Pages

Ads 468x60px

Thursday, 9 August 2012

Analisis dan Memperbaiki Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Diesel

1. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi- Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang baru
b. Nozzle rusak- Ganti dengan nozzle yang baru
c. Ada udara pada saluran bahan bakar- Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat- Setel pada penginjeksian bahan bakar
e. Control rack tidak berfungsi- Perbaiki mekanisme control rack
f. Automatic timer tidak tepat- Setel automatic timer

2. Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Saringan pada pompa pemindah tersumbat- Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Saringan bahan bakar tersumbat- Ganti elemen saringan bahan bakar
c. Tangki bahan bakar kotor- Bersihkan tangki bahan bakar
d. Kemampuan pompa  pemindah yang sangat rendah- Perbaiki / ganti
e. Injeksi bahan bakar tidak tepat- Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama- Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Governor kurang baik- Setel pompa injeksi pada test bench
h. Ada angin pada saluran bahan bakar- Bleeding
i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi- Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi
3. Engine Knocking / Detonasi
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan penginjeksian tidak tepat- Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah)- Ganti dengan bahan bakar yang sesuai
c. Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat- Setel pemasangan pompa terhadap mesin
d. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata- Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
4. Putaran Mesin Kasar, Khususnya Pada Putaran Idle
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Jam bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama- Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
b. Control rack tidak berfungsi- Bongkar control rack dan setel mekanismenya
c. Idling spring capsule setelannya kurang baik- Setel
d. Diafragma governor tidak berfungsi- Periksa dan ganti jika rusak
e. Atomisai Nozzle kurang baik / tidak tepat- Stel nozzle dan ganti jika rusak
5. Mesin Susah dihidupkan
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi / bocor- Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
b. Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara- Bleeding
c. Saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar tersumbat- Bersihkan / ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
d. Kemampuan pompa pemindah menurun / tidak sesuai spesifikasi- Perbaiki / ganti pompa pemindah
e. Pipa tekanan tinggi lepas, longgar / pecah- Kerusakan mur / ganti
f. Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar yang diinjeksikan- Perbaiki control rack dan perbaiki pula mekanismenya
g. Delivery valve rusak- Ganti
h. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan terlalu sedikit, karena pompa pemindah rusak- Perbaiki / Ganti pompa pemindah
i. Tekanan penginjeksian bahan bakar terlalu rendah- Setel / kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
j. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah- Setel saat penginjeksian
k. Governor / full load capsule setelannya kurang baik- Setel pompa injeksi pada test bench
6. Mesin Asapnya Banyak, tetapi Mesin Tidak Mau Menyala
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / GangguanCara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat- Setel saat penginjeksian
b. Timer lock nut longgar atau lepas- Kerusakan mur pengunci timer
c. Atomisasi bahan bakar tidak baik- Perbaiki dan setel nozzle / ganti
d. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle- Bersihkan nozzle / ganti jika rusak
e. Angka cetane terlalu rendah- Ganti jenis bahan bakar
f. Bahan bakar tercampur air- Ganti bahan bakar
7. Selama Mesin di Starter Mengeluarkan banyak Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakanCara Mengatasi
a. Timer injektor timing terlalu cepat / lambat- Bongkar automatic timer dan setel
b. Pemasangan pompa injeksi terhadap saat penginjeksian tidak tepat- Periksa pemasangan pompa injeksi dan tempatkan saat penginjeksian (sesuai spesifikasi)
c. Atomisasi bahan bakar kurang baik- Perbaiki dan ganti nozzle
d. Nozzle rusak- Ganti Nozzle
e. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle- Bersihkan dan ganti jika rusak
f. Sekrup control pinion clamp lepas / longgar- Setel posisi control pinion dan keraskan sekrupnya
g. Delivery value rusak- Ganti
h. Delivery value spring putus- Ganti pegas
i. Setelan full load capsule tidak baik- Setel full load capsule
j. Pneumatic governor link / stopper aus- Perbaiki / ganti mekanisme governor pneumatic
8. Selama Mesin Hidup Banyak Mengeluarkan Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakanCara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat- Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar bercampur air- Ganti bahan bakar
c. Cincin torak dan dinding silinder bocor sehingga minyak pelumas naik ke ruang bahan bakar- Ganti cincin torak dan perbaiki dinding silindernya
d. Oli silinder katup bocor, sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar- Ganti
e. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu banyak- Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama- Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Udara yang masuk kedalam silinder terlalu sedikit karena saringan udaranya tersumbat- Bersihkan saringan / ganti
h. Oli mesin terpompa ke atas- Periksa permukaan oli dan sesuaikan jumlahnya

No comments:

Post a Comment