Pages

Ads 468x60px

Saturday 25 August 2012

Banjir Bensin bikin Mogok


Bagi yang masih menggunakan mobil dengan sistem karburator, kemungkinan bisa atau pernah mengalami yang namanya banjir bensin pada karburatornya. Jika sudah terjadi, masalah ini menyebabkan mesin tidak mau hidup saat di-starter, alhasil terjadilah hal yang paling banyak dibenci pemilik mobil, yaitu mobil mogok!
Banjir bensin terjadi dikarenakan campuran antara bensin-udara alias Air to Fuel Ratio(AFR)untuk pembakaran diruang bakar mesin tidak berimbang (terlalu banyak bensin), yang secara teknis menyebabkan pembakaran tidak dapat terjadi karena pengapian tidak mampu memicu api untuk pembakaran bensin di ruang bakar mesin. Namun mogoknya mobil belum pasti disebabkan karena banjir bensin, untuk itu kita perlu mengetahui ciri-ciri bila karburator mengalami banjir bensin terlebih dahulu. 


Biasanya jika terjadi banjir bensin pada karburator maka akan tercium bau bensin yang cukup tajam di ruang mesin mobil. Agar dapat mengetahui lebih pasti lagi, buka selang udara yang menuju karburator, biasanya pada ruang / ujung karburator akan terdapat bensin (pada Daihatsu Espass). Kendaraan non Espass dapat kita cek dengan cara membuka saringan udara, lalu lihat saluran karburatornya. Bila banjir maka akan terdapat genangan bensin. Pada kendaraan tipe-tipe tertentu, banjir bisa juga dilihat pada glass baca (Indikator Kaca) yang terdapat pada karburator.
Jika terjadi masalah ini, SO mania tidak perlu panik, karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghadapinya agar dapat segera diatasi dengan benar sehingga tidak menimbulkan masalah baru, yaitu :
  • Jangan paksa menghidupkan kendaraan, karena dapat mengakibatkan volume bensin yang masuk ke ruang bakar bertambah banyak, sehingga memperparah keadaan.
  • Buka baut penguras bahan bakar yang terdapat pada karburator agar volume bensin di karburator habis. Kemudian pasang kembali.
  • Buka selang udara dan bersihkan bensin yang terdapat pada mulut / ujung karburator dengan mengunakan kain.
  • Buka busi mobil, jika basah bersihkan busi tersebut dengan menggunakan lap, lakukan pada semua busi jika busi pertama basah.
  • Lepaskan kabel tegangan tinggi dari coil dan jauhkan dari lubang busi / bensin.
  • Start mesin dengan menginjak pedal gas penuh beberapa kali.
  • Pasang busi kembali.
  • Hidupkan mesin.
  • Segera bawa ke bengkel untuk mengatasi penyebabnya lebih lanjut, agar tidak terjadi kembali.
Pencegahan Banjir Bensin
Penyebab utama banjir bensin sebenarnya adalah masalah di saringan bahan bakar. Komponen ini harus dalam kondisi baik. Bila tidak, kotoran yang terdapat dalam bahan bakar akan menempel di sela-sela katup ruang pelampung karburator. Kotoran yang menempel ini membuat katup tidak bisa menutup bensin secara sempurna ataupun bisa juga karena komponen pelampung memang sudah rusak, akibatnya, bensin terus mengalir ke ruang pelampung dan terjadilah banjir. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah banjir bensin pada karburator, yaitu :
  • Bersihkan saringan udara secara periodik.
  • Setel karburator secara periodik, terutama ketinggian normal pelampung didalamnya.
  • Hati-hati dalam memilih bahan bakar.

No comments:

Post a Comment