Pages

Ads 468x60px

Tuesday 3 April 2012

Regulator

Fungsi regulator
clip_image004_thumb1mengatur besar arus listrik yang masuk ke dalam rotor coil sehingga tegangan yang dihasilkan oleh alternator tetap constant (sama) menurut harga yang telah ditentukan walaupun putarannya berubah-ubah
untuk mematikan tanda dari lampu pengisian, lampu tanda pengisian akan secara otomatis mati apabila alternator sudah menghasilkan arus listrik
clip_image002_thumb2
Factor-faktro yang mempengaruhi besarnya tegangan induksi :
1. Kecepatan rotor berputar
2. Kekuatan magnet pada rotor
3. Jumlah kumparan stator

KONTRUKSI REGULATOR
Pada umumnya regulator terdiri dari dua bagian, yaitu :
1. Relay regulator/voltage relay/cut out relay
Fungsi : untuk mencegah arus terbalik dari baterai ke alternator ketika alternator dimatikan atau tegangan yang dihasilkan lebih kecil dari tegangan baterai.
clip_image006_thumb6Cara kerja relay regulator
Pada saat alternator sudah mulai berputar dan tegangan yang dibangkitkan mencapai tegangan pengisian, inti kumparan menjadi magnet yang kuat, sehingga cukup kuat untuk melawan tarikan pegas dan kontak akan tertutup. Dengan demikian, tenaga listrik yang dibangkitkan alternator akan mengalir ke dalam baterai sebagai arus pengisian. Apabila kecepatan menurun, maka tegangan listrik pun akan turun, sehingga kemagnetan pada inti kumparan akan menjadi lemah dan tidak cukup untuk melawan tarikan pegas, akibatnya kontak akan terbuka. Sehingga mencegah adanya arus balik dari baterai. Hal ini ditandai dengan lampu tanda CHG hidup.
2. Voltage regulator
Fungsi : untuk menjaga agar tegangan listrik yang dihasilkan tetap konstan
Cara kerja voltage regulator
clip_image008_thumb2Apabila tegangan listrik naik terlalu tinggi, kemagnetan pada voltage coil cukup kuat untuk menarik tuas kontak sehingga terbuka. Akibatnya arus listrik yang mengalir kedalam field coil dibatasi oleh tahanan R, sehingga tegangan yang dibangkitkan oleh alternator akan turun. Jika tegangan listrik turun sampai dibawah harga normal maka kemagnetan pada voltage coil menjadi lemah dan kontak kembali menutup karena adanya tarikan pegas, mengakibatkan tegangan listrik naik kembali.

No comments:

Post a Comment