Pages

Ads 468x60px

Monday 4 June 2012

7 Tips “Ngebangunin” Tenaga Mesin Yang Lemes


Terkadang kita kesal dengan mesin mobil kita yang kurang bertenaga dan boros, padahal kita sudah merawat mesin dengan standar aturan pabrik yang sudah ditetapkan. Lalu apalagi yang harus dilakukan? Buat M69ners yang merasa mesin mobilnya kurang bertenaga, 7 tips berikut ini mudah-mudahan bisa membantu.


1. Meningkatkan Rasio Kompresi

Semakin tinggi kompresi semakin besar pula tenaga yang dihasilkan, biasanya hal ini dilakukan dengan cara melakukanporting pada kepala silinder. Hanya saja semakin tinggi kompresi sebuah mesin, semakin tinggi pula kadar oktan bensin yang dibutuhkan untuk mencegahnya gejala ngelitik / knocking.

2. Meningkatkan Kapasitas Mesin

Semakin besar kapasitas, semakin besar pula tenaga sebuah mesin karena kemampuan membakar campuran udara dan bahan bakar yang lebih banyak. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan over size lubang silinder dan atau melakukan stroke up dimana kapasitas mesin otomatis meningkat setelah melakukan praktek ini.

3. Meningkatkan Pasokan Bensin

Masuknya bensin ke ruang bakar sudah diperhitungkan secara tepat oleh sistem ECU mobil (untuk mobil injeksi) agar didapat pembakaran yang cukup efisien, namun bila diperlukan tenaga lebih maka diperlukan pengaturan ulang sistem bahan bakar yang pas agar tetap terjadi pembakaran yang efisien namun tetap bertenaga. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah tekanan pada sistem bahan bakar sampai melakukan program ulang ECU mobil Anda dengan menggunakan piggy back. Selain mengatur ulang bahan bakar, pengapian pun ikut pula disempurnakan.

4. Menambah Udara Masuk

Penambahan udara masuk ke ruang bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin, biasanya dilakukan dengan menambah perangkat turbo atau supercharger. Namun, penambahan komponen ini pada mesin standar biasanya diikuti dengan penggantian beberapa komponen mesin yang daya tahannya lebih kuat.

5. Mendinginkan Udara Masuk

Mobil yang dilengkapi dengan turbo atau supercharger  akan menyebabkan peningkatan suhu udara masuk. Untuk mendinginkan udara masuk, biasanya ditambahkan perangkatintercoolerIntercooler adalah radiator yang dirancang khusus untuk mendinginkan udara yang melewatinya. Udara dengan temperatur yang lebih rendah akan lebih padat, sehingga pembakaran akan lebih baik karena oksigen yang terkandung lebih banyak.

6. Memperlancar Aliran Udara

Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan  polish pada intake manifoldagar tahanannya berkurang pada saat 2 katup masuk terbuka. Atau dengan cara mengganti saringan udara yang lebih besar agar mampu memperlancar masuknya udara.

7. Memperlancar Saluran Gas Buang

Bila saluran gas buang terlalu kecil akan menghambat tenaga yang sudah dihasilkan mesin. Maka dari pada itu memperbesar saluran gas buang akan memperlancar aliran serta menekan terjadinya back pressure. Efeknyatenaga akan meningkat. Namun perlu diingat, memperbesar saluran gas buang juga harus disesuaikan dengan kondisi dan spesifikasi mesin.

No comments:

Post a Comment