Jakarta, KompasOtomotif - Pada sepeda motor dengan mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi atau PGM-FI pada Honda, untuk memudahkan pemilik atau mekanik mengatasi gangguan, komputer dilengkapi dengan fungsi diagnosa mandiri atau self diagnostic function. Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor PGM-FI, lampu akan memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.
Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1,3 detik). Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak ON.
Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa ditangani dengan cepat dan akurat.
Berikut kode tersebut
Berikut kode tersebut
Jumlah Kedipan
|
Kode Kerusakan
|
1
|
Manifold Absolute Pressure
|
7
|
EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
|
8
|
Throttle Position (TP)
|
9
|
Air Intake Temperature
|
12
|
Injector
|
21
|
Sensor O2/oksigen
|
29
|
Idle Air Control Valve (IACV)
|
33
|
Engine Control Module (ECM)
|
54
|
Bank Angle sensor
|
No comments:
Post a Comment