RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Muhammadiyah
Susukan
Mata Pelajaran :
(Mulok) Menggambar dengan menggunkan
software Autocad
Kelas / Semester : X /
Gasal
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Inti :
a.
Mengamalkan
nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan.
b.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir, dan strategi menyelesaikan
masalah dalam Memelihara baterai.
c.
Mentransformasi
diri dalam berperilaku: teliti, kritis, disiplin, dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan
tugas system variable dalam
autocad
d.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli
lingkungan dalam melakukan system variable atau masukan perintah pada
autocad
e.
Menjelaskan
system variable program autocad
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATERI POKOK
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Perintah
Line
Perintah
circle
Perintah
arc
|
Menggambar
kontruksi geometris
|
Variable
pada autocad/perintah-perintah pada autocad
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
a. Mengaplikasikan
perintah-perintah dasar autocad.
b. Menggambar konstruksi geometrik secara baik
dan benar menggunakan AutoCAD.
B.
Materi
Pembelajaran
a. Aplikasi
perintah line
b.
Aplikasi perintah circle
c.
Aplikasi perintah Arc
C.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
(Scientific)
b.
Strategi :
Cooperative learning
c.
Model :
Problem Based Learning
d.
Metode :
Ceramah, observasi,
praktek
D.
Alat,
Media dan Sumber Belajar
a.
Alat : LCD proyektor, Komputer,
whiteboard, alat tulis, software Autocad
b.
Media : Power point / Ms Word
Modul
Autocad 2D
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 6 s/d 10
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengawali pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
-
Sebagai wujud kepedulian lingkungan, guru
memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
-
Guru menyampaikan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator pelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu
peserta didik.
-
Guru memberikan apersepsi.
-
Guru memberi motivasi kepada siswa secara
komunikatif dan kreatif.
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi :
-
Guru mengarahkan siswa untuk Mengaplikasikan
perintah-perintah dasar autocad
-
Guru
mengarahkan siswa menggambar konstruksi geometrik secara baik dan benar
menggunakan AutoCAD
Elaborasi :
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah line
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah circle
-
Siswa menulis/menggambar dengan menggunakan
perintah arc
Konfirmasi :
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah
line
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah
circle
-
Guru menjelaskan cara menggunakan perintah arc
-
Guru memberi penghargaan terhadap siswa yang berhasil
menggambar kontruksi geometris dengan tepat dan benar
-
Guru memberi motivasi terhadap siswa yang
belum berhasil.
|
410 menit
|
Penutup
|
-
Guru membantu menyimpulkan materi pelajaran.
-
Menginformasikan pada siswa untuk mempelajari
materi berikutnya untuk menambah rasa ingin tahu siswa.
-
Guru mengingatkan kepada siswa untuk mengerjakan
soal-soal pada modul secara tekun dan mandiri.
-
Pemberian tugas rumah untuk dikerjakan secara
mandiri dan jujur.
-
Mengakhiri pelajaran dengan salam untuk
menciptakan suasana yang religius.
|
20 menit
|
F.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis/praktek
|
C.
Ringkasan
Materi
Untuk membuat gambar
konstruksi geometrik maupun komponen mesin diperlukan pengetahuan
perintah-perintah menggambar yang ada di dalam software AutoCAD. Adapun
perintah-perintah dasar yang paling banyak digunakan adalah sebagai berikut:
1.
LINE
Merupakan
perintah untuk membentuk gambar garis lurus. Berikut ini tiga metode untuk
membuat gambar garis lurus, yaitu:
a. Metode
dengan prinsip Cartesius
Command: L ← Command:
L ←
From point: [x1,y1] ← atau
From
point: [x2,y2] ←
To point: [x2,y2] ← To
point: [x1,y1] ←
To point: ← To
point: ←
b. Metode
dengan prinsip Polar
Command: L ← Command:
L ←
From point: [x1,y1] ← atau
From
point: [x2,y2] ←
To point: @[P]<[α] ← To
point: @[P]<[-β] ←
To point: ← To
point: ←
c. Metode
dengan prinsip Relatif
Command: L ← Command:
L ←
From point: [x1,y1] ← atau
From
point: [x2,y2] ←
To point: @[x,y] ← To
point: @[-x,-y] ←
To point: ← To
point: ←

2.
CIRCLE
Perintah ini digunakan untuk membentuk
gambar lingkaran.
Berikut ini lima metode untuk
membentuk gambar lingkaran, yaitu:
a. Metode
dengan prinsip titik pusat (Center) dan jari-jari (Radius)
b. Metode
dengan prinsip titik pusat (Center) dan garis tengah (Diameter)
c. Metode
dengan prinsip 3P (3 titik acuan)
d. Metode
dengan prinsip 2P (2 titik acuan yang menjadi ujung – ujung garis tengah
lingkaran)
e. Metode
dengan prinsip TTR (Tangen-Tangen-Radius atau dua objek singgung dan jari-jari)
3.
ARC
Adalah perintah untuk
membentuk busur (garis lengkung).
Berikut ini sebelas prisip
dasar pembentukan garis lengkung beserta
beberapa pilihan yang
berkaitan dengan pembentukan garis lengkung, yaitu:
3P =
3 titik acuan (3 point)
S =
Titik awal (Start)
C =
Titik pusat (Center)
E =
Titik akhir (End)
A =
Besar sudut (Angle)
R =
Jari-jari (Radius)
D =
Arah pergerakan lengkung (Direction)
N =
Panjang garis lengkung (Length)
CONTIN =
Melanjutkan pembentukan gambar garis
lengkung
a. Pembentukan
garis lengkung dengan metode 3P
b. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,C,E
c. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,C,A
d. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,C,L
e. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,E,A
f. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,E,R
g. Pembentukan
garis lengkung dengan metode S,E,D
D. Evaluasi/Penilaian Hasil Belajar:
Ø Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
|
Kls/smt
|
Kemampuan yang diuji / materi
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
No. soal
|
Menggambar kontruksi geometris
|
X / 1
|
- Mengaplikasikan
perintah-perintah dasar menggambar
|
1. Perintah
line
2. Perintah
circle
3. Perintah
arc
|
Tertulis
praktek
|
Ø Soal
Tugas 1

jawaban
Command: limits
Reset Model space
limits:
Specify lower left corner
or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
Specify upper right
corner <12.0000,9.0000>: 210,297
Command: z
ZOOM
Specify corner of
window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window]
<real time>: a
Regenerating model.
Command: _line
Specify first point: (klik di titik A)
Specify next point
or [Undo]: @0,-5 (membuat garis AB)
Specify next point
or [Undo]: @10,0 (membuat garis BC)
Specify next point
or [Close/Undo]: @25,25 (membuat garis CD)
Specify next point
or [Close/Undo]: @0,5 (membuat garis DE)
Specify next point
or [Close/Undo]: @-35,0 (membuat garis EF)
Specify next point
or [Close/Undo]: @0,-5 (membuat garis FG)
Specify next point
or [Close/Undo]: (tekan enter)
Command: arc
(membuat busur OGA)
Specify start point
of arc or [Center]: (klik di titik G)
Specify second
point of arc or [Center/End]: E
Specify end point
of arc: (klik di titik A)
Specify center
point of arc or [Angle/Direction/Radius]: R
Specify radius of
arc: 10
Tugas 2

jawaban
Command: limits
Reset Model space
limits:
Specify lower left
corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>:
Specify upper right
corner <12.0000,9.0000>: 210,297
Command: z
ZOOM
Specify corner of
window, enter a scale factor (nX or nXP), or
[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window]
<real time>: a
Regenerating model.
Membuat lingkaran
L1
Command: _circle
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: (klik di
sembarang titik)
Specify radius of
circle or [Diameter] <5.0000>: 15
Membuat lingkaran
L2
Command: _circle
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]:_cen of
(klik lingkaran L1)
Specify radius of circle
or [Diameter] <15.0000>: 20
Command: _line
Specify first point: _qua of (klik di titik A)
Specify next point
or [Undo]: @0,-50 (membuat garis AB)
Specify next point
or [Undo]: @5,0 (membuat garis BC)
Specify next point
or [Close/Undo]: @0,25 (membuat garis CD)
Specify next point
or [Close/Undo]: @30,0 (membuat garis DE)
Specify next point
or [Close/Undo]: @0,-25 (membuat garis EF)
Specify next point
or [Close/Undo]: @5,0 (membuat garis FG)
Specify next point
or [Close/Undo]: _qua of (klik di titik H;membuat garis GH)
Specify next point
or [Close/Undo]: (tekan enter)
Tugas 3

jawaban
Membuat bentuk A
Command: _rectang
Current rectangle modes:
Fillet=15.0000
Specify first
corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: (klik sembarang
titik,selanjutnya
disebut titik K)
Specify other
corner point or [Dimensions]: @30,50
Membuat bentuk B
Command: _rectang
Current rectangle modes:
Fillet=15.0000
Specify first
corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: F
Specify fillet
radius for rectangles <15.0000>: 10
Specify first
corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: from (klik titik K)
Base point: <Offset>:
@5,5
Specify other
corner point or [Dimensions]: @20,40
Membuat lingkaran C
Command: _circle
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: _cen of
(klik busur terdekat lingkaran yang hendak dibuat,C)
Specify radius of
circle or [Diameter]: D
Specify diameter of
circle: 10
Membuat lingkaran D
Command: _circle
Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: _cen of
(klik busur terdekat lingkaran yang hendak dibuat,D)
Specify radius of
circle or [Diameter] <5.0000>: D
Specify diameter of
circle <10.0000>: 10
Tugas Lembar kerja 1

Tugas Lembar kerja 2

Tugas Lembar kerja 3

usukan, 14 Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Heri Santoso,S.pd. Yusup
Anis
No comments:
Post a Comment