Pages

Ads 468x60px

Monday 16 May 2016

RPP Kontruksi Baterai

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan             :     SMK Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran                    :      Memelihara baterai
Kelas / Semester                :     X / Gasal
Alokasi Waktu                      :     8 x 45 menit
Kompetensi Inti :
1.       Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.
2.       Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan masalah dalam Memelihara baterai.
3.       Mentransformasi diri dalam berperilaku:  teliti,  kritis, disiplin,  dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan tugas  Memelihara baterai.
4.       Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli lingkungan dalam melakukan tugas dan pekerjaan  Memelihara baterai.
5.       Menjelaskan fungsi baterai dalam otomotif
6.       Mengidentifikasikan kontruksi baterai
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Kontruksi baterai
Memelihara baterai

Menerangkan konstruksi baterai sesuai konsep dasar batterai

A.        Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, pendalaman materi dan diskusi, peserta didik dapat:
1.         Menjelaskan fungsi baterai
2.         Menjelaskan pengertian baterai
3.         Menjelaskan kontruksi baterai
B.        Materi Pembelajaran
1.         Kontruksi Baterai
2.         Pengertian baterai
C.      Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan   :     Saintifik (Scientific)
2.       Strategi            :     Cooperative learning
3.       Model               :     Problem Based Learning
4.       Metode           :     Ceramah, diskusi
D.      Alat, Media dan Sumber Belajar
1.       Alat                    : LCD proyektor, Komputer, whiteboard, alat tulis
2.       Media               : Power point
---------- 2012. New Step 1 Training Manual. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor Traning Center
E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan

-  Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-  Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-  Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-  Guru memberikan apersepsi.
-  Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
10 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-  Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang baterai
-  Guru mengarahkan siswa untuk menyebitkan kontruksi baterai.
-  Guru mengarahkan siswa untuk menjelaskan fungsi komponen-komponen baterai.
-  Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar kontruksi baterai dan komponennya.
Elaborasi :
-  Siswa menulis penjelasan pringsip kerja dan fungsi baterai.
-  Siswa menulis komponen-komponen baterai
-  Siswa bekerja keras menggambar kontruksi baterai.
Konfirmasi :
-  Guru mengecek pekerjaan siswa.
-  Siswa mengambar kontruksi baterai dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-  Guru bersama siswa membahas fungsi baterai pada kendaraan.
-  Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-   Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.
160 menit
Penutup
-  Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-  Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-  Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-  Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-  Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
10 menit

Pertemuan 2
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan

-  Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-  Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-  Guru menyampaikan tugas observasi untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-  Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
10 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-  Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang baterai pada sepeda motor siswa.
-  Guru mengarahkan siswa untuk melakukan observasi.
-  Secara komunikatif guru mengarahkan siswa menggambar menulis kode dan merk baterai.
Elaborasi :
-  Siswa menulis hasil observasi.
Konfirmasi :
-  Guru mengecek pekerjaan siswa.
-  Guru bersama siswa membahas hasil observasi baterai pada kendaraan.
160 menit
Penutup
-  Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-  Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-  Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
10 menit


1.         Teknik dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
Ø  Pengetahuan
Ø  Tes tertulis
Ø  Pengamatan sikap
Ø  Lembar pengamatan sikap dan rubrik

F.       Ringkasan Materi
KONTRUKSI BATERAI

A.        Definisi Baterai dan Fungsi Baterai
Baterai adalah alat elektro kimia yang dibuat untuk mensuplai listrik ke komponen kelistrikan. Baterai menyimpan listrik dalam bentuk energy kimia. Karena dalam pemakaiannya baterai kehilangan energy kimia, maka alternator mensuplainya kembali ke dalam baterai ( disebut system pengisian). Siklus pengisian dan pengeluaran ini berlangsung terus-menerus.
bila kita amati lebih detail maka fungsi baterai adalah:
1.       Saat mesin mati sebagai sumber energi untuk menghidupkan asessoris, penerangan, dsb.
2.       Saat starter untuk mengidupkan sistem starter
3.       Saat mesin hidup sebagai stabiliser suplai listrik pada kendaraan, dimana pada saat hidup energi listrik bersumber dari alternator.

B.        Kontruksi Baterai
Dalam satu baterai terdiri dari beberapa sel baterai, tiap sel menghasilkan tegangan 2 - 2,2 V. Baterai 6 V terdiri dari 3 sel, dan baterai 12 V mempunyai 6 sel baterai yang dirangkai secara seri.






1.         Elemen Baterai
Tiap sel baterai terdapat plat positif dan plat negative yang dibatasi oleh Separator. Penyusunan plat seperti ini tujuannya memperbesar luas singgungan antara bahan aktif dan elektrolit agar listrik yang dihasilkan besar.






2.         Elektrolit
Elektrolit baterai merupakan campuran antara air suling (H2O) dengan asam sulfat (SO4), komposisi campuran adalah 65 % H2O  dan dan 35 % SO4, dari campuran tersebut diperoleh elektrolit baterai dengan berat jenis 1,260. Sedangkan komposisi campuran adalah 63 % H2O  dan dan 37 % SO4, dari campuran tersebut diperoleh elektrolit baterai dengan berat jenis 1,280.
 

                        

                                                                                        


3.         Kotak Baterai
Wadah yang menampung elektrolit dan elemen baterai disebut kotak baterai. Ruangan didalamnya dibagi menjadi ruangan sesuai dengan jumlah selnya. Pada kotak baterai terdapat garis tanda upper level  dan lower level , sebagai indicator jumlah elektrolit.



4.         Sumbat Ventilasi
Sumbat ventilasi ialah tutup untuk lubang pengisian elektrolit. Sumbat ini juga berfungsi untuk memisahkan gas hidrogen (yang terbentuk saat pengisian) dan uap asam sulfat di dalam baterai dengan cara membiarkan gas hidrogen keluar lewat lubang ventilasi, sedangkan uap asam sulfat mengembun pada tepian ventilasi dan menetes kembali ke bawah.



G.     Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø  Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
Kls/smt
Kemampuan yang diuji / materi
Indikator
Bentuk Tes
No. soal
Memelihara baterai
X / 1
Kontruksi baterai
1.  Fungsi baterai
2.  kontuksi baterai
Pilihan ganda


Ø  Soal
1.    Dalam pemakaiannya baterai akan kehilangan energi kimia, maka pada kendaraan bermotor diperlukan komponen yang mampu mensuplai listrik kembali ke dalam baterai yang disebut dengan …


a.    motor stater
b.    komutator
c.     alternator
d.    karburator
e.    rotor



2.    Berfungsi sebagai pembatas plat positif dan plat negatif pada tiap sel baterai, adalah …


a.    case
b.    separator
c.     plate
d.    cells
e.    vent caps



3.    Berikut adalah campuran elektrolit baterai yang tepat adalah …


a.    H2O dengan SO4
b.    H2O dengan CO4
c.     H2O dengan CO2
d.    Hg dengan SO4
e.    Hg dengan SO4



4.    Komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan gas hydrogen yang terbentuk saat pengisian adalah …


a.    Separator
b.    cell
c.     elemen baterai
d.    sumbat ventilasi
e.    elektrolit



5.    Pada kotak baterai terdapat garis tanda upper level  dan lower level, sebagai …


a.    pengukur tegangan
b.    pembatas antar separator
c.     memisahkan gas hydrogen
d.    wadah penampung elektrolit
e.    indicator jumlah elektrolit




Tugas 1
Isilah table berikut ini dengan cara  observasi pada bengkel atau membaca buku pedoman kendaraan:
No
Merk dan tipe kendaraan
Spesifikasi Baterai yang digunakan
Sumber Informasi
1



2



3



4



5



6



7





Susukan, 14 Juli 2014
Mengetahui                                                                                                                                
Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mapel


Heri Santoso,S.pd.                                                                                                                           Yusup Anis


No comments:

Post a Comment