Pages

Ads 468x60px

Monday 24 September 2012

Roda N' Ban


  Fungsi Utama Ban

1. Menahan beban

Dalam hal menahan beban, yang paling berpengaruh adalah tekanan angin, karena angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat kendaraan dan muatan.

2. Meredam
    guncangan

Tekanan angin dan type ban (radial/ bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias.


3. Meneruskan tenaga     dari mesin 

Ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengeraman ke permukaan jalan, hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman. Yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.


4. Meneruskan
    fungsi kemudi

Ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.

  Bahasa Ban
Ban mempunyai ‘bahasa’ sendiri untuk berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa ban yang berupa serangkaian angka dan huruf menunjukkan data-data spesifikasi, merek dan tipe, yang universal dan sudah disepakati oleh semua produsen ban di seluruh dunia.

Berikut adalah arti dari kode tersebut:
1. Lebar ban (dalam mm)
2. Aspek rasio (%) tinggi sidewall
    terhadap lebar ban
3. Diameter ban / velg (dalam inch)
4. Indeks beban / Load Index
5. Simbol kecepatan / Speed Index
  Memahami Indeks Beban dan Simbol Kecepatan

Indeks kecepatan adalah simbol huruf mulai dari J sampai dengan Z yang telah disepakati bersama seluruh produsen ban untuk menunjukkan batas kecepatan maksimum yang aman, yang juga berhubugan dengan indeks beban. Lihat tabel indeks beban dan simbol kecepatan di bawah ini.

Kedua unsur dibawah ini disebut juga keterangan penggunaan ban dan saling berhubungan. Tabel di bawah ini memberikan informasi nilai indeks beban dan simbol kecepatan untuk masing-masing simbol atau nilai.
  Indeks Beban (simbol and beban maksimum dalam Kg)
LIKgsLIKgsLIKgLIKgLIKgLIKg
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
325
335
345
355
365
375
387
400
412
425
437
450
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
462
485
487
500
515
530
545
560
582
600
615
630
93
94
95
96
97
98
99
100
101
102
103
104
650
670
690
710
730
750
775
800
825
850
875
900
93
94
95
96
97
98
99
100
101
102
103
104
650
670
690
710
730
750
775
800
825
850
875
900
105
106
107
108
109
110
111
112
113
114
115
116
925
950
975
1000
1030
1060
1090
1120
1150
1180
1215
1250
117
118
119
120
121
122
123
124
125
126
127
128
1285
1320
1360
1400
1450
1500
1550
1600
1650
1700
1750
1800


  Simbol Kecepatan (simbol and kecepatan maksimum dalam km/jam)
JKLMNPQRSTHVWY
KmH
100
110
120
130
140
150
160
170
180
190
210
240
270
300
Keterangan: Simbol "ZR" berarti aman dipacu lebih dari 240km/jam
 Saat Tepat Mengganti Ban


Setiap ban memiliki tread wear indicator (TWI), 
yang berbentuk segitiga  dan terdapat pada sisi samping ban (side wall). TWI ini merupakan indikator tingkat keausan ban dan bisa juga menjadi patokan untuk mengganti ban. Saat tapak ban sudah melampaui indikator tersebut, terlihat garis melintang antara tapak ban, yang berarti ban tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan.


Ban yang sudah botak sangat mempengaruhi pengendalian dan jarak pengereman!

Perhatikan juga fisik ban, untuk memperhatikan saatnya mengganti ban, antara lain melalui tanda-tanda di bawah ini


Benjolan pada ban

Sebaiknya segera ganti ban yang benjol dengan yang baru, karena berpotensi untuk terjadinya pecah ban


Banyak terdapat tambalan

Berpotensi untuk bocor seketika


Karet ban getas/
pecah-pecah

Biasanya terdapat pada sisi samping ban
Hubungi gerai ban terdekat jika anda manemui tanda-tanda kerusakan atau kelainan pada ban anda.

 Pola Telapak Ban

Saat ini merek dan kembangan ban begitu bervariasi. Apakah anda sudah memilih ban yang tepat untuk memenuhi kebutuhan berkendaraan anda?

Pada dasarnya, pola telapak ban hanya terbagi menjadi tiga golongan utama, yakni Searah(Directional),Simetris (Symmetric), dan Asimetris (Asymmetric).

Ketiga golongan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengemudi yang berbeda-beda.
Searah
(Directional)

Ban searah memiliki ciri telapak searah yang menyerupai anak panah atau pola kembangannya berbentuk huruf "v".

Fitur:

Menepis air dengan sempurna untuk pengendalian yang lebih
  baik di permukaan basah maupun kering

Performa dan pengereman yang lebih baik

Biasanya tersedia dalam ukuran besar (15" keatas) dan memiliki   indeks kecepatan yang tinggi

Cocok untuk:
Pengemudi yang menyukai performa dan kecepatan tinggi.

Simetris
(Symmetric)

Ban simetris biasanya memiliki telapak dengan desain rib yang berkesinambungan atau blok. Kedua sisinya, baik sisi dalam maupun luar memiliki fitur dan kegunaan yang sama. Pada umumnya ban dengan pola simetris memiliki alur yang menyerupai gelombang.

Fitur:

Nyaman dan sangat hening

Alur utama untuk menepis air

Cocok untuk:
Pengemudi yang menyukai kenyamanan dan keheningan dalam berkendara.

Asimetris/
(Asymmetric)
Ban asimetris memiliki pola yang unik untuk membedakan kedua bagian sisinya. Bagian luar ban biasanya memiliki desain alur yang lebih besar untuk menepis air dan meningkatkan pengendalian pada jalan basah. Sedangkan bagian dalam ban memiliki alur yang lebih kecil guna memperluas bidang yang berhentuhan dengan jalan sehingga ban lebih stabil.

Fitur:

Pengendalian yang baik di jalan basah maupun kering

Pengendalian yang baik pada saat membelok pada
  kecepatan tinggi

Cocok untuk:
Pengemudi yang menyukai performa tinggi.

Tips Merawat Ban Agar Berfungsi Maksimal dan Tahan Lebih Lama

• Perhatikan tekanan angin pada ban sekurangnya dua minggu sekali. Sesuaikan dengan
  petunjuk pabrikan tekanan angin
• Upayakan ban di-balancing dan spooring agar pengendalian dan performa tetap maksimal
  saat beraksi di jalan
• Bila kotor, sebaiknya hanya gunakan sabun atau sampo mobil untuk membersihkan ban

 Tekanan Angin


Tekanan angin adalah hal yang paling penting dalam perawatan ban. Artinya, ban harus diberi tekanan angin sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya dan bisa didapatkan di berbagai area kendaraan Anda, seperti di ujung pintu pengemudi, di bagian bawah pintu atau di bagian dalam kotak penyimpanan di pintu kendaraan.

Tekanan angin kurang dapat menyebabkan kerusakan bagian sidewall, menurunnya kapasitas angkut beban, dan juga mengakibatkan borosnya bahan bakar. Karenanya tekanan angin ban harus diperiksa secara berkala, paling tidak setiap dua minggu sekali atau ketika hendak melakukan perjalanan jarak jauh.

Perhatikan:
Memeriksa tekanan angin ban sebaiknya pada saat ban dalam keadaan dingin. Bila kendaraan baru saja dipakai, biarkanlah suhu ban turun sebelum diperiksa tekanan anginnya.


Tekanan angin yang tidak tepat dapat membuat ban aus tidak merata.

Keausan di tengah disebabkan oleh tekanan angin yang terlalu tinggi karena pemakaian kembangan ban bagian tengah yang berlebihan. Sebaliknya, tekanan yang terlalu rendah mengakibatkan keausan pada kedua sisi bahu ban.

Tekanan yang sesuai 
menyebabkan keausan yang merata, sehingga ban tahan lebih lama
Tekanan yang kurang 
menyebabkan keausan pada bagian bahu, sehingga ban aus tidak merata
Tekanan yang berlebihan
menyebabkan keausan pada bagian tengah, sehingga ban aus tidak merata




 Angin Nitrogen (N2)
Mengapa menggunakan angin nitrogen?
• Tekanan nitrogen (N2) lebih stabil daripada oksigen (O2)
• Berat jenis yang lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar,
  membuat kebocoran ban ber-nitrogen lebih sedikit. sehingga tidak
  membutuhkan pengisian yang terlalu sering
• Ban berkerja lebih optimal ketika berputar karena
  sifatnya yang dingin
• Mengurangi keausan ban yang tidak merata
• Lebih hemat BBM
• Memperbaiki manuver

 Rotasi Bikin Awet

Sehebat apapun ban bila tidak pernah dirotasi performanya akan lebih cepat menurun. Atau paling tidak, ban di kedua poros - depan dan belakang - tidak berfungsi maksimal dan mengakibatkan keausan tidak merata dan usia pakai menjadi lebih pendek.
    Rotasi dibutuhkan bila jarak tempuh kendaraan sudah mencapai
    7.500 - 10.000 km.

Ada 2 sistem rotasi ban yang biasa dilakukan, yaitu menggunakan empat roda dan menggunakan lima roda, termasuk ban cadangan. 

    Diagonal         Horisontal  


                  Vertikal
Rotasi dengan 4 roda
Dapat digunakan dengan cara diagonal, horisontal atau vertikal.

Untuk rotasi diagonal,rotasi dilakukan dengan menukar ban depan kiri dengan belakang kanan dan ban depan kanan dengan belakang kiri.

Untuk rotasi horisontal,roda kanan depan ditukar dengan roda kiri depan. Demikian juga dengan roda belakang, ban kanan belakang ditukar dengan kiri belakang.

Untuk rotasi vertikal,roda kiri depan ditukar dengan roda kiri belakang. Demikian juga dengan roda kanan depan ditukar dengan roda kanan belakang.

Rotasi dengan 5 roda (dengan ban serep)
Sistem rotasi dengan menggunakan 5 ban relatif mirip dengan diagonal. Ban serep dipasang di kiri belakang, selanjutnya ban kiri belakang pindah ke depan kiri. Ban depan kiri dipindah menyilang ke kanan belakang dan kanan belakang pindah ke depan kanan. Dan terakhir, ban depan kananlah yang menjadi ban serep.

Peringatan:
Jangan gunakan rotasi dengan 5 roda jika ban serep berlainan merek atau model dengan 4 ban lainnya.

Sumber : GTRadial-Indonesia

No comments:

Post a Comment