1. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi | - Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang baru |
b. Nozzle rusak | - Ganti dengan nozzle yang baru |
c. Ada udara pada saluran bahan bakar | - Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump |
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat | - Setel pada penginjeksian bahan bakar |
e. Control rack tidak berfungsi | - Perbaiki mekanisme control rack |
f. Automatic timer tidak tepat | - Setel automatic timer |
2. Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Saringan pada pompa pemindah tersumbat | - Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya |
b. Saringan bahan bakar tersumbat | - Ganti elemen saringan bahan bakar |
c. Tangki bahan bakar kotor | - Bersihkan tangki bahan bakar |
d. Kemampuan pompa pemindah yang sangat rendah | - Perbaiki / ganti |
e. Injeksi bahan bakar tidak tepat | - Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi |
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama | - Kalibrasi pompa injeksi pada test bench |
g. Governor kurang baik | - Setel pompa injeksi pada test bench |
h. Ada angin pada saluran bahan bakar | - Bleeding |
i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi | - Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi |
3. Engine Knocking / Detonasi
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan penginjeksian tidak tepat | - Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi |
b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah) | - Ganti dengan bahan bakar yang sesuai |
c. Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat | - Setel pemasangan pompa terhadap mesin |
d. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata | - Kalibrasi pompa injeksi pada test bench |
4. Putaran Mesin Kasar, Khususnya Pada Putaran Idle
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Jam bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama | - Kalibrasi pompa injeksi pada test bench |
b. Control rack tidak berfungsi | - Bongkar control rack dan setel mekanismenya |
c. Idling spring capsule setelannya kurang baik | - Setel |
d. Diafragma governor tidak berfungsi | - Periksa dan ganti jika rusak |
e. Atomisai Nozzle kurang baik / tidak tepat | - Stel nozzle dan ganti jika rusak |
5. Mesin Susah dihidupkan
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi / bocor | - Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor |
b. Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara | - Bleeding |
c. Saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar tersumbat | - Bersihkan / ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar |
d. Kemampuan pompa pemindah menurun / tidak sesuai spesifikasi | - Perbaiki / ganti pompa pemindah |
e. Pipa tekanan tinggi lepas, longgar / pecah | - Kerusakan mur / ganti |
f. Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar yang diinjeksikan | - Perbaiki control rack dan perbaiki pula mekanismenya |
g. Delivery valve rusak | - Ganti |
h. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan terlalu sedikit, karena pompa pemindah rusak | - Perbaiki / Ganti pompa pemindah |
i. Tekanan penginjeksian bahan bakar terlalu rendah | - Setel / kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi |
j. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah | - Setel saat penginjeksian |
k. Governor / full load capsule setelannya kurang baik | - Setel pompa injeksi pada test bench |
6. Mesin Asapnya Banyak, tetapi Mesin Tidak Mau Menyala
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan | Cara Mengatasi |
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat | - Setel saat penginjeksian |
b. Timer lock nut longgar atau lepas | - Kerusakan mur pengunci timer |
c. Atomisasi bahan bakar tidak baik | - Perbaiki dan setel nozzle / ganti |
d. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle | - Bersihkan nozzle / ganti jika rusak |
e. Angka cetane terlalu rendah | - Ganti jenis bahan bakar |
f. Bahan bakar tercampur air | - Ganti bahan bakar |
7. Selama Mesin di Starter Mengeluarkan banyak Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan | Cara Mengatasi |
a. Timer injektor timing terlalu cepat / lambat | - Bongkar automatic timer dan setel |
b. Pemasangan pompa injeksi terhadap saat penginjeksian tidak tepat | - Periksa pemasangan pompa injeksi dan tempatkan saat penginjeksian (sesuai spesifikasi) |
c. Atomisasi bahan bakar kurang baik | - Perbaiki dan ganti nozzle |
d. Nozzle rusak | - Ganti Nozzle |
e. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle | - Bersihkan dan ganti jika rusak |
f. Sekrup control pinion clamp lepas / longgar | - Setel posisi control pinion dan keraskan sekrupnya |
g. Delivery value rusak | - Ganti |
h. Delivery value spring putus | - Ganti pegas |
i. Setelan full load capsule tidak baik | - Setel full load capsule |
j. Pneumatic governor link / stopper aus | - Perbaiki / ganti mekanisme governor pneumatic |
8. Selama Mesin Hidup Banyak Mengeluarkan Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan | Cara Mengatasi |
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat | - Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifikasi |
b. Bahan bakar bercampur air | - Ganti bahan bakar |
c. Cincin torak dan dinding silinder bocor sehingga minyak pelumas naik ke ruang bahan bakar | - Ganti cincin torak dan perbaiki dinding silindernya |
d. Oli silinder katup bocor, sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar | - Ganti |
e. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu banyak | - Kalibrasi pompa injeksi pada test bench |
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama | - Kalibrasi pompa injeksi pada test bench |
g. Udara yang masuk kedalam silinder terlalu sedikit karena saringan udaranya tersumbat | - Bersihkan saringan / ganti |
h. Oli mesin terpompa ke atas | - Periksa permukaan oli dan sesuaikan jumlahnya |
No comments:
Post a Comment