Pages

Ads 468x60px

Monday 11 June 2012

Mengganti Plat Kopling


Mengganti Plat Kopling
           I.                   Bahan
    – 1 unit kendaraan roda empat (mobil)
          II.                Alat
    – Sigmat
    – Obeng plus / min

Kunci momen satu set ( kunci shok)
Kuas
Majun
Dongkrak putar
Gemuk
Alat untuk penyentral plat kopling
III.             Tujuan
Bisa memeriksa 1 unit bagian kopling
Bisa membongkar dan memasang system kopling
Bisa mengetahui cara kerja kopling
Bisa mengetahui plat kopling,cluth cover masih layak atu layak atau tidak dipakai.
Menambah pengalaman dalam dunia Otomotif
IV.             Langkah Kerja
i.                    Pembongkaran
Lepas bagian – bagian yang menghalangi untuk membongkar kopling .
Lepaskan kabel yang menempel pada tranmissi dan lepas As roda ,Steering linkage yang menempel pada roda,Stabilizer- bar
Apabila plat koplingnya ada didepan harus membuka rem cakram yang sebelah kiri.
Buka baud yang mempel pada tranmissi
Setelah terbuka pisahkan tranmissi dan kopling
Periksa cluth dish dan cluth cover apakah layak atau tidak untuk di pakai
Apabila plat kopling dan cluth cover sudah aus .di wajibkan harus diganti
Bersihkan bagian kopling yang kotor dengan menggunakan kuas
ii.                  Pemasangan
Pasang plat kopling dan cluth cover dengan lurus menggunakan senter kopling .
Apabila sudah lurus kencangkan dengan baut menggunakan kunci yang pas
Pasang tranmissi kembali dengan rapih apabila sudah bersih dari debu
Pasang kembali komponen- komponen yang di lepas dengan rapih seperti kabel yang menempel di tranmissi, As roda ,Stabilizer bar dan lain sebagainya.
Pasang roda / ban dengan menggunkan kunci roda
V.                Hasil Pemeriksaan
Pemeriksaan yang dikerjakan dalam pemeliharan kopling, apabila cluth dish dan cluth cover sudah aus maka itu harus dig anti dengan yang baru.
VI.             Kesimpulan
Dalam pemeliharan system kopling harus dengan cermat menentukan bagian yang harus diganti karena kopling bertujuan untuk memutus dan menyambungkan putaran mesin. Tranmissi otomatis terdiri 3 bagian yaitu; Torque converter, Planetary gear unit, dan Hydraulic control unit.

No comments:

Post a Comment