Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 30 Juni 2012

Poros Penggerak 3

Kegunaan Dan Bagian – Bagian Diferensial
Kegunaan Diferensial :
Menyeimbangkan / mengatur putaran roda kiri dan kanan pada saat membelok

 


1. Poros penggerak ( Propeller  )                                4. Rumah diferensial
2. Roda gigi pinion ( Drive Pinion )                            5. Poros aksel
3. Roda gigi korona ( Ring Gear )                               6. Roda


Kamis, 28 Juni 2012


Kabel merupakan  konduktor digunakan sebagai media mengalirkan listrik. Terdapat beberapa tipe kabel, diataranya:
1) Kabel yang terbungkus isolator tipe pejal dan tipe serabut. Kabel tipe serabut yang paling banyak digunakan pada kelistrikan otomotif. 
2) Kabel tanpa isolator, kabel jenis ini digunakan sebagai kabel bodi/ ground. Kabel ini menghubungkan antara blok mesin dengan bodi/ rangka kendaraan.


Macam kabel

Cek Kondisi Mobil Setelah Melakukan Perjalanan Jauh


5 Daftar Cek Kondisi Mobil Setelah Melakukan Perjalanan Jauh

Berikut daftar cek yang sebaiknya diperhatikan saat Anda membawa mobil ke bengkel rekanan :

breake sytem image

image
image
image
image
image
image
image

image

image
image
image

Selasa, 26 Juni 2012

Poros Penggerak 2

Penggerak Aksel
1.    Bagian – Bagian Penggerak Aksel
1.    Dudukan poros penggerak
2.    Roda gigi pinion ( Drive Pinion )
3.    Roda gigi ( Ring gear )
4.    Diferensial
5.    Poros Aksel
6.    Flens Roda


Senin, 25 Juni 2012

Poros Penggerak


Kegunaan : Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi



1. Poros penggerak ( Poros propeler )
2. Penghubung sudut ( joint )
3. Poros aksel ( Poros roda)


tune up diesel

Tune up diesel
1. ENGINE TUNE UP
2. PERAWATAN BERKALA
3.1 Engine Tune Up
A. Tujuan
· Siswa dapat mengetahui satandart operasional procedure engine tune up
· Siswa dapat menganalisa kondisi kendaraan dan komponen dari kendaraan
· Siswa dapat menggunakan alat ukur
· Siswa dapat melakukan penyetelan

gardan ( diferensial )

differentialSalah satu bagian dari mobil juga bernama diffrential yang oleh montir dinamai gardan. Kerewelan pada bagian ini biasanya dikatakan "gardan bunyi" atau "gardan rontok". Bagian mobil ini memang termasuk paling sulit khususnya menyangkut prosedur penyetelan gigi gardan yang terdiri dari ring gear dan drive pinion. Penyetelan pada bagian ini harus menggunakan alat-alat pengukur seperti timbangan dan cat. Berapa berat gesekan putaran sesuatu bagian setelah dikeraskan dengan kunci juga dalam ukuran kekerasan berapa besar Kg/cm2. Kalau sudah menyangkut penyetelan kedua bagian ini penulis sarankan untuk dikerjakan saja pada bengkel- bengkel dealer atau montir yang sudah berpengalaman dengan catatan mempunyai peralatan lengkap.Permulaan penulis terjun ke bidang perbengkelan mobil yang pertama diuji adalah pekerjaan ini. Gardan dari sebuah Hi Ace yang sudah berulang kali dibawa keluar bengkel, diperintahkan untuk diatasi. Upaya apapun yang dipakai selalu gagal dan ini lebih mempertegas bahwa gardan yang sudah bunyi tidak mungkin bisa diperbaiki lagi. Bagi kita yang penting adalah mengetatahui apa sebenarnya yang menyebabkan sampai gardan rusak. Berikut ini beberapa saran dan petunjuk, perhatikan gambar:

Kamis, 21 Juni 2012

Penyebab Mesin Mobil Panas Berlebih (Overheat)


Panas berlebih atau overheating pada mesin mobil terkadang membuat sebagian orang panik saat mengalaminya, apalagi orang tersebut sangat awam pada bagian kendaraan yang satu ini. Mogoknya mobil menjadi efek umum dari temperatur mesin yang terlalu panas. Lalu, sebenarnya apa penyebab overheating tersebut dan bagaimana mencegahnya?

Rabu, 20 Juni 2012

Rahasia meraih sukses


Rasanya tidak ada kata yang paling diingat oleh manusia kecuali kata sukses dan gagal. Dua kata ini paling diingat karena manusia hidup diantara dua kontinum kata tersebut. Perjalanan hidup manusia adalah perjalanan menuju sukses dan menjauhi kegagalan.
Sukses adalah kondisi dimana Anda berhasil meraih apa yang diidamkan. Sebaliknya, gagal adalah kondisi dimana Anda tidak berhasil meraih apa yang diharapkan. Anda menginginkan kesuksesan dan menghindari kegagalan.

Senin, 18 Juni 2012

AIR PENDINGIN ENGINE



1.       Zat-zat kimia yang tidak boleh ada dalam air pendingin
1.       Calcium
Muncul sebagai senyawa calcium bicarbonate, yang akan membentuk kerak pada saluran air pendingin, sehingga akan mengakibatkan overheat.

2.       Magnesium
Muncul sebagai senyawa magnesium bicarbonate, yang akan membentuk kerak pada saluran air pendingin, sehingga akan mengakibatkan overheat.

Kapasitor dan Induksi


KAPASITOR dan INDUKTOR
Pernahkah anda melihat komponen elektronika seperti ini ?
Ini adalah gambar kapasitor.
Pernah jugakah anda melihat komponen elektronika seperti ini ?
Ini adalah gambar induktor.
Kapasitor dan Induktor merupakan elemen penting dalam peralatan listrik dan elektronika modern, terutama dalam radio,televisi, dan peralatan komunikasi

Pengerindaan Alat Potong


Pendahuluan
Salah satu bentuk kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta pelatihan pada program keahlian teknik permesinan yaitu penguasaan penggerindaan alat potong. Perlu diketahui bahwa alat potong yang dipergunakan dalam kerja mesin itu banyak ragamnya, misalnya pahat bubut, mata bor, dan pisau frais.
Alat potong yang sudah dipakai beberapa kali sejak dari baru tentunya mengalami keausan yang pada akhirnya menjadi tumpul, sehingga perlu untuk ditajamkan lagi. Kegiatan penajaman/ pengasahan alat potong disebut penggerindaan alat potong. Karena alat potong yang akan digerinda itu banyak ragamnya, maka dalam penggerindaan alat potong ini perlu disebutkan nama alat potong yang akan digerinda. Hal ini perlu diketahui agar tidak salah persepsi dari pelatihan yang akan dipelajari oleh peserta pelatihan. Pelatihan pengerindaan alat potong kali ini yaitu penggerindaan pisau frais profil.
gambar
Demikian informasi awal yang perlu diketahui oleh peserta pelatihan agar lebih mengetahui alat potong apa yang akan digerinda/diasah.

Rabu, 13 Juni 2012

Bahaya Rokok


MEROKOK DILIHAT DARI SUDUT PANDANG KEDOKTERAN DAN ISLAM
Bismillahir rohmanir rohim
Merokok adalah kebiasaan buruk sebagian besar orang. Tanpa berpikir panjang dan jernih, mereka menghisap racun yang membunuh diri mereka secara perlahan-lahan. Sudah jelas bahkan, di dalam bungkus rokok itu sendiri sudah tertulis ”Merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin”. Namun, tulisan tersebut seolah-olah hanya hiasan yang memperindah bungkus rokok tersebut. Suatu pertanyaan yang besar, apakah mereka buta huruf sehingga tulisan yang sebesar itu tidak bisa mereka baca?? Ataukah mata mereka sudah buta sehingga tulisan yang sebesar itu tidak dapat mereka lihat????

Senin, 11 Juni 2012

OUTBOUND


Outbound Training Programme adalah program yang dirancang bagi organisasi, perusahaan atau sekolah-sekolah yang ingin meningkatkan atau membangun sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri karyawan dalam suatu perusahaan atau siswa suatu sekolah atau anggota dalam suatu organisasi.

Kegiatan Outbound Training dilakukan di alam terbuka, ini akan membuat kegiatan outbound menjadi lebih menyenangkan dan juga penuh tantangan, sehingga karyawan atau siswa yang mengikuti kegiatan outbound tidak merasa tertekan dan jenuh dengan program outbound tersebut.


Perawatan Wiper dan Washer

Banyaknya curah hujan saat ini membuat wiper dan washer begitu dibutuhkan. Dengan merawat kedua pembersih kaca itu, pengemudi dapat dengan tenang berkendara ketika hujan turun. 

Namun banyak pemilik yang kerap mengabaikan dalam merawat wiper dan washer. Terlebih peralatan ini juga bisa terganggu akibat panas yang menyengat. Namun begitu hujan datang, pemilik mobil baru sadar kalau ada yang tidak beres pada peralatan khusus hujan tadi. 

Hal ini tidak perlu terjadi jika Anda merawatnya. Dan melakukannya pun tidak sulit. Jauh lebih sulit mengemudi waktu hujan dengan peralatan yang tidak beres ketimbang merawatnya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada wiperdan teman-temannya. 

Mengganti Plat Kopling


Mengganti Plat Kopling
           I.                   Bahan
    – 1 unit kendaraan roda empat (mobil)
          II.                Alat
    – Sigmat
    – Obeng plus / min

Rabu, 06 Juni 2012

Jendral Sudirman



(Kader HW Militan)

JENDERAL SUDIRMAN

Nama

Sudirman
Tempat, Tanggal dan Lahir
Bodas Karangjati, Prubalingga, 24 Januari 1916
Agama
Islam
Pendidikan Formal
Sekolah Taman Siswa HIK Muh Solo (tidak tamat)
Pendidikan Tentara
Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor
Pengalaman Organisasi
Kepanduan Hizbul Wathan
Jabatan Militer
Panglima Besar TKR/TNI (Pangkat Jenderal Panglima Divisi V /Banyumas, dengan pangkat Kolonel Komandan Batalyon di Kroya)
Tanda Kehormatan
Pahlawan Pembela Kemerdekaan
Meninggal
Magelang, 29 Januari 1950
Makam
Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta

Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun ia sudah menjadi seorang jenderal. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatarbelakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.
Ketika pendudukan Jepang, ia masuk tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor yang begitu tamat pendidikan, langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Menjadi Panglima Divisi V/ Banyumas sesudah TKR terbentuk, dan akhirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia (Panglima TNI). Ia merupakan Pahlawan Pembela Kemerdekaan yang tidak perduli pada keadaan dirinya sendiri demi mempertahankan Republik Indonesia yang dicintainya. Ia tercatat sebagai Panglima sekaligus Jenderal pertama dan termuda Republik ini.
Sudirman yang dilahirkan di Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916, ini memperoleh pendidikan formal dari Sekolah Taman Siswa, sebuah sekolah yang terkenal berjiwa nasional yang tinggi. Kemudian ia melanjut ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Solo tapi tidak sampai tamat. Sudirman muda yang terkenal disiplin dan giat di organisasi Kepanduan Hizbul Wathan ini kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Kedisiplinan, jiwa pendidik dan kepanduan itulah kemudian bekal pribadinya hingga bisa menjadi pemimpin tertinggi Angkatan Perang.

Sementara pendidikan militer diawalinya dengan mengikuti pendidikan tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor. Setelah selesai pendidikan, ia diangkat menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Ketika itu, pria yang memiliki sikap tegas ini sering memprotes tindakan tentara Jepang yang berbuat sewenang-wenang dan bertindak kasar terhadap anak buahnya. Karena sikap tegasnya itu, suatu kali dirinya hampir saja dibunuh oleh tentara Jepang.
Setelah Indonesia merdeka, dalam suatu pertempuran dengan pasukan Jepang, ia berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Banyumas. Itulah jasa pertamanya sebagai tentara pasca kemerdekaan Indonesia. Sesudah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia kemudian diangkat menjadi Panglima Divisi V/ Banyumas dengan pangkat Kolonel. Dan melalui Konferensi TKR tanggal 2 Nopember 1945, ia terpilih menjadi Panglima Besar TKR/ Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 18 Desember 1945, pangkat Jenderal diberikan padanya lewat pelantikan Presiden. Jadi ia memperoleh pangkat Jenderal tidak melalui Akademi Militer atau pendidikan tinggi lainnya sebagaimana lazimnya, tapi karena prestasinya.

Ketika pasukan sekutu datang ke Indonesia dengan alasan untuk melucuti tentara Jepang, ternyata tentara Belanda ikut dibonceng. Karenanya, TKR akhirnya terlibat pertempuran dengan tentara sekutu. Demikianlah pada Desember 1945, pasukan TKR yang dipimpin oleh Sudirman terlibat pertempuran melawan tentara Inggris di Ambarawa. Dan pada tanggal 12 Desember tahun yang sama, dilancarkanlah serangan serentak terhadap semua kedudukan Inggris. Pertempuran yang berkobar selama lima hari itu akhirnya memaksa pasukan Inggris mengundurkan diri ke Semarang.
Pada saat pasukan Belanda kembali melakukan agresinya atau yang lebih dikenal dengan Agresi Militer II Belanda, Ibukota Negara RI berada di Yogyakarta sebab Kota Jakarta sebelumnya sudah dikuasai. Jenderal Sudirman yang saat itu berada di Yogyakarta sedang sakit. Keadaannya sangat lemah akibat paru-parunya yang hanya tingggal satu yang berfungsi.
Dalam Agresi Militer II Belanda itu, Yogyakarta pun kemudian berhasil dikuasai Belanda. Bung Karno dan Bung Hatta serta beberapa anggota kabinet juga sudah ditawan. Melihat keadaan itu, walaupun Presiden Soekarno sebelumnya telah menganjurkannya untuk tetap tinggal dalam kota untuk melakukan perawatan. Namun anjuran itu tidak bisa dipenuhinya karena dorongan hatinya untuk melakukan perlawanan pada Belanda serta mengingat akan tanggungjawabnya sebagai pemimpin tentara.
Maka dengan ditandu, ia berangkat memimpin pasukan untuk melakukan perang gerilya. Kurang lebih selama tujuh bulan ia berpindah-pindah dari hutan yang satu ke hutan yang lain, dari gunung ke gunung dalam keadaan sakit dan lemah sekali sementara obat juga hampir-hampir tidak ada. Tapi kepada pasukannya ia selalu memberi semangat dan petunjuk seakan dia sendiri tidak merasakan penyakitnya. Namun akhirnya ia harus pulang dari medan gerilya, ia tidak bisa lagi memimpin Angkatan Perang secara langsung, tapi pemikirannya selalu dibutuhkan.
Sudirman yang pada masa pendudukan Jepang menjadi anggota Badan Pengurus Makanan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Keresidenan Banyumas, ini pernah mendirikan koperasi untuk menolong rakyat dari bahaya kelaparan. Jenderal yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi, ini akhirnya harus meninggal pada usia yang masih relTambah Gambaratif muda, 34 tahun.
Pada tangal 29 Januari 1950, Panglima Besar ini meninggal dunia di Magelang dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Ia dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan sekaligus tokoh besar HW.
Pustaka : Ensiklopedi Tokoh Indonesia
selengkapnya dalam BUKU PEDOMAN HW

Dokumentasi bangsa Indonesia

Senin, 04 Juni 2012

7 Tips “Ngebangunin” Tenaga Mesin Yang Lemes


Terkadang kita kesal dengan mesin mobil kita yang kurang bertenaga dan boros, padahal kita sudah merawat mesin dengan standar aturan pabrik yang sudah ditetapkan. Lalu apalagi yang harus dilakukan? Buat M69ners yang merasa mesin mobilnya kurang bertenaga, 7 tips berikut ini mudah-mudahan bisa membantu.


Bahaya Rokok

Bahaya Rokok

Bahaya Rokok bagi kesehatan dan cara berhenti merokok, Rokok adalah benda berbentuk silinder kecil yang dalamnya berisi tembakau yang telah di campur dengan bahan-bahan lain. Rokok dibakar pada ujungnya untuk kemudian dihisab asapnya dan dibuang lagi. Rokok sudah ada sejak jaman dulu, dan sekarang rokok sudah sangat marak. Kadang orang kurang sadar tentang Bahaya rokok, sehingga mereka merokok dengan enak dan santai kapanpun mereka sempat. Sebenarnya banyak cara berhenti merokok, akan tetapi jika didalam hati sang perokok tersebut belum benar-benar niat untuk berhenti,pasti akan kembali merokok lagi.

Sabtu, 02 Juni 2012

Manajemen guru

Tugas pokok seorang guru dalam melaksanakan kewajibannya sebagai aparat negara dan abdi masyarakat di dunia pendidikan adalah :
1. Menyusun Program Pembelajaran yang meliputi :
a. Menyusun Program Tahunan
b. Menyusun Program Semester
c. Menyusun Rencana Program Pembelajaran

2. Melaksanakan Program Pembelajaran dengan dilengkapi administrasi sebagai berikut :
a. Daftar hadir siswa
b. Jurnal pembelajaran
c. Catatan khusus dalam proses pembelajaran


Jumat, 01 Juni 2012

EEK

ELABORASI EKSPLORASI KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN



Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.   Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.