RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran : (Mulok)
Menggambar dengan menggunkan software Autocad
Kelas / Semester : X / Gasal
Alokasi Waktu : 14 x 45 menit
Kompetensi Inti :
a.
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.
b.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan
masalah dalam Memelihara baterai.
c.
Mentransformasi
diri dalam berperilaku: teliti, kritis, disiplin, dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan
tugas menggambar komponen mesin
d.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli
lingkungan dalam melakukan tugas menggambar komponen mesin
e.
Menjelaskan
cara mengaplikasikan perintah yang sering digunakan untuk menggambar
komponen mesin
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Perintah
Rectang, Polygon, Ellipes, Pline, Point, multiline, hacth, text
|
Menggambar komponen
mesin
|
Aplikasi
perintah gambar komponen mesin
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
a. Mengaplikasikan
perintah-perintah gambar lanjut
b. Menggambar gambar komponen mesin secara baik
dan benar menggunakan AutoCAD.
B.
Materi
Pembelajaran
Aplikasi Perintah
Rectang, Polygon, Ellipes, Pline, Point, multiline, hacth, text dan menggambar
komponen mesin
C.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
(Scientific)
b.
Strategi :
Cooperative learning
c.
Model :
Problem Based Learning
d.
Metode :
Ceramah, observasi,
praktek
D.
Alat,
Media dan Sumber Belajar
a.
Alat : LCD proyektor, Komputer,
whiteboard, alat tulis, software Autocad
b.
Media : Power point / Ms Word
Modul Autocad
2D
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 11 s/d 17
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-
Guru menyampaikan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu
peserta didik.
-
Guru memberikan apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
|
35 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi :
-
Guru mengarahkan siswa untuk Mengaplikasikan perintah-perintah
lanjut autocad
-
Guru
mengarahkan siswa menggambar komponen mesin secara baik dan benar menggunakan
AutoCAD
Elaborasi :
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah rectang, polygon, ellipe
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah plane, point, multiline
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah hacth, text
Konfirmasi :
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah
rectang, polygon, ellipe
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah
plane, point, multiline
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah
hacth, text
-
Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang berhasil
menggambar komponen mesin dengan tepat dan benar.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
|
560 menit
|
Penutup
|
-
Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-
Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari
materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-
Guru mengingatkan kepada siswa untuk
mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-
Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara
mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
|
35 menit
|
F.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis/praktek
|
C.
Ringkasan
Materi
Untuk
membuat gambar konstruksi geometrik maupun komponen mesin diperlukan
pengetahuan perintah-perintah menggambar yang ada di dalam software AutoCAD.
Adapun perintah-perintah lanjut yang
paling banyak digunakan adalah sebagai berikut:
1.
RECTANG
Perintah
untuk membentuk gambar persegi panjang. Prinsip yang dipakai adalah penentuan
dua titik pojok secara diagonal (berseberangan).
Command: RECTANG ←
Specify first corner point or
[Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: [x1,y1] ←
Specify other corner point or [Dimensions]: [x2,y2] ←
2.
POLYGON
Untuk
membentuk segi banyak (3 sampai 1024) yang sama sisi.
3.
ELLIPSE
Adalah
perintah untuk membuat gambar bentuk lonjong.
Ada dua
metode pembuatan gambar bentuk lonjong dengan perintah ELLIPS, yaitu:
-
Metode dengan prinsip dua ujung garis sumbu dan
eksentrisitas.
-
Metode dengan prinsip titik pusat, satu ujung
garis sumbu, dan eksentrisitas
4.
PLINE
Adalah
perintah untuk membentuk garis majemuk (polyline) dalam satu kesatuan.
Command: PLINE ←
Specify start point: [x1,y1] ←
Current line-width is 0.0000
Specify next point or
[Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: A ←
Specify endpoint of arc or
[Angle/CEnter/Direction/Halfwidth/Line/Radius/Second
pt/Undo/Width]: S ←
Specify endpoint of arc or
[Angle/CEnter/CLose/Direction/Halfwidth/Line/Radius/Second
pt/Undo/Width]: D ←
Specify the tangent direction for the start point of
arc: 45←
Specify endpoint of arc or
[Angle/CEnter/CLose/Direction/Halfwidth/Line/Radius/Second
pt/Undo/Width]: CL←
Keterangan:
From point :
Menanyakan titik awal pembentukan
polyline, yang penentuannya sebagaimana bila menggunakan perintah line.
Current line width is 0.000: Memberitahukan
bahwa garis dalam kondisi lebar nol. Untuk mengubahnya digunakan pwerintah
width.
Halfwidth : memungkinkan membuat setengah lebar polyline
(taper)
Length : memasukkan panjang segmen polyline dengan
sudut sama dengan sudut terakhir
Undo : membatalkan perintah terakhir polyline
Width : memasukkan lebar segmen polyline
Arc : Untuk mengubah bentuk polyline dari bentuk
garis lurus ke bentuk garis lengkung.
Angle : Berfungsi untuk membentuk garis lengkung
dengan prinsip S,A,C; S,A,R dan S,A,E.
Center : Untuk membentuk garis lengkung dengan
prinsip S,C,A; S,C,L; dan S,C,E.
Close :
Untuk membentuk segmen penutup berupa
garis lengkung yang menjadi penghubung titik akhir dan titik awal polyline.
Direction : Untuk membentuk garis lengkung dengan
prinsip S,D,E.
Line : Untuk mengembalikan dari bentuk garis
lengkung ke bentuk garis lurus.
Radius : Untuk membentuk garis lengkung dengan
prinsip S,R,E atau S,E,R
5.
POINT
Perintah
ini berfungsi untuk membentuk titik.
Command:
POINT←
6.
MULTILINE
Digunakan
untuk menggambar garis sejajar (ganda).
7.
BLOCK
Merupakan suatu kelompok objek dengan fasilitas penamaan, dengan block
pemakai dapat menyimpan dan memakai ulang suatu bagian dari gambar atau bahkan
memindahkan bagian tertentu dari gambar ke file lain.
8.
INSERT BLOCK
Menyisipkan
block
Beberapa
perintah block antara lain:
BLOCK :
digunakan untuk membuat satu kelompok
yang mempunyai nama tersendiri dalam file gambar tersebut
WBLOCK :
digunakan untuk memindahkan block ke
suatu file baru, sehingga bisa dimanfaatkan pada file-file gambar yang lain
INSERT :
untuk menampilkan kembali block atau
file block yang telah dibuat
MINSERT :
untuk menampilkan block atau file
block dengan array
9.
HATCH
Perintah Hatch digunakan untuk memberikan arsiran suatu bidang
tertutup. Terdapat beberapa pilihan type arsiran pada AutoCAD yang dapat diubah
oleh pengguna.
Untuk
melakukan pengarsiran dapat dilakukan dua perintah yaitu:
Prosedur
yang umum dilakukan pada perintah yang terdapat pada kotak dialog Hatch:
1. Pilih
jenis arsiran yang dikehendaki (pattern type)
2. Pilih
daerah yang akan diberi arsiran (pick points)
3.
Menampilkan arsiran sementara (preview hatch)
4.
Menerapkan arsiran (apply)
D. Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
|
Kls/smt
|
Kemampuan yang diuji / materi
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
No. soal
|
Menggambar komponen mesin
|
X / 1
|
- Mengaplikasikan
perintah-perintah lanjut menggambar 2D
|
1. Perintah Rectang, Polygon, Ellipes, Pline,
Point, multiline, hacth, text
|
Tertulis
praktek
|
|
Ø Soal
Tugas 1
Soal Buatlah gambar dibawah ini dengan mengikuti
petunjuk/langkah yang telah ada.
Command: limits
Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF]
<0.0000,0.0000>:
Specify upper right corner <17.0000,11.0000>:
210,300
Command: grid
Specify grid spacing(X) or [ON/OFF/Snap/Aspect]
<1.0000>: 10
Command: z
ZOOM
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or
nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window]
<real time>: a
Regenerating model.
Command:
Command: _rectang
Specify first corner point or
[Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: 50,100
Specify other corner point or [Dimensions]: @100,50
Command: ucs
Current ucs name: *WORLD*
Enter an option [New/Move/orthoGraphic/Prev/Restore/Save/Del/Apply/?/World]
<World>: n
Specify origin of new UCS or
[ZAxis/3point/OBject/Face/View/X/Y/Z] <0,0,0>:
Pilih pojok kiri bawah dari kotak
Command: c
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan
tan radius)]: 79,31.5
Specify radius of circle or [Diameter]: 15
Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan
tan radius)]: 10,42.5
Specify radius of circle or [Diameter] <15.0000>: 4
Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan
tan radius)]: 25,42.5
Specify radius of circle or [Diameter] <4.0000>: 4
Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan
tan radius)]: 40,42.5
Specify radius of circle or [Diameter] <4.0000>:
Command:
CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan
tan radius)]: 55,42.5
Specify radius of circle or [Diameter] <4.0000>:
Command: _rectang
Specify first corner point or
[Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: 6,3
Specify other corner point or [Dimensions]: @88,9
Command:
RECTANG
Specify first corner point or
[Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: 6,15
Specify other corner point or [Dimensions]: @53,20
Tugas Lembar
Kerja 1
Buatlah gambar dibawah ini dalam skala 1:1
pada format kertas A4. Perintah yang boleh dipergunakan adalah line, circle,
arc dan fillet.
Tugas Lembar
Kerja 2
Buatlah gambar
dibawah ini dalam skala 1:1 pada format kertas A4. Perintah yang boleh
dipergunakan adalah line, circle, arc dan fillet.
usukan, 14 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Heri Santoso,S.pd.
Yusup
Anis
No comments:
Post a Comment