untuk jenis karburator double venturi seperti kijang, corlla dx, charade, colt dan lain-lain yang umumnya memiliki kapasitas mesin antara 1300-1600CC bisa kita optimumkan tingkat keiritannya dengan melakukan setting ulang tanpa menghiraukan pola mengemudi ala rossi . Pola mengemudi ala pembalap so pasti bikin mesin haus akan BBM serta mengakibatkan komponen-komponen mesin, kanvas kopling dan oenggerak roda cepat rusak.
Tips Setting karburator irit BBM untuk jenis double venturi yakni:
1 Lepas Filter Udara
2 Buka karburator seperti pada gambar.
3 Bersihkan semua saluran karburator menggunakan angin bersih bertekanan tinggi.
4 Set ulang besar spuyer main jet 1 dan main jet 2. Main jet 1 lurus ama skep venturi 1 yang terhubung ke seling pedal gas.
5 Set main jet 1 pada 90-105. Untuk irit alselerasi gesit pakai 95 saja.
6 Set main jet 2 pada 140-160. yang suka top power bisa pergunakan 150 saja
7 Set tinggi bensin dalam ruang pelampung sesuai tanda.
8 Pastikan ruang pelampung dan semua saluran bersih dari kotoran.
9 Pastikan injektor akselerator bekerja normal dan tidak buntu.
10 Pastikan jarum pelampung/ventilator bersih dan bagus.
11 Lengkapi kembali karburator.
12 Pastikan pompa injektor akselerator masuk dengan benar. cara memasukkan putar dan dorong pelan-pelan agar pompa injektor akselerator tidak rusak.
13 Ganti Filter bensin biar karburator tidak kotor lagi.
14 Lengkapi filter udara.
15 Start mesin
NB :
· Setel campuran bbm yakni stelan berwarna kuning pada karburator. masukkan sampai mesin bergetar mau mati dan stel keluar sampai putaran rata dan halus.
· Pastikan advance sentrifugal bekerja normal. Baca Cara service delco .
· Set pengapian pada 7 derajat (Tanpa vakum) untuk jenis toyota dan lihat data spesifikasi untuk mesin lainnya.
· Untuk perjalanan jauh set ulang timing pengapian pada 5 derajat(Tanpa vakum)
No comments:
Post a Comment