RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendididkan : SMK Muhammadiyah Susukan
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif
Kompetensi Dasar : Pengendalian Kontaminasi
Pertemuan Ke- :
5
Alokasi Waktu :
180 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja Teknik Kendaraan Ringan untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mendiri, bertindak
secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas Teknik Kendaraan Ringan
dibawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
Pengendalian Kontaminasi
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat mengenali jenis-jenis bahaya
2.
Siswa dapat mengenali tanda bahaya kontaminasi
3.
Siswa dapat mengikuti prosedur perlindungan
mesin saat tanda bahaya muncul
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan tanya jawab, diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran, kerjasama dalam kelompok kritis, kreatif, inovatif dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab, memberi saran dan
kritik, serta dapat :
1.
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis
bahaya
2.
Menyebutkan dan menjelaskan tanda bahaya di
bengkel
3.
Melaksanakan prosedur perlindungan mesin
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Jenis-jenis bahaya
2.
Prosedur perlindungan mesin
F.
Metoda
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : PBL
G.
KKM : 77
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran dirancang agar dapat
mengunakan problem based leaning (PBL) dengan strategi pembelajaran sebagai
berikut :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam
pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek
kehadiran siswa.
Pree tes
· Guru melakukan pretest dari materi sebelumnya
Apersepsi
· Guru mereview materi sebelumnya
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran / kompetensi dasar yang harus dicapai oleh
siswa secara komunikatif.
· Guru
menjelaskan materi identifikasi bahaya, potensi dan resiko kecelakaan kerja
· Guru
menjelaskan tindakan pencegahan bahaya di bengkel otomotif
Motivasi
· Guru
memberikan pengarahan motivasi kepada siswa.
|
15 menit
|
Inti
|
Stimulan (Mengamati)
· Guru memberikan
informasi awal tentang jenis-jenis
bahaya
· Guru memberikan
informasi awal tentang tanda
bahaya
· Peserta didik
mengamati tayangan
power point tentang jenis-jenis bahaya dan tanda-tanda bahaya
Problem Statement (Menanya)
·
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa, terkait tayangan power point
· Guru memberi
tugas soal tentang jenis bahaya
· Guru memberi tugas tentang
jenis-jenis bahaya
Data Collection (Pengumpulan
informasi)
· Peserta didik
menjawab soal dengan open book
Verification (Menalar)
· Peserta
didik mencari/menemukan
jawaban dari buku, internet dan diskusi
Melakukan
Praktek
Peserta didik melakukan
identifikasi klasifikasi api dan jenis alat pemadam kebakaran di bengkel
otomotif
Generalization (Mengkomunikasikan)
· Peserta didik
mempresentasikan jawaban soal
· Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi
|
150 menit
|
Penutup
|
·
Guru menuntun siswa
dalam menyimpulkan apa yang telah didiskusikan.
·
Guru memberitahu siswa materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran
dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
I.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat dan bahan Praktikum :
-
LCD (Power point)
-
PapanTulis
2.
Sumber :
OPKR-10-016B : MENGIKUTI
PROSEDURKESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
VEDC _ Malang
J.
Penilaian
-
Teknik penilaian : Tes
-
Bentuk Instrumen :
Issey
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran identifikasi bahaya dan tindakan
pencegahannya
b.
Selalu
memperhatikan materi yang disampaikan guru
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Dapat melakukan identfikasi bahaya, resiko terjadinya kecelakaan
b.
Mengetahui
tindakan pencegahan terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan iidentifikasi potensi
resiko terjadinya kecelakaan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas
|
Susukan, 7 September
2017
Kepala Sekola Guru
Mapel
Heri Santosa, S.Pd Yusup Anis
No comments:
Post a Comment