Pages

Ads 468x60px

Sunday 15 July 2012

Silabus TKR.D


SILABUS

NAMA SEKOLAH                                 :  SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             :  DASAR-DASAR MESIN
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                  :  MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
KODE KOMPETENSI                           :  OTO.DKK.1
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.     Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
§ Dasar-dasar statistika dan tengangan
§ Statistika dan  tegangan





§ Memahami ilmu statistika
§ Memahami tengan
§ Penerapan ilimu statistika dan tegangan pada benda kerja

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

19



2.     Menerangkan komponen/elemen mesin
§ Mengenal komponen sambungan.
§ Mengenal komponen poros dan aksesorisnya
§ . Mengenal komponen penerus daya fleksibel
§ Fungsi dan perhitungan elemen mesin.
§ Fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
§ Komponen sambungan baut.
§ Komponen sambungan keling.
§ Komponen sambungan las
§ Fungsi dan prinsip kerja poros dan aksesorisnya.
§ Jenis-jenis poros.
§ Beban utama pada poros.
§ Jenis-jenis bantalan.
§ Jenis-jenis penyambungan poros dengan komponen
§ Memaham perhitungan dan kekuatan komponen mesin
§ Paham terhadap masing-masing komponen sambungan
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
§ Keuntungan dan kerugian masing-masing sambung-an
§ Menerapkan pemahaman terhadap fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan dalam bekerja.
§ Paham terhadap komponen poros dan aksesorisnya.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja berbagai aksesoris poros.
§ Menerapkan pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros serta aksesorisnya dalam bekerja.



Tes tertulis





Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan



·  
3.     Menerangkan material dan kemampuan proses.
§ Mengenal material logam dan kemampuan proses-nya
§ Mengenal material bukan logam dan kemampuan prosesnya.
§ Sifat teknis material logam.
§ Sifat yang diperlukan se-lama proses pembentukan
§ Sifat yang penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.
§ Sifat teknis material bukan logam.
§ Sifat yang diperlukan selama proses pembentukan
§ Sifat yang penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.


§ Mengetahui sifat-sifat berbagai material logam.
§ Menghubungkan sifat material tersebut dengan kemampuan proses material.
§ Cermat dalam menen-tukan proses yang sesuai dengan sifat material.
§ Pengertian sifat-sifat material terutama material yang dipakai di industri.
§ Pengertian proses suatu material.
§ Menerapkan sifat-sifat materialbukan logam agar dapat dilakukan pemrosesan terhadap material tersebut.


Tes tertulis





Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan



·  
















NAMA SEKOLAH                                 : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             :  PROSES-PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                  :  MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KODE KOMPETENSI                           : OTO. DKK.2
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.       Menjelaskan proses pengecoran

§ Identipikasi  sisfat-sifat logam ferro dan logam non ferro.


§ Pengelompokan bahan logam dan non logam serta sifatrnya
§ Memahami prinsip logam ferro dan sifatnya.
§ Memahami sifat logam nonferro dan siftanya.

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

19



2.       Menjelaskan proses pembentukan

§ Membedakan proses pengolahan logam ferro dan logam non ferro.
§ Pengolahan logam ferro dan logam nonferro dilakukan sesuai dengan sifat dankebutuhan.
§ Pengolahan loga non ferro.
§ Pengolahan logam ferro.
§ Perlakuan panas pada baja karbon
§ Kekerasan bahan

§ Memahami cara pengolahan logam ferro tanpa merubah sifat logam.
§ Memahami cara pengolah logam non ferro tanpa merubah sifatnya.
§ Pemahaman perlakuan panas pada baja karbon.
§ Melakukan penentuan kekerasan bahan.


Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




3.       Menjelaskan proses pemesinan
§ Membor benda kerja sesuai dengan SOP.
§ Mengetap dan mengulir bernda kerja sesuai dengan SOP dan Keselamatan kerja

§ Penguliran tap snai
§ Bor

§ Memahami cara penguliran/tap
§ Melakukan pegeboran
§ Melakukan pengetapan dan pembuatan ulir.

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan











NAMA SEKOLAH                                 :  SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                   :  MENJELASKAN
KODE KOMPETENSI                           OTO.DKK.3
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.      Menjelaskan konsep motor bakar
§ Konstruksi dan mekanisme torak engkol.
·   siklus motor 2 dan 4 langkah
§ Konstruksi dan instalasi.
§ Efisiesnsi.

§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah pada motor bakar torak.
§ Fungsi setiap bagiannya.
§ Siklus udara ideal motor Otto dan Diesel 2 dan 4 langkah serta perbandingannya dengan siklus sebenarnya.
§ Teliti dalam memahami cara kerja dan konstruksi motor bakar.
§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah motor bakar torak.
§ Mengenali langkah pada setiap posisi engkol.
§  
§ Teliti membedakan siklus ideal dengan siklus sesungguhnya.
§ Siklus ideal dan sebenar-nya motor 2 dan 4 langkah.
§ Membedakan siklus pada jenis motor bakar torak


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan





2.      Menjelaskan konsep motor listrik
§ Definisi motor listrik, jenis dan cara kerja motor listrik
§ Identifikasi jenis motor listrik
.

§ Motor listrik
§ .komponen motor listrik dan fungsi motor listrik.
§ Jenis motor listrik.
§ Cara kerja motor listrik.


§ Cermat dalam memahami cara kerja motor listrik.
§ Definisi motor listrik dan perbedaannya.
§ Teliti dalam menghitung putran motor listrik
§ Memahami prinsip kkerja motor listrik.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




3.      Menjelaskan konsep generator listrik
§ Definisi generator listrik listrik,
§  jenis dan cara kerja generator listrik.
§ Identifilasi  generator listrik.
§ Generator listrik
§ .komponen generator listrik dan fungsi  generator listrik.
§ Cara kerja generator listrik.
§ Rangkaian motor listrik


§ Cermat dalam memahami cara kerja generator listrik
§ Memahami rangkaian motorlistrik.
§ Teliti dalam menghitung arus yang dikeluarkan generator listrik.
§ Memahami prinsip generator listrik.



Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




4.      Menjelaskan konsep pompa fluida

§ Definisi fluida dan jenis-jenisnya.
§ Sifata-sifat fluida
§ Fluida dan jenisnya
§ Fungsi fluida

§ Membedakan jenis fluida an fungsinya.
§ Memahami sisfat-sifat fluida.
§ Melakukan penggantian fluida dengan mengikuti SOP.



Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan





5.      Menjelaskan konsep kompresor
§ Definisi Kompresor, jenis dan cara kerja kompresor diperkenalkan.
§ Efisiensi dan performansi kompresor diperkenalkan.

§ Definisi kompresor dan perbedaannya dengan pompa.
§ Klasifikasi kompresor.
§ Cara kerja kompresor.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.


§ Cermat dalam memaha-mi cara kerja pompa.
§ Definisi kompresor dan perbedaannya dengan kompresor.
§ Klasifikasi pompa.
§ Cara kerja pompa.
§ Membedakan jenis pompa berdasarkan cara kerjanya.
§ Teliti dalam menghitung efisiensi.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.
§ Menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan performansi kompresor.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




6.      Menjelaskan konsep refrigerasi
§  Diperkenalkan konsep mesin refrijerasi sebagai mesin pemindah kalor.
§  Diperkenalkan siklus kompresi uap.
§ Mesin refrijerasi.
§ Jenis mesin refrijerasi
§ Siklus pendingin kompresi, kondensasi, ekspansi dan evaporasi beserta komponen utama mesin pendingin.
§ Cermat dalam memaha-mi konsep mesin refrijerasi
§ Konsep mesin refrijerasai
§ Jenis mesin refrijerasi.
§ Mengetahui jenis mesin refrijerasi berdasarkan cara kerjanya.
§ Teliti dalam memahami siklus kompresi yang terjadi.
§ Siklus mesin pendingin kompresi uap.
§ Komponen utama mesin pendingin.
§ Mengenali komponen utama mesin pendingin kompresi uap.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

















NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :   GAMBAR TEKNIK
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :   MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.4   
ALOKASI WAKTU                              :   19  x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Menjelaskan standar menggambar teknik







§ Mengenal fungsi dan standarisasi gambar teknik
§ Mengenal alat-alat gambar teknik
§ Mengenal standar huruf dan angka gambar teknik
§ Mengenal macam-macam standar garis gambar teknik
§ Mengenal standar kertas gambar






§ Fungsi dan standarisasi gambar teknik
§ Peralatan gambar teknik
§ Cara penggunaan peralatan gambar teknik
§ Standar huruf dan angka gambar teknik
§ Standar kertas gambar teknik
§ Penggunaan kertas gambar teknik




§  Memahami standarisasi gambar teknik
§  Memahami informasi gambaaar teknik dengan cara kerja kelompok
§  Memahami penggunaan alat-alat menggambar dengan cara menggali informasi dari modul
§  Menggunakan alat-alat gambar sesuai standar industri ganbar teknik
§  Memahami penggunaan huruf dan angka pada gambar teknik
§  Memahami cara penempatan huruf dan angka
§  Memahami macam-macam perbandingan garis gambar melalui modul
§  Menggunakan penempatan garis pada gambar melalui modul
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


4(8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

2.         Menggamabar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan
§ Mengenal gambar perspektif pada gambar teknik
§ Mengenal 4 macam gambar piktorial
§ Mengenal bentuk proyeksi kwadran I ( proyeksi eropah)
§ Mengenal bentuk proyeksi Kwadran III ( proyeksi amerika )
§ Melakukan pembuatan gambar teknik

§ Fungsi gambar perspektif pada gambar teknik
§ Memahami gambar perspektif
§ Fungsi gambar piktorial
§ Pemahaman gambar piktorial
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran I (eropah)
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran III (amerika)
§ Pembacaan gambar proyeksi kwadran I dan III

§  Memahami gambar perspektif melalui modul
§  Membaca gambar perspektif
§  Memahami gambar piktorial
§  Menggambarkan gambar piktorial, menggali informasi melalui modul
§  Memahami konstruksi gambar proyeksi kwadran I malalui modul
§  Menggambarkan proyeksi kwadran I
§  Memahami konstruksi, proyeksi kwadran III
§  Menggambarkan kwadran III
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


8 (16)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

3.        Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan


§ Mengenal simbol kelistrikan otomotif
§ Mengenal simbol elektronika gambar teknik



§ Fungsi simbol kelistrikan
§ Penggunaan tanda simbol elektronika
§ Cara membaca simbol komponen kelistrikan dan elektronika



§  Memahami simbol komponen kelistrikan
§  Menggunakan simbol pada komponen kelistrikan
§  Memahami simbol komponen elektronika
§  Menggunakan simbol komponen kelistrikan dan elektronik.
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4.        Membaca wiring diagram

Mengenal rangkaian lampu besar dan lampu dim
§ Mengenal rangkaian lampu sein
§ Mengenal rangkaian lampu rem
§ Mengenal rangkain lampu kota, dan lampu plat
§ Mengenal rangkaian klakson

Fungsi lampu sein
§ Pembacaan rangkaian pada lampu sein
§ Fungsi lampu kota, lampu plat
§ Pembacaan rangkaian lampu kota dan lampu plat
§ Fungsi klakson

Mempelajari rangkaian lampu sein
§  Menggambar rangkaian lampu sein
§  Mempelajari rangkaian lampu kota dan lampu plat melalui modul
§  Menggambar rangkaian lampu kota dan lampu plat
§  Mempelajari rangkaian klakson melalui informasi dari modul
§  Menggambar rangkaian klakson secara berkelompok.



4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5.        menginterprestasikan ganbar teknik dan rankaian

§ Mengenal simbol-simbol, kode-kode dan menampilkan diagram gambar dengan benar
§ Informasi yang diberikan dimengerti dengan cepat dan tepat
§ Membaca diagram gambar
§ Memahami prosedur pembuatan gambar diagram
§ Pemahaman informasi gambar
§ Pemahaman prosedur dan kebijakan pembacaan gambar

§  Memahami prosedur pembuatan
§  Mempelajari diagram/gambar



4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
























NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :    Peralatan dan Perlengkapan
KELAS/SEMESTER                             :    X/2
STANDAR KOMPETENSI                 :    Menggunakan Peralatan dan Perlengkapan di tempat kerja
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.5   
ALOKASI WAKTU                              :   19 X 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI      PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja
§ Peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri sendiri, orang lain dan kerusakan  hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.
§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan
 Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan bertenaga  sesuai fungsi dan penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.

Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan
2(2)


§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2.        Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri sendiri, orang lain dan kerusakan  hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.

§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan
 Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan bertenaga  sesuai fungsi dan penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.


Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan
2(2)
6(12)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
3.        Menggunakan fastener
§ Peralatan dan perlengkapan yang digunakan menggunakan alat-alat khusus/spesial tool pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang menggunakan alat khusus untuk mencegah kerusakan  pekerjaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.

§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan  khusus pada Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapan khusus bengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan khususs Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.


Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan

6(12)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator







NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :    ALAT-ALAT UKUR
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :    MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR (MEASURING TOOLS)     
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.6   
ALOKASI WAKTU                              :    19 x 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1. Mengindentifikasi alat-alat ukur





§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
·     Jenis-jenis dan fungsi alat-alat ukur
·     Penggunaan alat-alat ukur







§ Memahami satuan metrik dan british dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat ukur melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.


Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
5
14

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2. menggunakan alat-alat ukur mekanik
§ Pengukuran dimensi dan variabel dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.

§ Jenis , dan fungsi alat ukur mekanik.
§ Pengukuran berbagai jenis dimensi dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..
§ Memahami satuan metrik dan british dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat mekanik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur mekanik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Mengukur  permukaan bidang datar dengan membandingkan shop manual
§ Mengukur diameterdalam  benda krja dengan membandingkan dengan shop manual
§ Mengukur kedalaman lubang  benda kerja dengan membandingkan shop manual.
§ Mengukur kelurusan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran keolengan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator

3. Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
§ Pengukuran dimensi dan variabel dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
§ Jenis , dan fungsi alat ukur pneumatik
§ Pengukuran berbagai jenis dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..

§ Memahami jenis jenis alat ukur pneumatik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur pneumatik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.









Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4. Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik
§ Pengukuran dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap alat atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Mengetahui karakteristik alat ukur elektrik yang dipakai
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan
§ Jenis , dan fungsi alat ukur elektrik/elektronik
§ Berbagai jenis pengukuran dengan alat ukur elektrik/elektronik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..






§ Memahami jenis jenis alat ukur elektrik/elektronik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur elektrik/elktronik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.





Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5. Merawat alat-alat ukur
§ Pemeliharaan alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
§ Memahami tujuan perawatan alat ukur denganmenggali imformasi 
§ Memahami prosedur perawatan alat ukur mekanik dengan cara menggali imformasi.
§ Merawat alat ukur  mekanik dengan cara kerja kelompok.
§ Merawat alat ukur sesuai prosedur K3.  

§ Pemeliharaan alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator

























NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :   KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :   MENERAPKAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN  TEMPAT KERJA
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.7   
ALOKASI WAKTU                              :    19 x 45 Menit
               


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI      PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Mendeskripsikan keselamatan dan Kesehatan Kerja (K 3
§ Mengenali tentang keselamatan dan kesehatan kerja
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan tindakan pengontrolan yang tepat.

§  Mempelajari  undang undang K3 dengan cara menggali impormasi dari modul.


Test tertulis
Non test

(observasi/cek list) dan lisan
18


§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2.        Melaksanakan Prosedur K 3


§ keamanan dijalankan undang-undang yang berlaku
§ Kebijakan/prosedur
§ Seluruh keamanan yang berhubungan dengan kejadian dicatat pada formulir yang sesuai
§ Seluruh staf disarankan menggunakan prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam penerapannya

§ Penggunaan pakaian pengaman










§  selamatan pada tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.
§  Mempelajari pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.             
§  Mempelajari prosedur ke-


Test tertulis

Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
3.        Mengindentifikasi aspek-aspek keamanan kerja



§ Penggunaan  metode pangaman yang benar
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
§ Mengikuti prosedur perlindungan dengan benar
§ Seluruh keamanan yang berhubungan dengan kejadian dicatat dan dilaporkan.
§ Undang-undang K3
§ Prosedur keamanan tempat kerja






§ Mempelajari dasar dasar prosedur keselamatan kerjai undang- undang K3 dan prosedur keamanan tempat kerja dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Menerapkan peraturan/ undang-undang K3 dengan cara diskusi kelompok.
§ Melaksanakan prosedur keaman tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4.         Mengontrol Kontaminasi

§ Mengenali bahaya pada area kerja  dan melakukan pengontrolan yang tepat
§ Melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin

§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan tindakan pengontrolan yang tepat.
§ Pemeliharaan alat-alat kebersihan, prosedur dan metode kebersihan

§ Mempelajari jenis-jenis bahan yang berbahaya dan cara penanganannya
§ Melaksanakan kebersihan yang aman dan benar sesuai K3






§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5.        Mendemonstrasikan pemadaman kebakaran




§ Pengindentifikasi pemadaman kebakaran yang sesuai pada type yang tepat untuk lingkungan tempat kerja
§ Seluruh kegiatan penerapan pemadaman kebakaran dan prosedur kerja diidentifikasikan berdasrkan SOP






§ Jenis-jenis alat pemadaman kebakaran.
§ Penempatan alat pemadam kebakaran.
§ Prosedur pengoperasian alat pemadam kebakaran










§ Memahami  prosedur pengunaanPenempatan alat pema-dam kebakaran yang aman dan strategis dengan cara menggali impormasi dari Modul
§ Mengunakan alat kebakran sesuai SOP
§ Mempelajari  jenis-jenis keba-karan dan penanganannya dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Mempelajarijenis-jenis alat pemadam kebakaran dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Mengunakan alat
§ pemadamkebakaransesuai SOP


Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan

1

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

6.        Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual


§ Penggunaan teknik dan pengangkatan/pemindahan secara manual yang tepat



§ Teknik pengangkatan/ pemindahan secara manual.






§ Mempelajari prosedur ke-selamatan pada tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.
§ Mempelajari pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.             
§ Mempelajari Teknik pengangkatan/ pe-mindahan secara manual  sesuai SOP.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

7. Menerapkan pekerjaan sesuai dengan SOP
§ Seluruh kegiatan dilakukan berdasarkan dan menggunakan prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam penerapannya
§ Undang-undang K 3
§ Prosedur keamanan tempat kerja

§ Melaksanakan prosedur perlindungan kerja sesuai SOP
§ Melaksanakan prosedur penanganan kerja sesuai SOP



Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart





























No comments:

Post a Comment