Pages

Ads 468x60px

Wednesday 1 August 2012

Mengisi Refrigerant Pada Sistem AC Mobil

Manifold Gauge.
Manifold pengukur adalah alat yang berfungsi selain untuk mengosongkan/mengisi refrigerant juga sebagai alat untuk mengidentifikasi gangguan. Konstruksi yang istimewa dari alat ini harus dipelajari secara seksama agar penggunaannya menjadi optimal dan terhindar dari kesalahan pemakaian. Penjelasan berikut menggunakan manipol pengukur model keran seperti pada gambar dibawah dengan 4 nipel penghubung ( ada yang hanya menggunakan 3 niple penghubung, yang perbedaannya pada niple no 4 tidak ada )

Kondisi Hubungan saluran manifold gauge.

1)    Keran katup tekanan rendah terbuka dan keran katup tekanan tinggi menutup.
       Dalam kondisi ini :

  •      -Niple 2,3,4 dan pengukur tekanan rendah  saling berhubungan.
  •      -Niple 1 hanya terhubung dengan pengukur tekanan tinggi.


 

2)    Keran katup tekanan rendah tertutup dan keran katup tekanan tinggi membuka.
       Dalam kondisi ini :

  •      -Niple 1,2,4 dan pengukur tekanan tinggi saling berhubungan.
  •      -Niple 3 hanya terhubung dengan pengukur tekanan rendah.
 


3)    Kedua keran katup terbuka
       Dalam Kondisi ini :

  •      -Semua niple penghubung dan pengukur saling berhubungan.
 

5)    Kedua keran katup tertutup.
       Dalam kondisi ini :

  •      -Niple 1 berhubungan dengan pengukur tekanan tinggi.     
  •      -Niple 3 berhubungan dengan pengukur tekanan rendah.


 


Mengisi Refrigerant pada sistem AC Mobil.


 
a.    Mengenal Refrigerant ( Zat pendingin )
       Refrigerant atau zat pendingin mempunyai kemampuan menyerap panas dalam jumlah yang besar dan pada proses itu disertai dengan perubahan wujud yaitu dari cair menjadi gas. Zat  pendingin   yang sering digunakan pada sistem    AC mobil adalahR 12 atau juga dikenal dengan CFC 12 (fluorinated hydrocarbon). Kelebihan zat  pendingin ini antara lain :

  •      -Mendidih pada –29,8oC dalam tekanan atmosfir.
  •      -Stabil pada temperatur baik tinggi maupun rendah.
  •      -Tidak menimbulkan reaksi terhadap logam.
  •      -Dapat larut bila dicampur dengan minyak.
  •      -Kurang bereaksi terhadap karet.
  •      -Tidak berwarna dan tidak berbau.
 

    Kekurangannya adalah dapat mempengaruhi penipisan lapisan ozon pada atmosfir bumi yang menjaga terjadinya radiasi sinar ultra Violet dari matahari dan menimbulkan efek rumah kaca.

     Refrigerant (Zat Pendingin) lain  yang sekarang banyak dijumpai dan lebih ramah terhadap ozon serta memiliki efektifitas pendinginan lebih baik adalah HFC 134a.
     Refrigerant yang dipakai sebagai alternatif pengganti lainnya adalah: Ternary blend yang merupakan campuran dari zat pendingin yang berbeda seperti : HCF22,HFC152a dan HCFC124 dan yang sudah sangat kita kenal yaitu gas alam cair ( LPG ) meskipun zat ini sangat mudah terbakar, sehingga pada beberapa negara tertentu penggunaan LPG ini tidak diijinkan lagi.
 

b.    Mengenal pelumas Kompressor.
       Pelumas kompresor diperlukan untuk melumasi bantalan-bantalan serta bidang permukaan yang saling bergesekan. Oleh karena pelumas pada kompresor ikut bersirkulasi dengan refrigerant, maka dibutuhkan oli khusus untuk kompresor.


 

                        Salah satu contoh oli khusus untuk kompresor
  

Oli kompresor terdiri dari berbagai tingkatan dan jenis yang diolah sedemikian rupa sehingga menghindari timbulnya busa dan belerang. Selain itu oli kompresor sangat bergantung dengan jenis refrigerant yang digunakan dan secara spesifik dapat diuraikan :
  •      -untuk refrigerant R12 : digunakan pelumas mineral.
  •      -untuk CFC 134a    : digunakan PAG (Poly Alkylene Glycol ) atau pelumas Ester.


Jumlah oli kompresor baik dalam keadaan kosong maupun sebagai tambahan karena penggantian komponen.
  •      -kosong (pemasangan baru)..... 100 cc
  •      -ganti receifer.......................... 20 cc
  •      -ganti condenser ..................... 40 – 50 cc
  •      -ganti evaporator .................... 40 – 50 cc

Cara mengisi refrigerant.

Sebelum mengisi refrigerant sistem rangkaian harus dalam keadaan kosong, tidak ada udara ataupun uap air yang tersisa didalamnya. Untuk mengosongkan sistem rangkaian ini lakukanlah langkah pengosongan dengan menggunakan alat Vacuum pump.

Prosedur pengosongan :

  •      -Tutup kedua katup manifold gauge.
  •      -pasang manifold gauge ke kompresor dengan selang merah ke nipel tekanan tinggi dan  
  •      -selang biru ke nipel tekanan rendah serta selang hijau ke pompa vakum.
 


  • -Bukalah salah satu katup manifold dan hidupkan pompa vakum.
  • -Bacalah ukuran pada vakum gauge, hingga menunjukkan angka +/- 600 mmHg ( 23,62 inHg; 80 kPa )
  • -Bukalah sisi katup manifold yang lain agar vakum bekerja dari dua sisi untuk lebih mengefisienkan kerja pompa vakum. 
  • -Baca kembali ukuran pada vakum gauge dan pastikan sistem telah bersih dari udara maupun uap air dengan angka penunjuk berada pada angka 750 mmHg ( 29,53 in Hg; 99,98 kPa )
  • -Biarkan pompa vakum tetap hidup kurang lebih selama 30 menit.
  • -Tutup kedua katup manifold sebelum mematikan pompa vakum.
  • -Tunggu kurang lebih 15 menit dan amati angka penunjuk meteran. Bila terjadi penurunan maka berarti dalam sistem rangkaian masih terjadi kebocoran.
  • -Cari kebocoran dengan alat deteksi kebocoran sampai ditemukan dan perbaiki.


    Pengisian refrigerant.
    Sebelum memulai pengisian refrigerant pastikan langkah-langkah berikut sudah dilakukan :


    •     - Rangkaian sistem masih terpasang dengan benar.
    •      -Selang masih terpasang dengan manifold gauge warna merah ke nipel tekanan tinggi, 
    •      -Warna  biru ke nipel tekanan rendah dan warna hijau ke tangki refrigerant atau alat pengisi.
    •      -Refrigerant yang akan digunakan tersedia dengan cukup.
    •     -Singkirkan alat-alat yang masih ada di sekitar mesin untuk menghindari kecelakaan.


      Langkah pengisian
      Pemasangan selang pada tabung refrigerant : 

      • -Sebelum memasang selang, putarlah handle berlawanan arah jarum jam sampai jarum katupnya tertarik penuh. 
      • -Putarlah disc berlawanan arah jarum jam, sampai posisi habis.
      • -Hubungan selang warna hijau ke tabung refrigerant.
      • -Putarlah disch searah jarum jam dengan tangan.
      • -Putarlah handle searah jarum jam untuk membuat lubang, dan putarlah kembali berlawanan arah jarum jam agar gas dapat mengalir ke selang.
      • -Tekanlah niple no 4 pada manifold gauge dengan jari tangan sampai udara keluar dari selang tengah.
      • -Bila udara sudah keluar ( ditandai dengan keluarnya refrigerant ) tutuplah niple no 4 dengan tutup niple.
       


      Pemeriksaan kebocoran awal :

      • -Bukalah keran katup tekanan tinggi pada manifold gauge agar gas masuk kedalam sistem. (tabung menghadap keatas ).
      • -Bila pengukur tekanan rendah sudah menunjukkan 1 kg/cm2 ( 14 psi; 98 kPa ) tutup keran manifold tekanan tinggi.
      • -Periksalah kebocoran pada sistem dengan menggunakan detektor.


        Pengisian Refrigerant dalam bentuk cair :
        • -Balikkanlah tabung refrigerant menghadap kebawah agar isi refrigerant yang keluar dalam bentuk cair.
        • -Buka katup tekanan tinggi.
        • -Periksalah kaca pengintai sampai aliran refrigerant berhenti mengalir dan tutuplah keran.
        • -Amati kedua pengukur, tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Keduanya harus menunjukkan tekanan yang sama.
         
        Pengisian Lanjutan :
        • -Baliklah tabung refrigerant menghadap keatas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas.
        • -Hidupkan mesin dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan.
        • -Hidupkan switch AC, dan amati pengukur tekanan manifold gauge tanda merah harus terlihat pada tekanan tinggi dan tanda biru pada tekanan rendah tetapi tidak vakum.
        • -Buka sedikit demi sedikit katup manifold gauge warna biru. (besar kecilnya  pembukaan akan mempengaruhi jumlah refrigerant yang mengalir dalam sistem.
        • -Amati gelas pantau dan bila jumlah gelembung menjadi semakin sedikit dan lembut menunjukkan bahwa pengisian sudah cukup.
        • -Tutup katup manifold gauge, dan baca pengukur tekanan rendah 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan tekanan tinggi 14,5 – 15 kg/cm2


        No comments:

        Post a Comment