Pages

Ads 468x60px

Friday 26 August 2016

RPP Autocad Kontruksi geometri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan       :     SMK Muhammadiyah Susukan
Mata Pelajaran             :     (Mulok) Menggambar dengan menggunkan software Autocad
Kelas / Semester          :     X / Gasal
Alokasi Waktu               :     10 x 45 menit

Kompetensi Inti :
a.         Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.


b.         Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan masalah dalam Memelihara baterai.
c.         Mentransformasi diri dalam berperilaku:  teliti,  kritis, disiplin,  dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan tugas  system variable dalam autocad
d.         Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli lingkungan dalam melakukan system variable atau masukan perintah pada autocad
e.         Menjelaskan system variable program autocad

Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Perintah Line
Perintah circle
Perintah arc
Menggambar kontruksi geometris
Variable pada autocad/perintah-perintah pada autocad


A.        Tujuan Pembelajaran
a.     Mengaplikasikan perintah-perintah dasar autocad.
b.     Menggambar konstruksi geometrik secara baik dan benar menggunakan AutoCAD.

B.        Materi Pembelajaran
a.     Aplikasi perintah line
b.     Aplikasi perintah circle
c.     Aplikasi perintah Arc

C.        Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
a.     Pendekatan   :     Saintifik (Scientific)
b.     Strategi            :     Cooperative learning
c.     Model               :     Problem Based Learning
d.     Metode           :     Ceramah, observasi, praktek

D.        Alat, Media dan Sumber Belajar
a.     Alat                    : LCD proyektor, Komputer, whiteboard, alat tulis, software Autocad
b.     Media               : Power point / Ms Word
                            Modul Autocad 2D

E.         Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 6 s/d 10
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan

-      Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
-      Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-      Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
-      Guru memberikan apersepsi.
-      Guru memberi motivasi kepada siswa secara komunikatif dan kreatif.
20 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi :
-      Guru mengarahkan siswa untuk Mengaplikasikan perintah-perintah dasar autocad
-      Guru mengarahkan siswa menggambar konstruksi geometrik secara baik dan benar menggunakan AutoCAD
Elaborasi :
-      Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan perintah line
-      Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan perintah circle
-      Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan perintah arc
Konfirmasi :
-      Guru menjelaskan cara menggunakan perintah line
-      Guru menjelaskan cara menggunakan perintah circle
-      Guru menjelaskan cara menggunakan perintah arc
-      Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang berhasil menggambar kontruksi geometris dengan tepat dan benar
-      Guru memberi motivasi terhadap siswa yang belum berhasil.
410 menit
Penutup
-      Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-      Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-      Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-      Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara mandiri dan jujur.
-      Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk menciptakan suasana yang religius.
20 menit

F.         Teknik dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
Pengetahuan
Tes tertulis/praktek

C.      Ringkasan Materi
Untuk membuat gambar konstruksi geometrik maupun komponen mesin diperlukan pengetahuan perintah-perintah menggambar yang ada di dalam software AutoCAD. Adapun perintah-perintah dasar yang paling banyak digunakan adalah sebagai berikut:
1.         LINE
Merupakan perintah untuk membentuk gambar garis lurus. Berikut ini tiga metode untuk membuat gambar garis lurus, yaitu:
a.    Metode dengan prinsip Cartesius
Command: L ←                                                                                 Command: L ←
From point: [x1,y1] ←                         atau                                         From point: [x2,y2] ←
To point: [x2,y2] ←                                                                            To point: [x1,y1] ←
To point: ←                                                                                       To point: ←

b.    Metode dengan prinsip Polar
Command: L ←                                                                                 Command: L ←
From point: [x1,y1] ←                         atau                                         From point: [x2,y2] ←
To point: @[P]<[α] ←                                                                         To point: @[P]<[-β] ←
To point: ←                                                                                       To point: ←

c.     Metode dengan prinsip Relatif
Command: L ←                                                                                 Command: L ←
From point: [x1,y1] ←                         atau                                         From point: [x2,y2] ←
To point: @[x,y] ←                                                                            To point: @[-x,-y] ←
To point: ←                                                                                       To point: ←













2.         CIRCLE
Perintah ini digunakan untuk membentuk gambar lingkaran.
Berikut ini lima metode untuk membentuk gambar lingkaran, yaitu:
a.    Metode dengan prinsip titik pusat (Center) dan jari-jari (Radius)
b.    Metode dengan prinsip titik pusat (Center) dan garis tengah (Diameter)
c.     Metode dengan prinsip 3P (3 titik acuan)
d.    Metode dengan prinsip 2P (2 titik acuan yang menjadi ujung – ujung garis tengah lingkaran)
e.    Metode dengan prinsip TTR (Tangen-Tangen-Radius atau dua objek singgung dan jari-jari)

3.         ARC
Adalah perintah untuk membentuk busur (garis lengkung).
Berikut ini sebelas prisip dasar pembentukan garis lengkung beserta
beberapa pilihan yang berkaitan dengan pembentukan garis lengkung, yaitu:
3P                      =     3 titik acuan (3 point)
S                        =     Titik awal (Start)
C                        =     Titik pusat (Center)
E                        =     Titik akhir (End)
A                       =     Besar sudut (Angle)
R                        =     Jari-jari (Radius)
D                       =     Arah pergerakan lengkung (Direction)
N                       =     Panjang garis lengkung (Length)
CONTIN              =     Melanjutkan pembentukan gambar garis lengkung

a.    Pembentukan garis lengkung dengan metode 3P
b.    Pembentukan garis lengkung dengan metode S,C,E
c.     Pembentukan garis lengkung dengan metode S,C,A
d.    Pembentukan garis lengkung dengan metode S,C,L
e.    Pembentukan garis lengkung dengan metode S,E,A
f.      Pembentukan garis lengkung dengan metode S,E,R
g.    Pembentukan garis lengkung dengan metode S,E,D


D.      Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø  Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
Kls/smt
Kemampuan yang diuji / materi
Indikator
Bentuk Tes
No. soal
Menggambar kontruksi geometris
X / 1
-   Mengaplikasikan perintah-perintah dasar menggambar
1.  Perintah line
2.  Perintah circle
3.  Perintah arc
Tertulis
praktek


Ø  Soal
Tugas 1
Buatlah gambar konstruksi geometrik dibawah ini dengan menggunakan perintah dasar Line dan ARC. Ikuti petunjuk/langkah yang telah ada.





jawaban
Command: limits
Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
Specify upper right corner <12.0000,9.0000>: 210,297
Command: z
ZOOM
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window] <real time>: a
Regenerating model.
Command: _line Specify first point: (klik di titik A)
Specify next point or [Undo]: @0,-5 (membuat garis AB)
Specify next point or [Undo]: @10,0 (membuat garis BC)
Specify next point or [Close/Undo]: @25,25 (membuat garis CD)
Specify next point or [Close/Undo]: @0,5 (membuat garis DE)
Specify next point or [Close/Undo]: @-35,0 (membuat garis EF)
Specify next point or [Close/Undo]: @0,-5 (membuat garis FG)
Specify next point or [Close/Undo]: (tekan enter)
Command: arc (membuat busur OGA)
Specify start point of arc or [Center]: (klik di titik G)
Specify second point of arc or [Center/End]: E
Specify end point of arc: (klik di titik A)
Specify center point of arc or [Angle/Direction/Radius]: R
Specify radius of arc: 10


Tugas 2
Buatlah gambar konstruksi geometrik dibawah ini dengan menggunakan perintah dasar Line dan Circle. Ikuti petunjuk/langkah yang telah ada.





jawaban
Command: limits
Reset Model space limits:
Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
Specify upper right corner <12.0000,9.0000>: 210,297
Command: z
ZOOM
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window] <real time>: a
Regenerating model.
Membuat lingkaran L1
Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: (klik di sembarang titik)
Specify radius of circle or [Diameter] <5.0000>: 15
Membuat lingkaran L2
Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]:_cen of (klik lingkaran L1)
Specify radius of circle or [Diameter] <15.0000>: 20
Command: _line Specify first point: _qua of (klik di titik A)
Specify next point or [Undo]: @0,-50 (membuat garis AB)
Specify next point or [Undo]: @5,0 (membuat garis BC)
Specify next point or [Close/Undo]: @0,25 (membuat garis CD)
Specify next point or [Close/Undo]: @30,0 (membuat garis DE)
Specify next point or [Close/Undo]: @0,-25 (membuat garis EF)
Specify next point or [Close/Undo]: @5,0 (membuat garis FG)
Specify next point or [Close/Undo]: _qua of (klik di titik H;membuat garis GH)
Specify next point or [Close/Undo]: (tekan enter)





Tugas 3
Buatlah gambar konstruksi geometrik dibawah ini dengan menggunakan perintah dasar Retangle dan Circle.





jawaban
Membuat bentuk A
Command: _rectang
Current rectangle modes: Fillet=15.0000
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (klik sembarang
titik,selanjutnya disebut titik K)
Specify other corner point or [Dimensions]: @30,50
Membuat bentuk B
Command: _rectang
Current rectangle modes: Fillet=15.0000
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: F
Specify fillet radius for rectangles <15.0000>: 10
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: from (klik titik K)
Base point: <Offset>: @5,5
Specify other corner point or [Dimensions]: @20,40
Membuat lingkaran C
Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: _cen of (klik busur terdekat lingkaran yang hendak dibuat,C)
Specify radius of circle or [Diameter]: D
Specify diameter of circle: 10
Membuat lingkaran D
Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: _cen of (klik busur terdekat lingkaran yang hendak dibuat,D)
Specify radius of circle or [Diameter] <5.0000>: D
Specify diameter of circle <10.0000>: 10






Tugas Lembar kerja 1










Tugas Lembar kerja 2












Tugas Lembar kerja 3









usukan, 14 Juli 2016
Mengetahui                                                                                                                                
Kepala Sekolah                                                                                                                                  Guru Mapel


Heri Santoso,S.pd.                                                                                                                            Yusup Anis

No comments:

Post a Comment