RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Muhammadiyah
Susukan
Mata Pelajaran :
Mesin Konversi Energi
Kelas / Semester : X /
Gasal
Alokasi Waktu : 2 x
45 menit
Kompetensi Inti :
a.
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.
b.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan
masalah dalam Memelihara baterai.
c.
Mentransformasi
diri dalam berperilaku: teliti, kritis, disiplin, dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan
tugas mesin konversi energi.
d.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli
lingkungan dalam melakukan tugas dan pekerjaan
Mesin Konversi Energi.
e.
Menjelaskan
definisi Mesin Konversi Energi
f.
Menjelaskan bentuk-bentuk energy
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Proses MKE
|
Sifat-sifat
Energi
|
Mengenal
pringsip Mesin Konversi Energi
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
a. Menjelaskan
ciri-ciri proses mesin konversi energi dengan benar.
b. Menjelaskan
bentuk-bentuk energi yang ada di alam dengan benar
c. Menjelaskna
sifat-sifat energy
B.
Materi
Pembelajaran
a. Pringsip
dasar mesin konversi energi
b.
Sifat-sifat energi
C.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
(Scientific)
b.
Strategi :
Cooperative learning
c.
Model :
Problem Based Learning
d.
Metode :
Ceramah, diskusi,
observasi
D.
Alat,
Media dan Sumber Belajar
a.
Alat : LCD proyektor, Komputer,
whiteboard, alat tulis
b.
Media : Power point / Ms Word
2012.
New Step 1 Training Manual. Jakarta. PT. Toyota Astra Motor Traning Center
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-
Guru menyampaikan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu
peserta didik.
-
Guru memberikan apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi :
-
Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi
tentang Mesin Konversi Energi
Elaborasi :
-
Siswa menulis penjelasan proses mesin konversi
energi
Konfirmasi :
-
Guru menjelaskan prosedur terjadinya proses
mesin konversi enerrgi.
-
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk energy beserta
contohnya dengan bertanggungjawab dan percaya diri.
-
Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang
menjawab soal dengan benar dan tepat.
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
|
160 menit
|
Penutup
|
-
Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-
Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari
materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-
Guru mengingatkan kepada siswa untuk
mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-
Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara
mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
|
10 menit
|
F.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
C.
Ringkasan
Materi
MESIN KONVERSI
ENERGI
DEFINISI
Mesin Konversi Energi adalah Ilmu yang mempelajari
hubungan panas dengan kerja.
Fluida Kerja adalah zat alir yang dipakai pada benda
kerja.
Contoh :
Kompresor flluida (zat yang dialirkan) adalah udara
Pompa fluida (zat yang dialirkan) adalah cairan
BENTUK-BENTUK
ENERGI
Energi adalah suatu besaran turunan dengan satuan N.m
atau Joule. Energi dan kerja mempunyai satuan yang sama. Sedangkan kerja dapat
didefinisikan sebagai usaha untuk memindahkan benda sejauh S (m) dengan gaya F
(Newton). Sedang bentuk-bentuk energi lain sebagai berikut :
1. Energi
Kinetik ; energi suatu benda karena bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh
, mobil yang bergerak, benda jatuh dan lain-lain.
2. Energi
potensial adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukannya. Sebagai
contoh, energi potensial air adalah energi yang dimiliki air karena
ketinggiannya dari permukaan.
3. Energi
potesial pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan
pegas untuk berada pada kedudukan tertentu karena penarikan pegas.
4. Energi
mekanik adalah energi total yaitu penjumlahan antara energi kinetik dengan
energi potesial.
5. Energi
mekanik pada benda-benda yang berputar misalnya poros mesin-mesin fluida
(turbin, pompa, atau kompresor) dinamakan Torsi, yaitu energi yang dbutuhkan
atau dihasilkan benda untuk berputar dengan gaya sentrifugal F dimana energi
tersebut pada r tertentu dari pusat putaran.
6. Energi
Aliran atau kerja aliran adalah kerja yang dilakukan oleh fluida yang mengalir
untuk mendorong sejumlah massa m ke dalam atau ke luar sistem
7. Panas
(Q) yaitu energi yang ditransfer ke atau dari subtansi karena perbedaan
temperatur
SIFAT ENERGI
Energi di alam adalah kekal artinya energi tidak dapat
diciptakan dan dimusnahkan tetapi hanya dapat diubah dari energi satu ke energi
lainnya (Hukum kekekalan energi).
Ilmu yang mempelajari perubahan energi dari energi satu
ke lainnya disebut dengan ilmu konversi energi.
sifat-sifat energi secara umum adalah :
1. Transformasi energi, artinya energi
dapat diubah menjadi bentuk lain, misalkan energi panas pembakaran menjadi
energi mekanik mesin
2. Transfer
energi, yaitu energi panas (heat) dapat ditransfer dari tempat satu ke tempat
lainnya atau dari material satu ke material lainnya.
3. Energi
dapat pindah ke benda lain melalui suatu gaya yang menyebabkan pergeseran,
sering disebut dengan energi mekanik
D. Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
|
Kls/smt
|
Kemampuan yang diuji / materi
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
No. soal
|
Proses MKE
|
X / 1
|
Pringsip MKE
|
1. Sifat-sifat
energy
2. Bentuk-bentuk
energi
|
Pilihan ganda
|
Ø Soal
1.
Mesin Konversi Energi adalah ilmu yang
mempelajari hubungan panas dengan …
a. mesin
b. panas
c. kerja
d. beban
e. air
2.
Suatu zat alir yang dialirkan pada benda kerja disebut
…
a. air
b. angin
c. minyak
d. fluida
e. kerja
3.
Suatu besaran turunan dengan satuan N.m atau
Joule disebut …
a. massa
b. gaya
c. tegangan
d. jarak
e. energy
4.
Salah satu Sifat energi dapat diubah menjadi
bentuk lain, misalkan energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin
disebut …
a. transfer
energi
b. energy
mekanik
c. energy
dalam
d. energy
alami
e. transformasi
energy
5.
Energi dapat pindah ke benda lain melalui suatu
gaya yang menyebabkan pergeseran, disebut …
a. energy
mekanik
b. transfer
energy
c. transformasi
energy
d. energy
kalor
e. energy
aliran
esay
tuliskan penjelasan bentuk-bentuk energy dibawah ini :
1.
Energi Kinetik ; energi suatu benda karena
bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh , mobil yang bergerak, benda jatuh
dan lain-lain.
2.
Energi potensial adalah energi yang tersimpan
pada benda karena kedudukannya. Sebagai contoh, energi potensial air adalah
energi yang dimiliki air karena ketinggiannya dari permukaan.
3.
Energi potesial pegas adalah energi yang
dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan pegas untuk berada pada kedudukan
tertentu karena penarikan pegas.
4.
Energi Aliran atau kerja aliran adalah kerja
yang dilakukan oleh fluida yang mengalir untuk mendorong sejumlah massa m ke
dalam atau ke luar sistem
5.
Panas (Q) yaitu energi yang ditransfer ke atau
dari subtansi karena perbedaan temperatur
Susukan, 14 Juli 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Heri Santoso,S.pd. Yusup
Anis
No comments:
Post a Comment