Pages

Ads 468x60px

Monday 16 May 2016

RPP MKE Sifat-sifat energi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      :     SMK Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran             :      Mesin Konversi Energi
Kelas / Semester          :     X / Gasal
Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit

Kompetensi Inti :
a.         Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.


b.        Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan masalah dalam Memelihara baterai.
c.         Mentransformasi diri dalam berperilaku:  teliti,  kritis, disiplin,  dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan tugas  mesin konversi energi.
d.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli lingkungan dalam melakukan tugas dan pekerjaan  Mesin Konversi Energi.
e.        Menjelaskan definisi Mesin Konversi Energi
f.          Menjelaskan bentuk-bentuk energy

Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Proses MKE
Sifat-sifat Energi
Mengenal pringsip Mesin Konversi Energi

A.        Tujuan Pembelajaran
a.     Menjelaskan ciri-ciri proses mesin konversi energi dengan benar.
b.    Menjelaskan bentuk-bentuk energi yang ada di alam dengan benar
c.     Menjelaskna sifat-sifat energy

B.        Materi Pembelajaran
a.     Pringsip dasar mesin konversi energi
b.    Sifat-sifat energi

C.        Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
a.     Pendekatan   :     Saintifik (Scientific)
b.    Strategi            :     Cooperative learning
c.     Model               :     Problem Based Learning
d.    Metode           :     Ceramah, diskusi, observasi

D.        Alat, Media dan Sumber Belajar
a.     Alat                    : LCD proyektor, Komputer, whiteboard, alat tulis
b.    Media               : Power point / Ms Word
                            2012. New Step 1 Training Manual. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor Traning Center

E.         Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan

-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
10 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-      Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi tentang Mesin Konversi Energi
Elaborasi :
-      Siswa menulis penjelasan proses mesin konversi energi
Konfirmasi :
-      Guru menjelaskan prosedur terjadinya proses mesin konversi enerrgi.
-      Siswa menyebutkan bentuk-bentuk energy beserta contohnya dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang menjawab soal dengan benar dan tepat.
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.
160 menit
Penutup
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
10 menit

F.         Teknik dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
Pengetahuan
Tes tertulis

C.      Ringkasan Materi
MESIN KONVERSI ENERGI

DEFINISI
Mesin Konversi Energi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan panas dengan kerja.
Fluida Kerja adalah zat alir yang dipakai pada benda kerja.
Contoh :
Kompresor flluida (zat yang dialirkan) adalah udara
Pompa fluida (zat yang dialirkan) adalah cairan

BENTUK-BENTUK ENERGI
Energi adalah suatu besaran turunan dengan satuan N.m atau Joule. Energi dan kerja mempunyai satuan yang sama. Sedangkan kerja dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memindahkan benda sejauh S (m) dengan gaya F (Newton). Sedang bentuk-bentuk energi lain sebagai berikut :
1.       Energi Kinetik ; energi suatu benda karena bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh , mobil yang bergerak, benda jatuh dan lain-lain.
2.       Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukannya. Sebagai contoh, energi potensial air adalah energi yang dimiliki air karena ketinggiannya dari permukaan.
3.       Energi potesial pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan pegas untuk berada pada kedudukan tertentu karena penarikan pegas.
4.       Energi mekanik adalah energi total yaitu penjumlahan antara energi kinetik dengan energi potesial.
5.       Energi mekanik pada benda-benda yang berputar misalnya poros mesin-mesin fluida (turbin, pompa, atau kompresor) dinamakan Torsi, yaitu energi yang dbutuhkan atau dihasilkan benda untuk berputar dengan gaya sentrifugal F dimana energi tersebut pada r tertentu dari pusat putaran.
6.       Energi Aliran atau kerja aliran adalah kerja yang dilakukan oleh fluida yang mengalir untuk mendorong sejumlah massa m ke dalam atau ke luar sistem
7.       Panas (Q) yaitu energi yang ditransfer ke atau dari subtansi karena perbedaan temperatur

SIFAT ENERGI
Energi di alam adalah kekal artinya energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan tetapi hanya dapat diubah dari energi satu ke energi lainnya (Hukum kekekalan energi).
Ilmu yang mempelajari perubahan energi dari energi satu ke lainnya disebut dengan ilmu konversi energi.
sifat-sifat energi secara umum adalah :
1.       Transformasi energi, artinya energi dapat diubah menjadi bentuk lain, misalkan energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin








2.       Transfer energi, yaitu energi panas (heat) dapat ditransfer dari tempat satu ke tempat lainnya atau dari material satu ke material lainnya.







3.       Energi dapat pindah ke benda lain melalui suatu gaya yang menyebabkan pergeseran, sering disebut dengan energi mekanik






D.      Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø  Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
Kls/smt
Kemampuan yang diuji / materi
Indikator
Bentuk Tes
No. soal
Proses MKE
X / 1
Pringsip MKE
1.  Sifat-sifat energy
2.  Bentuk-bentuk energi
Pilihan ganda


Ø  Soal
1.         Mesin Konversi Energi adalah ilmu yang mempelajari hubungan panas dengan …


a.     mesin
b.    panas
c.     kerja
d.    beban
e.    air



2.         Suatu zat alir yang dialirkan pada benda kerja disebut …


a.     air
b.    angin
c.     minyak
d.    fluida
e.    kerja



3.         Suatu besaran turunan dengan satuan N.m atau Joule disebut …


a.     massa
b.    gaya
c.     tegangan
d.    jarak
e.    energy



4.         Salah satu Sifat energi dapat diubah menjadi bentuk lain, misalkan energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin disebut …


a.     transfer energi
b.    energy mekanik
c.     energy dalam
d.    energy alami
e.    transformasi energy



5.         Energi dapat pindah ke benda lain melalui suatu gaya yang menyebabkan pergeseran, disebut …


a.     energy mekanik
b.    transfer energy
c.     transformasi energy
d.    energy kalor
e.    energy aliran



esay
tuliskan penjelasan bentuk-bentuk energy dibawah ini :
1.         Energi Kinetik ; energi suatu benda karena bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh , mobil yang bergerak, benda jatuh dan lain-lain.
2.         Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukannya. Sebagai contoh, energi potensial air adalah energi yang dimiliki air karena ketinggiannya dari permukaan.
3.         Energi potesial pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan pegas untuk berada pada kedudukan tertentu karena penarikan pegas.
4.         Energi Aliran atau kerja aliran adalah kerja yang dilakukan oleh fluida yang mengalir untuk mendorong sejumlah massa m ke dalam atau ke luar sistem
5.         Panas (Q) yaitu energi yang ditransfer ke atau dari subtansi karena perbedaan temperatur

Susukan, 14 Juli 2015
Mengetahui                                                                                                                                
Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mapel



Heri Santoso,S.pd.                                                                                                                           Yusup Anis

No comments:

Post a Comment