Pages

Ads 468x60px

Wednesday 1 August 2012

Keuntungan/kerugian EPI Suzuki


EPI merupakan nama lain dari EFI yang digunakan pada Suzuki. Adapun yang termasuk keuntungan mesin  yang menggunakan Electronic Petrol Injection, antara lain :
  1. Menyempurnakan atomisasi (bahan bakar memaksa masuk ke intake manifold yang membantu mencegah bahan bakar saat disemprotkan sehingga bisa menyempurnakan campuran)
  2. Distribusi bahan bakar yang lebih baik (campuran bahan bakar dan udara disuplai dalam jumlah yang sama ke masing-masing silinder)
  3. Putaran stasioner lebih lembut karena ketika campuran bahan bakar dan udara kurus tidak menjadikan putaran mesin kasar oleh karena distribusi bahan bakar lebih baik dan kecepatan atomisasi yang rendah.
  4. Konsumsi bahan bakar irit. Efisiensi yang didapatkan lebih tinggi oleh karena takaran campuran udara dan bahan bakar yang lebih tepat, atomisasi,distribusi dan adanya pemutus bahan bakar.
  5. Emisi gas buang rendah. Kecepatan takaran campuran udara dan bahan bakar  menjadikan sempurnanya pembakaran sehingga dapat mengurangi emisi gas buang.
  6. Lebih baik saat dioperasikan pada semua kondis temperatur. Adanya sensor yang mendeteksi temperatur menjadikan pengontrolan penginjeksian lebih baik.
  7. Meningkatkan tenaga mesin. Ketepatan takaran campuran pada masing-masing silinder dan aliran udara yang ditingkatkan dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Selain beberapa keuntungan yang  diperoleh dari penggunaan Sistem EPI, juga terdapat kerugian yang ada dalam Sistim EPI. Adapun Kerugianya adalah :
  1. Sitem EPI merupakan sistem electronik yang bekerjanya tergabung dalam unit sistem  jika ada satu sensor saja yang tidak berfungsi maka akan mempengaruhi sistem secara keseluruhan
  2. Rawan terhadap konsleting apalagi jika terkena air maka biasanya kendaraan mesin  EPI yang terkena air cukup banyak, mesin tidak dapat dihidupkan.
  3. Hanya bengkel-bengkel dan mekanik tertentu saja yang memiliki kemampuan dalam perawatan kendaraan yang bermesin EPI ini terutama alat Tech-2 yang digunakan untuk mendiagnosa Sistem secara electronik.
  4. Penggunaan bahan bakar yang harus berkualitas baik terutama terhindar dari kotoran karena injector dalam delivery pipe harus terhindar dari kotoran yang bisa mengghambat aliran bahan bakar.

No comments:

Post a Comment