Pages

Ads 468x60px

Friday 27 July 2012

RPP AC



Nama Sekolah                     :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     XII/5
Pertemuan ke                     :     1
Alokasi Waktu                      :     3 x 45
Standar Kompetensi         :     Memelihara/servis Sistem AC
Kompetensi Dasar             :     Mengidentifikasi sistem AC dan komponennya
Indikator                                :     1.   Pringsip kerja dan kontruksi system AC.
                                                        2.   Menjelaskan Siklus AC.


Cara Kerja CVT pada Metic

Banyak siswa yang menanyakan "gmana sih pak cara kerja cvt pada matic tuh? Berikut penjelasan bagaimana cvt bekerja Mungkin banyak siswa smk sekolah lain juga belum mengerti cara kerja dari mesin matik atau CVT(Continuously Varible Transmission) pada sepeda motor. Ternyata lebih sederhana dari mesin konvensional atau mesin bertransmisi.






Tuesday 24 July 2012

RPP Sistem Transmisi



Nama Sekolah                     :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian           :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                    :     XI/3
Pertemuan ke                       :     1 s/d 2
Alokasi Waktu                     :     8 x 45
Standar Kompetensi             :     Memelihara Transmisi
Kompetensi Dasar                :     Mengidentifikasi Transmisi Manual dan Komponennya
Indikator                              :     1.   Pringsip kerja dan jenis-jenis transmisi manual.
                                                  2.   Kontruksi dan cara kerja transmisi manual tipe sichronmesh.

Trasnisi Manual


 Transmisi otomatis ialah suatu jenis transmisi yang dapat memindahkan gigi percepatan dengan sendirinya yang disesuaikan dengan beban misalnya apabila sebuah kenderaan yang berjalan pada keadaan mendatar kemudian akan melalui jalan yang menanjak maka si pengemudi tidak perlu lagi memindahkan percepatannya, karena pada transmisi otomatis transmisi akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari beban yang diterima oleh kenderaan tersebut.

Monday 23 July 2012

RPP Sistem rem

Nama Sekolah                   :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian         :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     XI/3
Pertemuan ke                     :     1
Alokasi Waktu                   :     3 x 45
Standar Kompetensi           :     Memperbaiki Sistem Rem
Kompetensi Dasar             :     Memelihara sistem rem dan komponennya
Indikator                            :     1.   Pringsip kerja system rem dan Menyebutkan fungsi rem.
                                                2.   Menjelaskan persyaratan yang harus dimiliki system rem.
                                                3.   Menjelaskan dan menyebutkan penggolongan sistem rem.
                                                4.   Menjelaskan mekanisme kerja system rem

Wednesday 18 July 2012

RPP Memahami dasar Mesin


Nama Sekolah                     :     SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
Kompetensi Keahlian       :     TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Kelas/Semester                  :     X/1
Pertemuan ke                     :     1 s/d 2
Alokasi Waktu                      :     4 x 45
Standar Kompetensi         :     Memahami Dasar-dasar Mesin
Kompetensi Dasar             :     Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
Indikator                                :     1.   Mempelajari pringsip dasar statika.
                                                         2.   Menentukan besaran pokok dan turunan.
                                                         3.   Menentukan besaran vector dan scalar.
                                                         4.   Memjelaskan dan menentukan penerapan hukum newton.

Tuesday 17 July 2012

format silabus pendidikan karakter


Pemeriksaan rem tromol


Job Sheet I
Pemeriksaan rem tromol
                           I.            Bahan
    – 1 unit system rem tromol
                          II.            Alat
    – Sigmat
    – Obeng  plus / min

Monday 16 July 2012

Pemeriksaan Rem Tromol dan Cakram


REM
Rem berfungsi sebagai penghenti atau pengurang kecepatan suatu kendaraan.

PENGERTIAN DASAR
Semua benda yang bergerak mempunyai energi dan energi tidak dapat dihilangkan.untuk menghilangkan energi tersebut diubah menjadi bentuk lain.
Fungsi utama system rem adalah memperlambat / menghentikan gerak kendaraan dengan merubah energi yang terkandung dari kendaraan,dari gerak kinetic ke gerak panas.Dalam prosesnya diperlukan gaya gesek.semua system rem tergantung gaya gesek untuk mengendalikan,menghentikan,atau mencegah timbulnya gaya gerakan.

Uji Tarik dan Sifat-sifat Mekanik Logam


Untuk mengetahui sifat-sifat suatu bahan, tentu kita harus mengadakan pengujian terhadap bahan tersebut. Ada empat jenis uji coba yang biasa dilakukan, yaitu uji tarik (tensile test), uji tekan (compression test), uji torsi(torsion test), dan uji geser (shear test). Dalam tulisan ini kita akan membahas tentang uji tarik dan sifat-sifat mekanik logam yang didapatkan dari interpretasi hasil uji tarik.
Uji tarik mungkin adalah cara pengujian bahan yang paling mendasar. Pengujian ini sangat sederhana, tidak mahal dan sudah mengalami standarisasi di seluruh dunia, misalnya di Amerika dengan ASTM E8 dan Jepang dengan JIS 2241. Dengan menarik suatu bahan kita akan segera mengetahui bagaimana bahan tersebut bereaksi terhadap tenaga tarikan dan mengetahui sejauh mana material itu bertambah panjang. Alat eksperimen untuk uji tarik ini harus memiliki cengkeraman (grip) yang kuat dan kekakuan yang tinggi (highly stiff). Brand terkenal untuk alat uji tarik antara lain adalah antara lain adalah Shimadzu, Instron dan Dartec.

Mengenali Jenis Kerusakan Rem Mobil

Rem adalah suatu komponen keselamatan (safety) utama dalam berkendara. Piranti ini sangat mungkin sekali terjadi kerusakan, terutama bila jarang dilakukan pengecekan atau perawatan berkala. Suatu komponen yang berperan penting didalam sistem rem adalah kampas rem, kampas rem merupakan bahan yang terbuat dari campuran keramik dan asbes yang akan mencengkeram atau menghentikan perputaran piringan cakram pada saat sistem pengereman bekerja. Kerusakan pada sistem pengereman dapat dianalisis dengan gejala-gejala berikut :
1. Bergetar.
Saat Rem diinjak terasa getaran pada pedal rem. Hal ini disebabkan oleh permukaan disc break atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi. Penanganannya adalah dengan membubut cakram atau tromol dibuat menjadi rata. Pemerataan dengan pemapasan mulai dari ketebalan 0.5-1.5mm masih dianggap aman. Namun, bila kondisi piringan sudah parah atau goresannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya.

Perlakuan Panas Pada Logam

               
      A.    Pengertian dan Tujuan
Perlakuan panas adalah sutu proses pemanasan sampai suhu tertentu dan selama waktu tertentu kemudian diikuti dengan pendinginan menurut laju pendinginan tertentu untuk mengubah sifat-sifat fisik dan mekanik logam.
Tujuan dilakukan proses perlakuan panas pada baja antara lain :
1.      Meningkatkan kekerasan dan kekuatan
2.      Meningkatkan kemampuan mesin
3.      Miningkatkan kemampuan bentuk
4.      Melunakkan baja
5.      Mengembalikan elastisitas baja setelah pengerjaan dingin
6.      Menghilangkan tegangan sisa
7.      Menghaluskan butir-butir Kristal

Sunday 15 July 2012

Silabus TKR.D


SILABUS

NAMA SEKOLAH                                 :  SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             :  DASAR-DASAR MESIN
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                  :  MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
KODE KOMPETENSI                           :  OTO.DKK.1
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.     Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
§ Dasar-dasar statistika dan tengangan
§ Statistika dan  tegangan





§ Memahami ilmu statistika
§ Memahami tengan
§ Penerapan ilimu statistika dan tegangan pada benda kerja

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

19



2.     Menerangkan komponen/elemen mesin
§ Mengenal komponen sambungan.
§ Mengenal komponen poros dan aksesorisnya
§ . Mengenal komponen penerus daya fleksibel
§ Fungsi dan perhitungan elemen mesin.
§ Fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
§ Komponen sambungan baut.
§ Komponen sambungan keling.
§ Komponen sambungan las
§ Fungsi dan prinsip kerja poros dan aksesorisnya.
§ Jenis-jenis poros.
§ Beban utama pada poros.
§ Jenis-jenis bantalan.
§ Jenis-jenis penyambungan poros dengan komponen
§ Memaham perhitungan dan kekuatan komponen mesin
§ Paham terhadap masing-masing komponen sambungan
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
§ Keuntungan dan kerugian masing-masing sambung-an
§ Menerapkan pemahaman terhadap fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan dalam bekerja.
§ Paham terhadap komponen poros dan aksesorisnya.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros.
§ Pemahaman fungsi dan prinsip kerja berbagai aksesoris poros.
§ Menerapkan pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros serta aksesorisnya dalam bekerja.



Tes tertulis





Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan



·  
3.     Menerangkan material dan kemampuan proses.
§ Mengenal material logam dan kemampuan proses-nya
§ Mengenal material bukan logam dan kemampuan prosesnya.
§ Sifat teknis material logam.
§ Sifat yang diperlukan se-lama proses pembentukan
§ Sifat yang penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.
§ Sifat teknis material bukan logam.
§ Sifat yang diperlukan selama proses pembentukan
§ Sifat yang penting sehubung-an dengan pengaruh lingkungan.


§ Mengetahui sifat-sifat berbagai material logam.
§ Menghubungkan sifat material tersebut dengan kemampuan proses material.
§ Cermat dalam menen-tukan proses yang sesuai dengan sifat material.
§ Pengertian sifat-sifat material terutama material yang dipakai di industri.
§ Pengertian proses suatu material.
§ Menerapkan sifat-sifat materialbukan logam agar dapat dilakukan pemrosesan terhadap material tersebut.


Tes tertulis





Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan



·  
















NAMA SEKOLAH                                 : SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             :  PROSES-PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                  :  MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
KODE KOMPETENSI                           : OTO. DKK.2
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.       Menjelaskan proses pengecoran

§ Identipikasi  sisfat-sifat logam ferro dan logam non ferro.


§ Pengelompokan bahan logam dan non logam serta sifatrnya
§ Memahami prinsip logam ferro dan sifatnya.
§ Memahami sifat logam nonferro dan siftanya.

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

19



2.       Menjelaskan proses pembentukan

§ Membedakan proses pengolahan logam ferro dan logam non ferro.
§ Pengolahan logam ferro dan logam nonferro dilakukan sesuai dengan sifat dankebutuhan.
§ Pengolahan loga non ferro.
§ Pengolahan logam ferro.
§ Perlakuan panas pada baja karbon
§ Kekerasan bahan

§ Memahami cara pengolahan logam ferro tanpa merubah sifat logam.
§ Memahami cara pengolah logam non ferro tanpa merubah sifatnya.
§ Pemahaman perlakuan panas pada baja karbon.
§ Melakukan penentuan kekerasan bahan.


Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




3.       Menjelaskan proses pemesinan
§ Membor benda kerja sesuai dengan SOP.
§ Mengetap dan mengulir bernda kerja sesuai dengan SOP dan Keselamatan kerja

§ Penguliran tap snai
§ Bor

§ Memahami cara penguliran/tap
§ Melakukan pegeboran
§ Melakukan pengetapan dan pembuatan ulir.

Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan











NAMA SEKOLAH                                 :  SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                             PROSES-PROSES MESIN KONVERSI ENERGI
KELAS/SEMESTER                               :  XI/2
STANDAR KOMPETENSI                   :  MENJELASKAN
KODE KOMPETENSI                           OTO.DKK.3
ALOKASI WAKTU                                19 X 45 MENIT

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.      Menjelaskan konsep motor bakar
§ Konstruksi dan mekanisme torak engkol.
·   siklus motor 2 dan 4 langkah
§ Konstruksi dan instalasi.
§ Efisiesnsi.

§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah pada motor bakar torak.
§ Fungsi setiap bagiannya.
§ Siklus udara ideal motor Otto dan Diesel 2 dan 4 langkah serta perbandingannya dengan siklus sebenarnya.
§ Teliti dalam memahami cara kerja dan konstruksi motor bakar.
§ Mekanisme torak engkol.
§ Langkah-langkah motor bakar torak.
§ Mengenali langkah pada setiap posisi engkol.
§  
§ Teliti membedakan siklus ideal dengan siklus sesungguhnya.
§ Siklus ideal dan sebenar-nya motor 2 dan 4 langkah.
§ Membedakan siklus pada jenis motor bakar torak


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan





2.      Menjelaskan konsep motor listrik
§ Definisi motor listrik, jenis dan cara kerja motor listrik
§ Identifikasi jenis motor listrik
.

§ Motor listrik
§ .komponen motor listrik dan fungsi motor listrik.
§ Jenis motor listrik.
§ Cara kerja motor listrik.


§ Cermat dalam memahami cara kerja motor listrik.
§ Definisi motor listrik dan perbedaannya.
§ Teliti dalam menghitung putran motor listrik
§ Memahami prinsip kkerja motor listrik.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




3.      Menjelaskan konsep generator listrik
§ Definisi generator listrik listrik,
§  jenis dan cara kerja generator listrik.
§ Identifilasi  generator listrik.
§ Generator listrik
§ .komponen generator listrik dan fungsi  generator listrik.
§ Cara kerja generator listrik.
§ Rangkaian motor listrik


§ Cermat dalam memahami cara kerja generator listrik
§ Memahami rangkaian motorlistrik.
§ Teliti dalam menghitung arus yang dikeluarkan generator listrik.
§ Memahami prinsip generator listrik.



Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




4.      Menjelaskan konsep pompa fluida

§ Definisi fluida dan jenis-jenisnya.
§ Sifata-sifat fluida
§ Fluida dan jenisnya
§ Fungsi fluida

§ Membedakan jenis fluida an fungsinya.
§ Memahami sisfat-sifat fluida.
§ Melakukan penggantian fluida dengan mengikuti SOP.



Tes tertulis
Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan





5.      Menjelaskan konsep kompresor
§ Definisi Kompresor, jenis dan cara kerja kompresor diperkenalkan.
§ Efisiensi dan performansi kompresor diperkenalkan.

§ Definisi kompresor dan perbedaannya dengan pompa.
§ Klasifikasi kompresor.
§ Cara kerja kompresor.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.


§ Cermat dalam memaha-mi cara kerja pompa.
§ Definisi kompresor dan perbedaannya dengan kompresor.
§ Klasifikasi pompa.
§ Cara kerja pompa.
§ Membedakan jenis pompa berdasarkan cara kerjanya.
§ Teliti dalam menghitung efisiensi.
§ Efisiensi dan performansi kompresor.
§ Menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan performansi kompresor.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan




6.      Menjelaskan konsep refrigerasi
§  Diperkenalkan konsep mesin refrijerasi sebagai mesin pemindah kalor.
§  Diperkenalkan siklus kompresi uap.
§ Mesin refrijerasi.
§ Jenis mesin refrijerasi
§ Siklus pendingin kompresi, kondensasi, ekspansi dan evaporasi beserta komponen utama mesin pendingin.
§ Cermat dalam memaha-mi konsep mesin refrijerasi
§ Konsep mesin refrijerasai
§ Jenis mesin refrijerasi.
§ Mengetahui jenis mesin refrijerasi berdasarkan cara kerjanya.
§ Teliti dalam memahami siklus kompresi yang terjadi.
§ Siklus mesin pendingin kompresi uap.
§ Komponen utama mesin pendingin.
§ Mengenali komponen utama mesin pendingin kompresi uap.


Tes tertulis

Non tes (observasi/cek list) dan tes lisan

















NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :   GAMBAR TEKNIK
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :   MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.4   
ALOKASI WAKTU                              :   19  x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Menjelaskan standar menggambar teknik







§ Mengenal fungsi dan standarisasi gambar teknik
§ Mengenal alat-alat gambar teknik
§ Mengenal standar huruf dan angka gambar teknik
§ Mengenal macam-macam standar garis gambar teknik
§ Mengenal standar kertas gambar






§ Fungsi dan standarisasi gambar teknik
§ Peralatan gambar teknik
§ Cara penggunaan peralatan gambar teknik
§ Standar huruf dan angka gambar teknik
§ Standar kertas gambar teknik
§ Penggunaan kertas gambar teknik




§  Memahami standarisasi gambar teknik
§  Memahami informasi gambaaar teknik dengan cara kerja kelompok
§  Memahami penggunaan alat-alat menggambar dengan cara menggali informasi dari modul
§  Menggunakan alat-alat gambar sesuai standar industri ganbar teknik
§  Memahami penggunaan huruf dan angka pada gambar teknik
§  Memahami cara penempatan huruf dan angka
§  Memahami macam-macam perbandingan garis gambar melalui modul
§  Menggunakan penempatan garis pada gambar melalui modul
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


4(8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

2.         Menggamabar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan
§ Mengenal gambar perspektif pada gambar teknik
§ Mengenal 4 macam gambar piktorial
§ Mengenal bentuk proyeksi kwadran I ( proyeksi eropah)
§ Mengenal bentuk proyeksi Kwadran III ( proyeksi amerika )
§ Melakukan pembuatan gambar teknik

§ Fungsi gambar perspektif pada gambar teknik
§ Memahami gambar perspektif
§ Fungsi gambar piktorial
§ Pemahaman gambar piktorial
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran I (eropah)
§ Pemahaman gambar proyeksi kwadran III (amerika)
§ Pembacaan gambar proyeksi kwadran I dan III

§  Memahami gambar perspektif melalui modul
§  Membaca gambar perspektif
§  Memahami gambar piktorial
§  Menggambarkan gambar piktorial, menggali informasi melalui modul
§  Memahami konstruksi gambar proyeksi kwadran I malalui modul
§  Menggambarkan proyeksi kwadran I
§  Memahami konstruksi, proyeksi kwadran III
§  Menggambarkan kwadran III
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


8 (16)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

3.        Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan


§ Mengenal simbol kelistrikan otomotif
§ Mengenal simbol elektronika gambar teknik



§ Fungsi simbol kelistrikan
§ Penggunaan tanda simbol elektronika
§ Cara membaca simbol komponen kelistrikan dan elektronika



§  Memahami simbol komponen kelistrikan
§  Menggunakan simbol pada komponen kelistrikan
§  Memahami simbol komponen elektronika
§  Menggunakan simbol komponen kelistrikan dan elektronik.
§  
§ Tes tertulis
§ Tes lisan
§ Observasi
§ Simulasi
§ Tugas


4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4.        Membaca wiring diagram

Mengenal rangkaian lampu besar dan lampu dim
§ Mengenal rangkaian lampu sein
§ Mengenal rangkaian lampu rem
§ Mengenal rangkain lampu kota, dan lampu plat
§ Mengenal rangkaian klakson

Fungsi lampu sein
§ Pembacaan rangkaian pada lampu sein
§ Fungsi lampu kota, lampu plat
§ Pembacaan rangkaian lampu kota dan lampu plat
§ Fungsi klakson

Mempelajari rangkaian lampu sein
§  Menggambar rangkaian lampu sein
§  Mempelajari rangkaian lampu kota dan lampu plat melalui modul
§  Menggambar rangkaian lampu kota dan lampu plat
§  Mempelajari rangkaian klakson melalui informasi dari modul
§  Menggambar rangkaian klakson secara berkelompok.



4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5.        menginterprestasikan ganbar teknik dan rankaian

§ Mengenal simbol-simbol, kode-kode dan menampilkan diagram gambar dengan benar
§ Informasi yang diberikan dimengerti dengan cepat dan tepat
§ Membaca diagram gambar
§ Memahami prosedur pembuatan gambar diagram
§ Pemahaman informasi gambar
§ Pemahaman prosedur dan kebijakan pembacaan gambar

§  Memahami prosedur pembuatan
§  Mempelajari diagram/gambar



4 (8)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
























NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :    Peralatan dan Perlengkapan
KELAS/SEMESTER                             :    X/2
STANDAR KOMPETENSI                 :    Menggunakan Peralatan dan Perlengkapan di tempat kerja
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.5   
ALOKASI WAKTU                              :   19 X 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI      PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja
§ Peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri sendiri, orang lain dan kerusakan  hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.
§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan
 Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan bertenaga  sesuai fungsi dan penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.

Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan
2(2)


§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2.        Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyarat-an pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang sesuai digunakan untuk mencegah kecelakaan ter-hadap diri sendiri, orang lain dan kerusakan  hasil peker-jaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.

§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan
 Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapanbengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan bertenaga  sesuai fungsi dan penggunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi perlengkapan bengkel otomotif bedasarkanfungsi dan penggunaan.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.


Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan
2(2)
6(12)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
3.        Menggunakan fastener
§ Peralatan dan perlengkapan yang digunakan menggunakan alat-alat khusus/spesial tool pekerjaan.
§ Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur untuk mendapatkan hasil yang di-inginkan.
§ Peralatan dan perlengkapan yang menggunakan alat khusus untuk mencegah kerusakan  pekerjaan.
§ Seluruh kegiatan pengujian peralatan dan perlengkapan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusa-haan.

§ Prosedur penggunaan  per-alatan dan perlengkapan  khusus pada Bengkel Otomotip
§ Pengunaan peralatan dan perlengkapan khusus bengkel Otomotip
§ Prosedur pemeliharaan peralatan danperlengkapan khususs Bengkel otomotip.
§ Prosedur  Pemeliharaan  peralatan dan perlengkapan perlengkapan Bengkel otomoti.
§ Pengklasifkasian peralatan dan perlengkapan bengkel otomotif sesuai  manual
·     Prosedur K3.
§ MengKlasifikasikan peralatan servis bengkel otomotif berdasarkan fungsi dan pengunaan.
§ Mengindentifikasi peralatan tangan sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengindentifikasi peralatan khusus  sesuai fungsi dan pengunaanya.
§ Mengunakan peralatan bengkel otomotif sesuai  jenis pekerjaan dengan memperhatikan  prosedur K3
§ Mengunakan  perlengkapan bengkel Otomotip sesuai jenis pekerjaan dengan memperhatikan   Prosedur K3.


Test tertulis














Non test (observasi/cek list) dan lisan

6(12)

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator







NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :    ALAT-ALAT UKUR
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :    MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR (MEASURING TOOLS)     
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.6   
ALOKASI WAKTU                              :    19 x 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1. Mengindentifikasi alat-alat ukur





§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
·     Jenis-jenis dan fungsi alat-alat ukur
·     Penggunaan alat-alat ukur







§ Memahami satuan metrik dan british dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat ukur melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.


Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan
5
14

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2. menggunakan alat-alat ukur mekanik
§ Pengukuran dimensi dan variabel dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.

§ Jenis , dan fungsi alat ukur mekanik.
§ Pengukuran berbagai jenis dimensi dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..
§ Memahami satuan metrik dan british dengan cara mengali impormasi pada modul.
§ Memahami jenis jenis alat mekanik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur mekanik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Mengukur  permukaan bidang datar dengan membandingkan shop manual
§ Mengukur diameterdalam  benda krja dengan membandingkan dengan shop manual
§ Mengukur kedalaman lubang  benda kerja dengan membandingkan shop manual.
§ Mengukur kelurusan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran keolengan poros dengan membandingkan shop manual.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator

3. Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
§ Pengukuran dimensi dan variabel dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
§ Jenis , dan fungsi alat ukur pneumatik
§ Pengukuran berbagai jenis dengan alat ukur mekanik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..

§ Memahami jenis jenis alat ukur pneumatik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur pneumatik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.









Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4. Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik
§ Pengukuran dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap alat atau komponen lainnya.
§ Pemilihan alat ukur yang sesuai.
§ Penggunaan teknik pengu-kuran yang sesuai dan hasil-nya dicatat dengan benar.
§ Mengetahui karakteristik alat ukur elektrik yang dipakai
§ Seluruh kegiatan pengu-kuran dilaksanakan ber-dasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan
§ Jenis , dan fungsi alat ukur elektrik/elektronik
§ Berbagai jenis pengukuran dengan alat ukur elektrik/elektronik
§ Prosedur pengukuran dengan K3..






§ Memahami jenis jenis alat ukur elektrik/elektronik melalui diskusi kelompok.  
§ Memahami  prosedur pengunaan alat ukur elektrik/elktronik dengan mengali impormasi pada modul.
§ Pengukuran dilaksanakansesuai SOP.





Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5. Merawat alat-alat ukur
§ Pemeliharaan alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
§ Memahami tujuan perawatan alat ukur denganmenggali imformasi 
§ Memahami prosedur perawatan alat ukur mekanik dengan cara menggali imformasi.
§ Merawat alat ukur  mekanik dengan cara kerja kelompok.
§ Merawat alat ukur sesuai prosedur K3.  

§ Pemeliharaan alat ukur dilak-sanakan tanpa menyebab-kan kerusakan terhadap per-lengkapan atau komponen lainnya.
§ Pemeliharaan rutin dan pe-nyimpanan alat ukur sesuai spesifikasi pabrik.
§ Pemeriksaan dan penye-telan secara rutin pada alat ukur termasuk kali-brasi alat ukur dilaksanakan sebelum digunakan.
§ Seluruh kegiatan pemeliha-raan dilaksanakan berda-sarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator

























NAMA SEKOLAH                               :    SMK MUHAMMADIYAH SUSUKAN
MATA PELAJARAN                           :   KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
KELAS/SEMESTER                             :    X/1
STANDAR KOMPETENSI                 :   MENERAPKAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN  TEMPAT KERJA
KODE KOMPETENSI                         :    OTO.DKK.7   
ALOKASI WAKTU                              :    19 x 45 Menit
               


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI      PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.        Mendeskripsikan keselamatan dan Kesehatan Kerja (K 3
§ Mengenali tentang keselamatan dan kesehatan kerja
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan tindakan pengontrolan yang tepat.

§  Mempelajari  undang undang K3 dengan cara menggali impormasi dari modul.


Test tertulis
Non test

(observasi/cek list) dan lisan
18


§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
2.        Melaksanakan Prosedur K 3


§ keamanan dijalankan undang-undang yang berlaku
§ Kebijakan/prosedur
§ Seluruh keamanan yang berhubungan dengan kejadian dicatat pada formulir yang sesuai
§ Seluruh staf disarankan menggunakan prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam penerapannya

§ Penggunaan pakaian pengaman










§  selamatan pada tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.
§  Mempelajari pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.             
§  Mempelajari prosedur ke-


Test tertulis

Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
3.        Mengindentifikasi aspek-aspek keamanan kerja



§ Penggunaan  metode pangaman yang benar
§ Mematuhi tanda bahaya dan peringatan.
§ Mengikuti prosedur perlindungan dengan benar
§ Seluruh keamanan yang berhubungan dengan kejadian dicatat dan dilaporkan.
§ Undang-undang K3
§ Prosedur keamanan tempat kerja






§ Mempelajari dasar dasar prosedur keselamatan kerjai undang- undang K3 dan prosedur keamanan tempat kerja dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Menerapkan peraturan/ undang-undang K3 dengan cara diskusi kelompok.
§ Melaksanakan prosedur keaman tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
4.         Mengontrol Kontaminasi

§ Mengenali bahaya pada area kerja  dan melakukan pengontrolan yang tepat
§ Melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin

§ Undang-undang K3
§ Pengenalan bahaya pada area kerja dan tindakan pengontrolan yang tepat.
§ Pemeliharaan alat-alat kebersihan, prosedur dan metode kebersihan

§ Mempelajari jenis-jenis bahan yang berbahaya dan cara penanganannya
§ Melaksanakan kebersihan yang aman dan benar sesuai K3






§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart
§  Simulator
5.        Mendemonstrasikan pemadaman kebakaran




§ Pengindentifikasi pemadaman kebakaran yang sesuai pada type yang tepat untuk lingkungan tempat kerja
§ Seluruh kegiatan penerapan pemadaman kebakaran dan prosedur kerja diidentifikasikan berdasrkan SOP






§ Jenis-jenis alat pemadaman kebakaran.
§ Penempatan alat pemadam kebakaran.
§ Prosedur pengoperasian alat pemadam kebakaran










§ Memahami  prosedur pengunaanPenempatan alat pema-dam kebakaran yang aman dan strategis dengan cara menggali impormasi dari Modul
§ Mengunakan alat kebakran sesuai SOP
§ Mempelajari  jenis-jenis keba-karan dan penanganannya dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Mempelajarijenis-jenis alat pemadam kebakaran dengan cara menggali imformasi dari modul.
§ Mengunakan alat
§ pemadamkebakaransesuai SOP


Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan

1

§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

6.        Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual


§ Penggunaan teknik dan pengangkatan/pemindahan secara manual yang tepat



§ Teknik pengangkatan/ pemindahan secara manual.






§ Mempelajari prosedur ke-selamatan pada tempat kerja dengan cara diskusi kelompok.
§ Mempelajari pengunaan pengamnan pada saat bekerja sesuaiSOP dan K3.             
§ Mempelajari Teknik pengangkatan/ pe-mindahan secara manual  sesuai SOP.

Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart

7. Menerapkan pekerjaan sesuai dengan SOP
§ Seluruh kegiatan dilakukan berdasarkan dan menggunakan prosedur keamanan dan metode yang tepat dalam penerapannya
§ Undang-undang K 3
§ Prosedur keamanan tempat kerja

§ Melaksanakan prosedur perlindungan kerja sesuai SOP
§ Melaksanakan prosedur penanganan kerja sesuai SOP



Test tertulis
Non test (observasi/cek list) dan lisan



§  Modul
§  Job sheet
§  Alat peraga
§  Wall Chart