RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran : (Mulok)
Menggambar dengan menggunkan software Autocad
Kelas / Semester : X / Gasal
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Kompetensi Inti :
a.
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.
b.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan
masalah dalam Memelihara baterai.
c.
Mentransformasi
diri dalam berperilaku: teliti, kritis, disiplin, dan tangguh mengadapi masalah dalam pengenalan
bidang gambar program autocad
d.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli
lingkungan dalam pengenalan system koordinat autocad
e.
Menjelaskan
fungsi indicato/komponen pada bidang gambar autocad
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Instalasi
program autocad pada komputer
|
Menyiapkan
piranti system pendukung CAD
|
Bidang
gambar
System koordinat
Persiapan
menggambar 2D menggunakan autocad
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
a. Menjelaskan
fungsi dan perintah pada layout gambar pada program autocad
b. Menerapkan
system koordinat pada autocad
c. Melakukan
persiapan menggambar 2D menggunakan autocad
B.
Materi
Pembelajaran
a. Layout
bidang gambar autocad
b.
System koordinat pada autocad
c.
Perssiapan menggambar 2D dengan autocad
C.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
(Scientific)
b.
Strategi :
Cooperative learning
c.
Model :
Problem Based Learning
d.
Metode :
Ceramah, observasi,
praktek
D.
Alat,
Media dan Sumber Belajar
a.
Alat : LCD proyektor, Komputer,
whiteboard, alat tulis, software Autocad
b.
Media : Power point / Ms Word
Modul Autocad
2D
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 3 s/d 5
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-
Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi
dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta
didik.
-
Guru memberikan apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi :
-
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan
identifikasi toolbar, menu bar pada layout autocad
-
Guru mengarahkan siswa untuk
menentukan/memberi masukan koordinat pada program CAD
-
Guru mengarahkan siswa untuk dapat melakukan
perrsiapan menggambar 2D menggunakan program CAD
Elaborasi :
-
Siswa menulis/menggambar bagian-bagian bidang gambar tampilan autocad
-
Siswa menulis/mengerjakan system koordinat
pada autocad
-
Siswa mengatur layout untuk persiapan
menggambar menggunakan autocad
Konfirmasi :
-
Guru menjelaskan bagian-bagian tampilan
autocad
-
Siswa melakukan langkah-langkah menampilkan
toolbar pada autocad
-
Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang berhasil
mengerjakan system koordinat dan mampu mempersiapkan layout dengan tepat dan
benar
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
|
240 menit
|
Penutup
|
-
Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-
Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari
materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-
Guru mengingatkan kepada siswa untuk
mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-
Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara
mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
|
15 menit
|
F.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis/praktek
|
C.
Ringkasan
Materi
PENGENALAN
BIDANG GAMBAR
Untuk
memulai bekerja dengan AutoCAD, harus dipahami dahulu daerah kerja dan
indikator-indikator yang ada pada layar.1
Digunakan untuk memilih atau
mengunci suatu titik dari obyek tertentu secara tepat & akurat sesuai
dengan obyek snap yang digunakan
KONTROL LAYAR KERJA (ZOOM)
Perintah zoom dapat anda
ketikkan pada command line dengan huruf Z kemudian enter.
SISTIM KOORDINAT
Untuk membentuk atau
menentukan posisi dari entity atau objek dapat
digunakan 5 macam type
koordinat, yaitu:
1. Koordinat
Cartesian
masukkan :
(x, y, z), bila z tidak dimasukkan maka z = 0
contoh:
titik O adalah 3 satuan x, 2 satuan y,dan 1 satuan z, maka masukkan: 3,2,1
2. Koordinat
Polar
masukkan :
(r<θ), jarak dari titik acuan serta sudut sumbu x
contoh :
titik O berjarak 2 satuan dari (0,0,0) dan membentuk sudut 30°, maka masukkan :
2<30
3. Koordinat
Cylindrical
masukkan :
(r< θ,z), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu x (pada bidang xy),
serta ketinggian (Z) terhadap bidang xy.
contoh :
titik O berjarak 3 satuan dari (0,0,0), membentuk sudut 40° terhadap sumbu x pada
bidang xy dan ketinggian5 satuan terhadap bidang xy, maka masukan : 3<40,5.
4. Koordinat
Spherical
masukkan :
(r<β<α), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu x pada bidang xy.
contoh :
titik O berjarak 4 satuan dari (0,0,0). Membentuk sudut 30° terhadap sumbu x
pada bidang xy, serta sudut 70°, maka masukkan 4<30<70
5. Koordinat
Relative
Digunakan
untuk menyatakan pergeseran terhadap suatu titik acuan baru.
Cara ini
sangat efektif dan cepat pada gambar-gambar teknik, juga pada saat editing.
masukkan :
penambahan tanda @ pada awal masukkan koordinat
(Cartesian,
Polar, Cylindrical, ataupun Spherical).
Contoh :
@4<45
MEMPERSIAPKAN BIDANG GAMBAR
Perintah yang digunakan untuk
mempersiapkan bidang gambar antara lain:
1. UNITS
Digunakan untuk mengubah notasi koordinat, jarak, dan sudut sesuai
kebutuhan pemakai. Pilihan UNITS yang disediakan AutoCAD adalah:
Scientific : 2.175E + 01 Decimal
Degrees
Decimal : 21.75 Degrees/Minutes/Second
Engineering : 1’ – 9.75” Grads
Architectural : 1’ – 9 ¾” Radians
Fractional : 14 ½ “ Surveyor’s
units
2. LIMITS
Digunakan untuk menentukan batas daerah gambar, sehingga daerah kerja
menjadi spesifik pada area tertentu.
Command:
limits
Reset
Model space limits:
Specify
lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
Specify
upper right corner <12.0000,9.0000>: 210,297
Command:
z
ZOOM
Specify
corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window]
<real time>: a
3. MVSETUP
Alternatif lain yang dipakai untuk menentukan batas gambar adalah
dengan menggunakan perintah MVSETUP.
Command:
MVSETUP
Enable
paper space? [No/Yes] <Y>: N
Enter
units type [Scientific/Decimal/Engineering/Architectural/Metric]: E
Engineering
Scales
===================
(120)
1"=10'
(240)
1"=20'
(360)
1"=30'
(480)
1"=40'
(600)
1"=50'
(720)
1"=60'
(960)
1"=80'
(1200)
1"=100'
Enter
the scale factor: 1
Enter
the paper width:
Requires
numeric distance or two points.
Enter
the paper width: 210
Enter
the paper height: 297
4. GRID
Grid merupakan perintah untuk memberikan tanda luasan bidang gambar
yang berupa titik sesuai limits (batasan ruang gambar). Grid hanya nampak
dimonitor , tetapi tidak akan tampak pada proses pencetakan
5. Snap
Digunakan untuk mengunci gerakan kursor sesuai dengan grid yang telah
ditentukan. Gambar di bawah menunjukkan hasil setting grid dengan rotasi 60°.
Command:
snap <enter>
Snap
spacing or ON/OFF/Aspect/Rotate/Style <current>:
6. LAYER
Digunakan untuk memisahkan entity drawing pada suatu lapisan yang
masingmasing secara spesifik dapat diatur propertiesnya
D. Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
|
Kls/smt
|
Kemampuan yang diuji / materi
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
No. soal
|
Menyiapkan piranti system pendukung autocad
|
X / 1
|
-
Analisis spesifikasi computer yang akan di
install autocad
-
Melukukan instalasi program autocad
|
1. Bidang
gambar autocad
2. Layout
autocad
3. System
koordinat
|
Tertulis
praktek
|
Ø Soal
1.
Amatilah sistim jendela pada layar AutoCAD
2.
Ada berapa sistim perintah yang dapat dilakukan?
Berilah contoh masingmasing perintah!
3.
Apakah yang dimaksud dengan layer?
4.
Ada berapa
sistem koordinat yang saudara ketahui? Berilah contoh untuk masing-masing
koordinat!
5.
Diaplikasikan
pada sistim apakah layer itu? Bila kurang jelas bisa ditanyakan kepada dosen
anda.
LEMBAR KERJA
a. Soal LK.1
Perhatikan gambar
di bawah. Tuliskan koordinat, sign, dan kuadran dari masing-masing titik.
Soal LK. 2
Kunci Jawaban
Soal LK.1
Soal LK.2
Susukan, 14 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Heri Santoso,S.pd.
Yusup
Anis
No comments:
Post a Comment