RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendididkan : SMK Muhammadiyah Susukan
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
Pertemuan Ke- :
3
Alokasi Waktu :
180 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja Teknik Kendaraan Ringan untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mendiri, bertindak
secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas Teknik Kendaraan Ringan
dibawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat memahami sifat-sifat api
2.
Siswa dapat memahami klasifikasi api
3.
Siswa dapat memahami jenis-jenis alat pemadam
kebakaran
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan tanya jawab, diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran, kerjasama dalam kelompok kritis, kreatif, inovatif dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab, memberi saran dan
kritik, serta dapat :
1.
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
sifat-sifat api
2.
Menyebutkan dan menjelaskan klasifikasi api
3.
Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis alat
pemadam kebakaran
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Sifat-sifat api dan klasifikasi api
2.
Jenis-jenis alat pemadam kebakaran
F.
Metoda
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : PBL
G.
KKM : 77
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran
dirancang agar dapat mengunakan problem based leaning (PBL) dengan strategi
pembelajaran sebagai berikut :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam
pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek
kehadiran siswa.
Pree tes
· Guru melakukan pretest dari materi sebelumnya
Apersepsi
· Guru mereview materi sebelumnya
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh
siswa secara komunikatif.
· Guru
menjelaskan materi identifikasi bahaya, potensi dan resiko kecelakaan kerja
· Guru
menjelaskan tindakan pencegahan bahaya di bengkel otomotif
Motivasi
· Guru
memberikan pengarahan motivasi kepada siswa.
|
15 menit
|
Inti
|
Stimulan (Mengamati)
· Guru memberikan
informasi awal tentang jenis-jenis
api dan klasifikasi api
· Guru memberikan
informasi awal tentang jenis-jenis alat pemadam kebakaran
· Peserta didik
mengamati tayangan
power point tentang jenis-jenis api, klasifikasi api dan jenis-jenis alat
pemadam kebakaran
Problem Statement (Menanya)
·
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa, terkait tayangan power point
· Guru memberi
tugas soal tentang jenis dan klasifikasi api
· Guru memberi tugas tentang
jenis-jenis alat pemadam kebakaran
Data Collection (Pengumpulan
informasi)
· Peserta didik
menjawab soal dengan open book
Verification (Menalar)
· Peserta
didik mencari/menemukan
jawaban dari buku, internet dan diskusi
Melakukan
Praktek
Peserta didik melakukan
identifikasi klasifikasi api dan jenis alat pemadam kebakaran di bengkel
otomotif
Generalization (Mengkomunikasikan)
· Peserta didik
mempresentasikan jawaban soal
· Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi
|
150 menit
|
Penutup
|
·
Guru menuntun siswa
dalam menyimpulkan apa yang telah didiskusikan.
·
Guru memberitahu siswa materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran
dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
I.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat dan bahan Praktikum :
-
LCD (Power point)
-
PapanTulis
2.
Sumber :
OPKR-10-016B : MENGIKUTI
PROSEDURKESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
VEDC _ Malang
J.
Penilaian
-
Teknik penilaian : Tes
-
Bentuk Instrumen :
Issey
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran identifikasi bahaya dan tindakan
pencegahannya
b.
Selalu
memperhatikan materi yang disampaikan guru
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Dapat melakukan identfikasi bahaya, resiko terjadinya kecelakaan
b.
Mengetahui
tindakan pencegahan terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan iidentifikasi potensi
resiko terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas
|
Susukan, 10 Agustus
2017
Kepala
Sekola Guru
Mapel
Heri Santosa, S.Pd Yusup Anis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendididkan : SMK Muhammadiyah Susukan
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi Alat Pemadam Api Ringan
(APAR)
Pertemuan Ke- :
4
Alokasi Waktu :
180 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja Teknik Kendaraan Ringan untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mendiri, bertindak
secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas Teknik Kendaraan Ringan
dibawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
Pencegahan terjadinya api
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat melakukan tindakan pencegahan
terjadinya api di area kerja
2.
Siswa dapat menggunakan alat pemadam api ringan
(APAR)
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan tanya jawab, diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran, kerjasama dalam kelompok kritis, kreatif, inovatif dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab, memberi saran dan
kritik, serta dapat :
1.
Siswa dapat melakukan pencegahan api di bengkel
2.
Siswa dapat menggunakan alat pemadam api ringan
(APAR)
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Tindakan pencegahan api
2.
Metode penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
F.
Metoda
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : PBL
G.
KKM : 77
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran
dirancang agar dapat mengunakan problem based leaning (PBL) dengan strategi
pembelajaran sebagai berikut :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam
pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek
kehadiran siswa.
Pree tes
· Guru melakukan pretest dari materi sebelumnya
Apersepsi
· Guru mereview materi sebelumnya
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh
siswa secara komunikatif.
· Guru
menjelaskan materi tindakan pencegahan api di area kerja otomotif
· Guru
menjelaskan cara menggunakan APAR
Motivasi
· Guru
memberikan pengarahan motivasi kepada siswa.
|
15 menit
|
Inti
|
Stimulan (Mengamati)
· Guru memberikan
informasi awal tentang tindakan pencegahan terjadinya api
· Guru memberikan
informasi awal penggunaan
APAR sesuai klasifikasi api
· Peserta didik
mengamati tayangan
power point tentang jenis-jenis api, klasifikasi api dan jenis-jenis alat
pemadam kebakaran
Problem Statement (Menanya)
·
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa, terkait tayangan power point
· Guru memberi
tugas soal tentang jenis dan klasifikasi api
· Guru memberi tugas tentang
jenis-jenis alat pemadam kebakaran
Data Collection (Pengumpulan
informasi)
· Peserta didik
menjawab soal dengan open book
Verification (Menalar)
· Peserta
didik mencari/menemukan
jawaban dari buku, internet dan diskusi
Melakukan
Praktek
Peserta didik melakukan
identifikasi klasifikasi api dan jenis alat pemadam kebakaran di bengkel
otomotif
Generalization (Mengkomunikasikan)
· Peserta didik
mempresentasikan jawaban soal
· Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi
|
150 menit
|
Penutup
|
·
Guru menuntun siswa
dalam menyimpulkan apa yang telah didiskusikan.
·
Guru memberitahu siswa materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran
dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
I.
Alat
dan Sumber Belajar
3.
Alat dan bahan Praktikum :
-
LCD (Power point)
-
PapanTulis
4.
Sumber :
OPKR-10-016B : MENGIKUTI
PROSEDURKESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
VEDC _ Malang
J.
Penilaian
-
Teknik penilaian : Tes
-
Bentuk Instrumen :
Issey
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
d.
Terlibat aktif dalam pembelajaran identifikasi bahaya dan tindakan
pencegahannya
e.
Selalu
memperhatikan materi yang disampaikan guru
f.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
c.
Dapat melakukan identfikasi bahaya, resiko terjadinya kecelakaan
d.
Mengetahui
tindakan pencegahan terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan iidentifikasi potensi
resiko terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas
|
Susukan, 15 Agustus
2017
Kepala
Sekola Guru
Mapel
Heri Santosa, S.Pd Yusup Anis
No comments:
Post a Comment