Pages

Ads 468x60px

Monday 9 July 2012

Diferensial



  1.     BAGIAN-BAGIAN         :
        1.      Rumah diferensial
        2.      2 atau 4 gigi kerucut antara / penyesuai
        3.      Poros gigi kerucut antara
        4.      Roda korona
        5.      2 roda gigi kerucut samping / matahari
        6.      Poros aksel
        7.      Pinion



2. Fungsi           :



Gigi antara ( gigi penyesuai ) dapat membuat perbedaan putaran roda kiri dan kanan sesuai dengan sifat jalan kendaraan



3. Cara Kerja    :



Kendaraan jalan lurus ( diferensial tidak bekerja )
     ·         Gigi rak A berhubungan dengan roda P1 dan gigi rak B berhubungan dengan roda P2
      ·         Gigi rak A dan gigi rak B dihubungkan oleh roda gigi antara / penyesuai
      ·         Lengan T berhubungan dengan poros roda penyesuai
      ·         Beban / koefisien gesek P1=P2 dan lengan ( T ) diberi gaya sebesar FT
     ·         Maka roda gigi penyesuai tidak berputar pada porosnya tetapi akan membawa gigi rak A dan B bergerak bersama-sama

Diferensial tidak bekerja  :
              NP1 = NT = Np2
Kendaraan belok kanan
      ·         Beban koefisien gesek P1< P2 dan lengan (T) diberi gaya sebesar FT
      ·         Roda P1 digerakkkan oleh poros penyesuai ditambah putaran roda gigi penyesuai
      ·         Roda P2 digerakkan oleh poros penyesuai dikurangi putaran roda gigi penyesuai
ånP belok  =  ånP lurus

Diferensial bekerja  :
Putaran roda korona “T” tetap berputarnya roda gigi penyesuai menyebabkan perbedaan putaran roda 






4. Pengunci diferensial


Koefisien gesek roda kiri dan kanan berbeda misal salah satu roda jalan pada lumpur atau basah maka roda dengan koefisien rendah mulai slip dan roda dengan koefisien besar diam, Akibatnya tetap berhenti dengan salah satu roda berputar / slip




Dengan terkuncinya salah satu poros aksel dengan rumah diferensial maka tidak akan terjadi slip salah satu roda (Mencegah) slip salah satu roda saat roda kiri dan kanan koefisien geseknya tidak sama
Setelah kendaraan sudah keluar dari lumpur pengunci harus dilepas, jika lupa penggerak aksel bisa pecah.



5. Sistem Penggerak Pengunci Dan Cara Kerja

Cara Kerja     :
·                Saat pengunci bebas diferensial bekerja seperti biasa
·                Roda slip, lengan pengunci ( 4 ) ditarik ke kiri
·                Pengunci ( 2 ) bergerak ke kanan dan menghubung ke rumah diferensial ( 3 )
·                Putaran poros penggerak ( 1 ) terhubung dengan rumah diferensial ( 3 ) oleh pengunci ( 2 ), ( gigi penyesuai tidak dapat berputar pada porosnya )
·                Poros Penggerak kanan dan kiri berputar bersama - sama dengan rumah diferensial ( n1=n3 )
·                Untuk melepas lengan didorong ke kanan maka pengunci akan bergerak ke kiri melepas hubungan

 Penggunaan         :
 Biasanya pada kendaraan jeep dan truk lama


      1.         Baterai
      2.         Kunci kontak
      3.         Sakelar pengunci
      4.         Lampu kontrol
      5.         Solenoid
      6.     Lengan pengunci





Cara kerja          :
·                Kunci kontak ( 2 ) menghubung
·                Bila roda slip sakelar pengunci ( 3 ) ditarik
·                Arus dari baterai mengalir kelampu kontrol ( 4 ) dan ke solenoid ( 5 )
·                Lampu kontrol ( 4 ) menyala dan timbul magnit pada solenoid ( 5 )
·                Lampu pengunci ( 6 ) tertarik dan pngunci bergerak kekiri menghubung ke rumah diferensial
·                Poros penggerak berhubungan dengan rumah diferensial oleh pengunci ( diferensial terkunci, putaran poros penggerak kanan dan kiri berputar bersama-sama dengan rumah diferensial )
·                Sakelar pengunci ( 3 ) ditekan, tidak ada arus ke solenoid kemagnetannya hilang dan lampu kontrol mati
·                Pegas mendorong lengan pengunci dan pengunci bergerak ke kanan melepas hubungan antara rumah diferensial dengan poros penggerak

Penggunaan            :
Sering digunakan pada sedan





     1.    Saluran masuk
     2.    Tangki vakum
     3.    Sakelar vakum
     4.    Membran vakum
5. Lengan pengunci



Cara kerja      :
·                Bila roda slip sakelar vakum ( 3 ) ditarik
·                Ruangan sebelah kanan membran (4) berhubungan dengan tangki vakum ( 3 )
·                Membran bergerak ke kanan
·                Lengan pengunci ( 5 ) tertarik ke kanan dan pengunci bergerak ke kiri menghubungkan ke rumah diferensial
·                Poros penggerak berhubungan dengan penggerak kanan oleh pengunci ( diferensial terkunci,putaran poros penggerak kanan dan kiri berputar bersama-sama dengan rumah diferensial )
·                Sakelar vakum ( 3 ) ditekan, tidak ada hubungan antara membran vakum dengan tangki vakum dan ruang kanan membran berhubungan dengan udara luar
·                Pegas mendorong ke kiri, pengunci bergerak ke kanan melepas hubungan antara rumah diferensial dengan poros penggerak
·                Sistem ini juga dilengkapi dengan lampu kontrol

Penggunaan                        :
Jenis ini hanya digunakan pada sedan atau mobil dengan motor bensin


     1.    Kompresor
     2.    Tangki udara
     3.    Sakelar udara
     4.    Boster tekan
5. Lengan pengunci




Cara kerja     
·                Roda slip, sakelar udara tekan ( 3 ) ditarik
·                Saluran tangki berhubungan dengan saluran boster tekan udara mengalir dari tangki ke ruangan sebelah kiri torak
·                Torak bergerak ke kanan mendorong lengan pengunci ( 5 ) pengunci bergerak ke kiri menghubung kerumah diferensial
·                Diferensial terkunci, poros penggerak kanan dan kiri berputar bersama – sama dengan rumah diferensial
·                Sakelar udara ditekan, slang dari tangki tidak ada hubungan dengan boster tekan dan slang boster tekan berhubungan dengan udara luar
·                Pegas mendorong torak ke kiri dan pengunci bergerak ke kanan melepas hubungan antara rumah diferensial dengan poros penggerak
·                Pada waktu pengunci bekerja ada lampu kontrol yang menyala

Penggunaan                        :
Digunakan pada truk dan bus yang menggunakan sistem rem angin

No comments:

Post a Comment