Pages

Ads 468x60px

Sunday 1 April 2012

WINDOWS LIVE WRITER

CARA MENGGUNAKAN WINDOWS LIVE WRITER 

Maksudnya, blogging (menulis blog) kapan dan dimana saja karena tidak harus online dan login, dan yang pasti lebih hemat. Pada awalnya sih, saya punya cara sendiri, yaitu dengan mengetik postingan di Microsoft Word, dan kalau sudah selesai baru di copy pada text editor (new entry-bagian HTML), terus di publish. Tapi untuk upload foto, mengatur jenis atau warna text, menambah link, dll. Saya harus dalam keadaan online tentunya.
Tapi… baru tau (maklum blogger pemula amatiran pula he…he…he…), ternyata software untuk masalah seperti itu sudah banyak bertebaran di internet. Salah satunya adalah "Windows Live Writer", ada sih tool yang lain dengan fungsi yang sama, seperti "Post2blog", ScribeFire, "Zoundry", "W.bloggar", "flock", dan Blogdesk, tapi yang paling bagus dan lagi booming adalah "Windows Live Writer". untuk mendownload installer “WLW”, silahkan klik DI SINI.


Kalau sudah men-download, kemudian install, tapi kita harus dalam keadaan terhubung (online).

Setelah berhasil menginstall, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun blogmu, agar pada saat mem-publish. Secara otomatis akan ter-publish di blogmu.

Untuk mendaftar (membuat akun) kita juga harus dalam keadaan online. Pertama-tama klik “Blogs” kemudian pilih “Add blog account”.


Setelah itu, akan muncul sebuah window untuk memilih “blog service”.

kalau kamu belum punya blog, pilih yang pertama, “I don’t have a blog; create one on Windows live for me”. Tapi kalau sudah punya blog (di blogger, wordpress, typepad, dll), maka pilih Other blog service, kemudian klik “Next>”,

kemudian menambah akun, yaitu memasukkan alamat blog, username, dan password.

kemudian klik “Next>”.

lalu akan muncul window, yang sedang memproses/menganalisa alamat blog, email, dan passwordmu.

Kalau sudah selesai dianalisa, klik “Next>”.

lalu, pilih tipe blogmu (blogger, atau wordpress, atau yang lainnya),

Setelah memilih tipe blog, klik “Next>”,

Kemudian akan muncul, window yang sedang memproses/mendownload “tema blog editor”,

Setelah proses download selesai, klik “Next>”, maka akan muncul window yang seperti di bawah ini, lalu klik “Finish”.

Selesai deh…

Tampilan “WLW” hampir sama dengan editor yang ada di blog pada saat kita online. jadi, kita bisa mengatur, jenis dan warna font, memasukkan gambar dan script (HTML) dll. dan apabila proses pengetikan/penulisan sudah selesai. Baru deh…, kita online, untuk mempublikasikan postingan yang sudah kita selesaikan. Caranya klik “publish” pada menubar, atau klik “File” terus pilih “publish to blog”. maka secara otomatis postingan tersebut akan ter-publish/ter-upload termasuk gambar-gambarnya (jadi kita tidak perlu meng-upload gambar satu-persatu).

Catatan: kalau mau menampilkan HTML postingan klik "view", kemudian pilih "Source". dan untuk mengembalikannya klik "view", kemudian pilih "Edit".

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil, dan Semoga Bermanfaat!!!

Sumber

No comments:

Post a Comment