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan prosedur penyetelan
sepatu rem dengan tromol.
-
Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan
dalam melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk
melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol sesuai dengan SOP
Elaborasi
- Siswa menulis prosedur
pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem.
- Siswa dengan cermat
dan tepat melakukan identifikasi komponen pedal rem.
- Siswa bekerja keras,
cermat dan tepat melakukan pemeriksaan dan penyetelan tinggi pedal rem sesuai
dengan SOP. Siswa menulis prosedur
penyetelan sepatu rem dengan tromol.
- Siswa bekerja keras,
cermat dan tepat melakukan penyetelan sepatu rem dengan tromol sesuai dengan
SOP.
- Siswa menulis langkah-langkah dan hasil pekerjaan.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan penyetelan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Modul/bahan referensi
2.
Buku manual
3.
Modul elektronik
4.
Unit mobil
VI.
Penilaian
1.
Test praktek
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 6
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi
Dasar : Memperbaiki
sistem rem dan komponennya
Indikator : 1. Diagnosis
gangguan system rem.
2. Memeriksa komponen system rem tromol dan
cakram
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
melakukan diagnosis gangguan system rem.
2.
Peserta didik dapat
melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.
3.
Peserta didik dapat menulis
laporan langkah-langkah pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.
II.
Materi Ajar
1.
Rem hidrolik
2.
Diagnosis gangguan pada
system rem
3.
Prosedur memeriksa komponen
system rem tromol dan cakram
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Demostrasi
3.
Kerja kelompok
4.
Praktek di laboratorium
IV.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan
menerangkan gangguan-gangguan pada system rem.
- Guru melakukan demostrasi pemeriksaan system rem tromol dan
cakram.
- Guru memberikan
apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk menjelaskan dan menyebutkan
gangguan-gangguan pada system rem.
-
Guru mengarahkan siswa untuk dapat
memperbaiki gangguan pada system rem.
-
Secara komunikatif guru mengarahkan siswa untuk
melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram.
Elaborasi
- Siswa menulis gangguan-gangguan
pada system rem tromol daan rem cakram.
- Siswa dengan
cermat dan tepat melakukan diagnosis gangguan system rem.
- Siswa bekerja keras,
cermat dan tepat melakukan pemeriksa komponen system rem tromol dan cakram
sesuai dengan SOP.
- Siswa dapat memeriksa ketebalan kanvas rem dengan tepat
- Siswa dapat mengukur diameter tromol dengan percaya diri
- Siswa dapat mengukur run-out disk brake.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku manual system rem
2.
Job sheet system rem
3.
Modul elektronik
4.
Unit mobil
5.
Traine rem hidrolik
VI.
Penilaian
1.
Test praktek
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
Ana Ribowo, S.Pd. Yusup Anis, S.T.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi
Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
ke : 7
Alokasi
Waktu : 3 x 45
Standar
Kompetensi : Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi
Dasar : Overhauil
sistem rem dan komponennya
Indikator : 1. Overhault
system rem dan komponennya.
2. Bleding system rem.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
melakukan Overhault system rem dan komponennya.
2.
Peserta didik dapat Bleding
system rem.
3.
Peserta didik dapat menulis
laporan langkah-langkah Overhault system rem dan komponennya.
II.
Materi Ajar
1.
Rem hidrolik
2.
Overhault system rem dan
komponnnya.
3.
Prosedur bleding system rem
III.
Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Demostrasi
3.
Kerja kelompok
4.
Praktek di laboratorium
IV.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan
suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Guru melakukan
menerangkan prosedur overhault system rem.
- Guru melakukan demostrasi melakuakan overhault system rem.
- Guru melakukan demostrasi melakuakan bleding system rem.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa
untuk melakukan overhault master
silinder.
-
Guru mengarahkan siswa untuk dapat melakukan
overhault rem tromol dan komponennya.
-
Guru mengarahkan siswa untuk dapat melakukan
overhault rem cakram dan komponennya.
-
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan
pekerjaan bleding system rem.
Elaborasi
- Siswa dengan cermat
dan tepat melakukan overhault master silinder.
- Siswa bekerja keras,
cermat dan tepat melakukan overhault rem tromol dan cakram sesuai dengan SOP.
- Siswa dapat memeriksa piringan rotor dengan tepat
- Siswa dapat memeriksa ketebalan kanvas rem dengan tepat
- Siswa dapat mengukur diameter tromol dengan percaya diri
- Siswa dapat mengukur run-out disk brake.
- Siswa dapat melakukan bleding system rem.
Konfirmasi
- Guru mengecek
pekerjaan siswa.
- Siswa melakukan
praktek dengan bertanggungjawab dan
percaya diri.
- Guru memberi penghargaan
terhadap siswa yang telah melakukan praktek.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil melakukan pemeriksaan dengan tepat.
C.
Kegiatan Akhir
- Guru membantu
menyimpulkan hasil praktek.
- Menginformasikan pada
siswa pada praktek berikutnya untuk lebih menerapkan prosedur K3 dan SOP.
- Guru memberi tugas pada siswa membuat laporan praktek.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
V.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Job sheet system rem
2.
Buku manual system rem
3.
Modul elektronik
4.
Unit mobil
5.
Traine rem hidrolik
VI.
Penilaian
1.
Test praktek
Susukan, 14 Juni 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Muh. Susukan Guru
Mata Diklat
No comments:
Post a Comment