Pages

Ads 468x60px

Friday 13 April 2012

Mekanisme Katup

        Mesin 4 Tak mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Mekanisme membuka dan menutup katup-katup ini disebut mekanisme katup. Berikut adalah tipe mekanisme katup yang banyak dibuat pabrik :

  • Tipe Over Head Valve (OHV)
          Kontruksi sederhana dan high reliability. Penempatan cam shaftnya pada blok silinder, dibantu dengan valve lifter dan push rod atara rocker arm.


  • Tipe Over Head Camshaft (OHC)

        Camshaft ditempatkan di atas kepala silinder, dan cam langsung menggerakkan rocker arm melalui rantai atau belt yang digerakkan oleh poros engkol. Kemampuan pada kecepatan tinggi baik, karena katup-katup membuaka dan menutup lebih tepat pada kecepatan tinggi.




  • Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)

           Dua camshaft ditempatkan pada kepala silinder, satu untuk menggerakkan katup masuk dan yang lainnya untuk menggerakkan katup buang. dua camshaft digerakkan langsung dengan sebuah sabuk (singel drive belt directly) atau hanya exhaust camshaft digerakkan langsung dengan satu sabuk (belt), dan intake camshaft digerakkan oleh exhaust camshaft melalui sebuah roda gigi.


No comments:

Post a Comment