Pages

Ads 468x60px

Saturday 14 April 2012

Differential No Spin

Baru baru ini PT Toyota-Astra Motor mengeluarkan part yang bernama Differential No Spin, part tesebut sengaja diluncurkan ke after market dengan tujuan meningkatkan kemampuan Operasi Dyna, khusunya tipe HT yang sehari hari lebih banyak beroperasi di jalan Off Road. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dan kegunaan part tersebut lihat penjelasan di bawah ini:


Salah satu contoh masalah yang dihadapi pelanggan adalah ketika kendaraan mengalami salah satu roda belakangnya kendaraan terpatter, terperosok (slip). Pada kondisi ini roda yang terpatter akan berputar di tempat, sementara roda yang lain tidak berputar sama sekali sehingga si pengemudi memaksakan diri keluar dari kondisi tersebut dengan menekan pedal gas berulang-ulang dalam putaran roda yang cukup tinggi.
Dalam hal ini yang terjadi adalah putaran kedua poros roda berbeda; pada poros roda yang terpatter (terperosok) akan berputar lebih cepat dan roda yang sebelah diam, dan kendaraan tidak dapat lepas begitu saja setelah beberapa saat. Selain dapat berdampak terjadinya keausan pada komponen Differential kondisi tersebut menyebabkan pelanggan kehilangan banyak waktu untuk mengatasinya. Pada kondisi seperti ini lah No Spin Differential diperlukan.
No Spin Differential adalah suatu komponen yang menggantikan komponen Spider, Side Gear dan Planetary Gear berfungsi mencegah terjadinya problem Differential seperti tersebut di atas.
Fungsi Utama No Spin Differential:
  1. Mencegah kendaraan kehilangan momen di segala kondisi pengendaraan.
  2. Mencegah roda slip dan kehilangan daya bila salah satu roda kehilangan traksi (terperosok)
  3. Membedakan putaran roda belakang saat kendaraan berbelok atau berjalan dipermukaan yang tidak rata.
  4. Sesuai dengan namanya, komponen ini mengunci Poros Roda kiri dan kanan berdasarkan beda putaran yang terjadi pada poros kiri dan kanan.
Cara Kerja No Spin Differential:
Pada saat kendaraan berbelok atau salah satu roda belakang melewati jalan tidak rata, maka roda belakang bagian luar atau roda yang melewati jalan tidak rata harus menempuh jarak yang lebih jauh, yang berarti kecepatan lebih cepat dari roda belakang sisi lainnya. Pada situasi ini No Spin Differential akan membedakan putaran roda belakang secara otomatis.
Pada kondisi tersebut Inside Driven Clutch akan tetap menempel dengan Spider memutarkan roda belakang sisi dalam, Sementara Outer Driven Clutch terlepas secara otomatis dari Spider sehingga mengakibatkan roda belakang sisi luar berputar bebas. Saat kendaraan berjalan lurus kembali setelah berbelok, Outside Driver Clutch terhubung kembali dengan Spider sehingga kedua roda belakang berputar dengan kecepatan yang sama.
Tanpa No Spin
Poros Roda yang terperosok akan berputar sementara sisi yang lain diam.
Dengan No Spin
Kedua poros Roda tetap berputar kendati salah satu roda terperosok atau slip.
Dengan adanya part ini diharapkan operasional Dyna tidak terganngu karena kondisi jalan yang berlumpur, sehingga produk tifitas pengguna Dyna meningkat.

Sumber www.toyota.co.id

No comments:

Post a Comment