Pages

Ads 468x60px

Wednesday 24 October 2012

Langkah Langkah Mudah Gunakan 3M Injector Cleaner . . . Tematik Workshop FI Yamaha



Bro sekalian, setelah artikel tematik Workshop FI Yamaha pertama yang mengupas masalah diagnostik tool FI Yamaha, kali ini kita akan mengupas bagaimana Mudahnya menggunakan 3M Injector Cleaner yang dipilih Yamaha. 3M Universal Fuel Injector Cleaner adalah salah satu contoh alat pembersih sistem injeksi yang digunakan  Tentu saja dijual umum dan bukan hanya untuk Motor Yamaha semua motor yang menggunakan sistem injeksi pun disinyalir bisa, yang penting konektornya ada dan Dipastikan tata caranya akan sama dengan langkah langkah yang akan tmcblog ceritakan di artikel ini. . . . mari kita mulai . . . jeng jeng . . .

Kenapa Pilih 3M Universal Injector Cleaner ?


Menurut Yamaha dipilihnya Cleaner ini dikarenakan sifat cairan pembersihnya yang aman terhadap fungsi fungsi elektrikal dari sensor sensor . . . kita tahu di sistem Injeksi motor ada banyak sekali sensor bertebaran. Lagi Pula Larutan kimianya pun aman terhadap karet karet klep sambungan, begitu yang disampaikan oleh Pak Abidin Assisten GM technical YIMM saat workshop kemarin

Langkah 1 : Bersihkan Throtel Body


Bro sekalian Langkah pertama adalah membersihkan Trotel Body . ..  trotel body ini merupakan Part untuk mengalirkan Udara yang digunakan untuk pembakaran . . . nah karena udara tempat kita riding nggak ketauan kualitasnya dan disinyalir berbeda beda maka lama kelamaan beberapa bagiandari trotel body seperti trotel plate dan klep kupu kupu yang digunakan untuk mengendalikan aliran udara kadang kadang tedapat penumpukan karbon dan kotoran

Pembersihan Trotel body dilakukan terpisah. Kenapa ? Karena saat menggunakan 3M Injector Cleaner yang terkena pembersihan adalah jalur injector, ruang bakar dan klep . . . sedangkan trotel body nggak kena  . . . sehingga kita harus bongkar sistem injector lepas trotel body, lalu bersihkan Trotel body secara terpisah. Caranya dengan menyemprotkan bagian bagian dalam dari trotel body dengan pembersih karburator (Carb Cleaner) Caranya silahkan simak gambar dan Videonya ya . . .

Jangan Lupa setelah dibersihkan, kembalikan lagi install ke dalam sistem injeksinya he he he . ..  jujur sebenarnya bagian bongkar body Mio J adalah yang paling lama dan sulit dibandingkan ngebersihin Trotel body dan Injectornya sendiri :mrgreen: kalo untuk Vixion sih lebih gambang, tinggal angkat Tangki doang :D

Langkah 2 : Persiapan Pembersihan Injector dan Ruang bakar

Yup bro yang dibersihkan bukan hanya Injector, melainkan juga Ruang Bakarnya karena Cairan 3M Universal Injector Cleaner berlaku juga sebagai bahan bakar sementara yang akan dibakar dalam ruang bakar motor nantinya. Menurut spesifikasinya cairan pada 3M Universal Fuel Injector Cleaner juga merupakan campuran bbm ber Oktan Tinggi . . . so cukup aman buat mesin kompresi tinggi tentunya, cmiiw.  So seperti yang tmcblog tulis dari awal yang akan dibersihkan bisa meliputi injector, ruang bakar, dome piston, sampai klepnya karena kesemua part ini akan bersentuhan dengan cairan cleaner saat proses pembersihan

Proses pembersihannya menggunakan kerja mesin, so Mesin akan dinyalakan nanti saat pembersihan. Karena Bahan Bakarnya menggunakan Cairan 3M Injector Cleaner maka suplay bahan bakar dari Tangki bbm harus dihentikan . . . caranya dengan mencopot konektor pipa saluran bbm yang bertemu dengan Injector dan Melepas konektor power fuel pump untuk mematikan Fuelpump . . . Ingat . . .kalo nggak dilepas konektor powernya, nanti bbm akan nyemprot dari pipa (hose) dan tentu berbahaya !!

Tutup dulu keran saluran tabung Injector cleaner, ini akan menyetop aliran cairan cleaner lalu atur tekanan yang keluar dari tabung injector Cleaner menggunakan sebuah regulator menyamai tekanan semburan bahan bakar dari Fuel Tank. Untuk Mio J sebesar 325 kPa (kilo pascal) dan untuk Vixion 250 kPa, untuk motor lain tentu berbeda nilainya silahkan cari di spesifikasinya ya. FYI, 3M Universal Fuel Injector Cleaner memiliki spesifikasi tekanan 100 psi atau sekitar 689,5 kPa . . . so masih melebihi tekanan yang dihasilkan Fuel Pump, oleh karena itu butuh regulator . . .kalo nggak bakalan terlalu kencang nyemprotnya.

Lalu Sambungkan ujung konektor yang dibuat khusus untuk bertemu dengan ujung saluran injector dari Mio J. Ujung konektor ini pun berbeda beda Mio J berbeda dengan Vixion. Di alat Injector cleaner plus selang dan konektor seharga 4 juta rupiah ini sudah termasuk konektor cleaner ke injector Vixion dan Mio J dan disediakan Yamaha Untuk jaringan 3S nya. Setelah terkoneksi  sampai disini proses persiapan telah Lengkap. Kita akan masuk ke sesi pembersihannya.

Langkah 3 : Proses Pembersihan Injector dan Ruang Bakar



Langkah pertama yang kita lakukan adalah memutar kunci kontak dalam posisi ON . . . lalu Buka keran selang penghubung tabung cleaner dengan injector untuk mengalirkan cairan injector Cleaner ke sistem Injeksi Via injector.

Lalu setelah itu nyalakan mesin motor secara normal di RPM Langsam alias RPM Idle tanpa betotan he he he, dari sini kita akan lihat bahwa akumulasi tekanan yang terlihat pada pressure meter akan berkurang dari 324 menjadi sekitar 240 pada kasus Mio J yang tmcblog bersihkan. tekanan akumulasi ini sudah merupakan tekanan akumulasi karena tabung sudah dihubungkan dengan ruang bakar via injector. Proses penyalaan mesin dilakukan selama 10 menit


Kalau sudah 10 menit tekanan pada 3 m dikurangi sampai Nol yang artinya juga merupakan upaya menutup aliran cairan injector cleaner ke injector. lalu setelah itu tunggu sampai mesin mati dengan sendirinya. Setelah mesin mati, lakukan starter beberapa kali untuk memastikan cairan Injector cleaner sudah benar benar habiiiss. Lalu setelah itu matikan mesin, copot Konektor Selang yang terhubung dengan tabung cleaner menggunakan lap. Masih kurang yakin juga turunkan selang lalu keluarkan sisa cairan dengan bantuan gaya Gravitasi

Setelah itu Copot kembali konektor selang cleaner yang terhubung ke Injector, lalu pasang kembali konektor selang dari Fuelpump. Pasang Konektor power fuel pump lalu pasang kembali body bagasi underseat Motor (jujur bagian ini yang ckup riber :D )  . . . dan Injector plus Ruang bakar pun telah mengalami proses pembersihan yang efeknya diharapkan dapat menyegarkan performa mesin, menghaluskan idle /langsam, memperbaiki performa akselerasi, menghemat bahan bakar serta memperbaiki emisi gas buang agar langit semakin biru.

:roll: Injector yang sudah bersih
Dari proses yang tmcblog papar kan disini terlihat memang proses pembersihan menggunakan 3M universal Fuel Injector Cleaner ini memang cukup mudah. Ini tentu kembali mengisyaratkan kesiapan yamaha untuk memback up layanan Aftersales Unit produk Injeksinya . . . Oke mantab lah . . .

Dan tmcblog  pikir Bengkel Umum disinyalir Bisa untuk melakukan Hal ini jika mereka siap . . . karena sebenarnya 3M Universal Fuel Injector Cleaner itu dijual bebas baik kaleng, pipa selang, gauge (penunjuk tekanan) nya  . . . cuma emang agak sedikit lama nungguin konektor ke mulut injector motornya (soale beda injector, beda konektor)  . . . Yang penting pointnya adalah . . . bukannya Mustahil untuk Bengkel umum untuk melakukan hal ini, imho, cmiiw . . .  oke tunggu artikel berikutnya tentang langkah menggunakan sistem Injector Cleaner dan tester buatan Yamaha Motor Corporation . . . silahkan dikunyah kunyah informasi ini dan semoga Berguna

Sumber : Taufik of BuitenZorg

No comments:

Post a Comment