Pages

Ads 468x60px

Tuesday 3 July 2012

Poros Penggerak Aksel Independen

1. Poros sama panjang



1.    Poros aksel kanan
2.    Poros aksel kiri
3.    Penggerak aksel
4.    Poros propeller


Penggunaan                        : Pada kendaraan dengan penggerak

·         Roda depan motor memanjang
·         Roda belakang motor didepan arah memanjang

Konstruksi                          : Dapat dibuat pejal

Bahan                                 : Baja yang diperkeras dengan ketelitian tinggi




2. Poros Tidak Sama Panjang


1.    Roda kiri
2.    Poros aksel kiri
3.    Penggerak aksel
4.    Poros aksel kanan


Penggunaan              : Pada kendaraan dengan penggerak roda
                                        depan motor didepan melintang

Konstruksi                 : · Poros aksel kiri pejal
                                      · Poros aksel kanan sebagai bentuk pipa




Bahan                                    : Baja yang diperkeras dengan ketelitian tinggi




3.    Penghubung Tetap ( Penghubung Bola )


1.    Poros dudukan roda
2.    Mangkuk dan alur pnghubung
3.    Pemegang bola
4.    Bola penghubung
5.    Dudukan bola
6.    Karet penutup
7.    Vet graphit
8.    Poros aksel


Cara kerja



·         Kendaraan mendapat pembebanan atau berjalan pada permukaan jalan yang berlubang
·         Akibatnya poros aksel harus membentuk sudut
·         Penghubung bola mengatasi perubahan sudut maksimum 500  (boal dapat bergerak sepanjang alur)
Sifat                : Roda dan poros aksel dapat berputar stabil (Constant Velocity)
Penggunaan            : Sambungan luar poros penggerak
Pelumas        : Menggunakan vet graphite (Vet khusus dari pabrik)

4.    Penghubung Tidak Tetap / Luncur (Penghubung Pot)



1.    Poros penghubung ke diferensial
2.    Baut pengikat flens penghubung
3.    Penghubung pot
4.    Poros penggerak
5.    Karet penutup
6.    Vet ( Pelumas )

Cara kerja




Saat kendaraan mendapat pembebanan atau berjalan pada jalan yang berlubang/bergelombang maka roda akan naik dan turun
Terjadi perubahan jarak antara penggerak aksel dan roda ( A )
Perubahan tersebut diatasi oleh penghubung pot ( sudut )

Sifat                : Stabil pada kedua poros yang terhubung dengan pembentukan sudut
  maximum 500 ( Constant Velocity )
Penggunaan            : Sambungan dalam poros penggerak
Pelumas        : Menggunakan vet graphite ( Vet khusus yang telah terisi dari pabrik
                           pembuat poros )

No comments:

Post a Comment