Sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda?
mungkin tidak sedikit orang yang penasaran dan ragu-ragu saat
mendengar teknologi motor injeksi salah satunya sepeda motor Honda
dengan teknologi PGM-FI. Terlebih lagi ketika harus memikirkan
bagaimana cara perawatannya nanti.
Sementara, belakangan ini
motor berteknologi karburator mulai ditinggalkan, terlebih karena
dinilai tidak ramah lingkungan. sehingga daripada berspekulasi, lebih
baik kita cari tahu apa sebenarnya beda karburator dengan sistem
injeksi.
Menurut beberapa artikel teknik, sistem pembakaran pada
mesin sangat tergantung pada dua hal yaitu suplai bahan bakar dan
udara. Suplai bahan bakar dan udara ini adalah berasal dari karburator
atau sistem injeksi. Jadi tugas dari karburator atau injeksi ialah
mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian langsung
menyalurkannya kedalam ruang bakar.
Bedanya hanyalah pada proses
penghisapan bensin menuju ruang bakar. Sedangkan sistem injeksi, sudah
mempergunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tidak lain
tugasnya adalah menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Tidak seperti
karburator yang hanya masih mengandalkan hisapan yang didapat dari
pergerakan piston di silinder.
Bagusnya lagi, pada sistem injeksi
bisa menyeimbangkan besar volume bensin yang akan disemprotkan ke
ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga akan didapat hasil
pembakaran yang lebih efisien. Pada motor dengan sistem injeksi seperti
honda, bensin yang disemprotkan selalu akurat karena telah dikontrol
oleh sensor elektronik di mesin. Bahasa terkenalnya ECU. Seperti sensor
RPM, dimana jumlah udara masuk, posisi katup gas, hingga kondisi cuaca
menjadi jauh lebih efisien.
Sedangkan pada karburator, bensin
tersebut disedot dengan pergerakan naik-turun piston, sehingga berapa
volume bensin yang akan dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston
tadi. Sementara setingan banyaknya bensin dan udara yang menuju ruang
bakar sangat tergantung dari diameter lubang karburator, ukuran
besarnya pilot dan main jet, juga baut setelan angin dan bensin.
Kelebihan
pada sepeda motor dengan sistem injeksi, karena sudah mempergunakan
peranti elektronik, maka volume bensin yang masuk menuju ruang bakar
sudah presisi, sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan, karena
sistem pembakaran akan selalu sempurna.
Saat melakukan servis
sebenarnya jauh lebih sederhana pada sepeda motor sistem injeksi. Cukup
hanya dengan membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara
pada karburator, dalam melakukan servis harus membongkar badan
karburator untuk membersihkannya.
Intinya adalah karburator
dengan sistem injeksi sebenarnya hanyalah berbeda pada cara mengalirkan
bensin menuju ruang bakar. Kalau pada karburator masih manual,
sementara pada sistem injeksi, elektronik yang mengaturnya, dan bensin
tidak lagi hanya di alirkan, melainkan disemprot dengan takaran yang
telah diatur peranti elektronik.
Jadi, buat teman-teman yang
ingin menggunakan sepeda motor dengan teknologi injeksi, jangan ragu
lagi. karena justru dengan sistem injeksi, maka perawatan jadi lebih
sederhana karena semua telah diatur oleh perangkat elektronik, efisien,
dan ramah lingkungan karena sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda.
Thursday, 29 November 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment